OUR NETWORK

West Brom vs Man United: Bangkit Atau Tertinggal!

Hasil imbang 3-3 dari Everton (6/2) membuat Manchester United kini tertinggal lima angka dari Manchester City di klasemen sementara Premier League. Mereka bahkan bisa tertinggal 8 poin karena City masih menyimpan satu laga tunda yang akan dimainkan tengah pekan nanti.

Setan Merah bahkan bisa tertinggal 10 hingga 11 poin jika malam nanti mereka bermain imbang atau kalah dari West Bromwich Albion. Dengan asumsi City memenangkan semua pertandingan, maka jarak dua digit tentu tidak boleh terjadi apabila United masih menginginkan untuk bisa menjadi juara atau paling tidak sekadar mengganggu City di puncak klasemen.

Satu kemenangan dari empat pertandingan terakhir menjadi bukti kalau United masih tidak stabil untuk bisa dianggap sebagai penantang gelar. Beberapa kali, kesalahan individu yang mereka lakukan sering berimbas dengan kegagalan mereka meraih poin penuh. Seperti yang terjadi ketika mereka kalah dari Sheffield United dan gagal mempertahankan keunggulan Everton.

Inilah alasan kenapa Ole menyebut kalau United jangan dulu dianggap sebagai tim yang siap meraih juara liga. Mereka masih inkonsisten. Tiap individu belum bisa mempertahankan standar penampilan mereka. Hanya ada beberapa pemain seperti Bruno, Maguire, Shaw, atau Fred, yang penampilannya stabil. Sisanya, mereka masih suka naik turun performa seperti yang terjadi pada tiga pemain depan.

Namun menurut Robbie Savage, ada bagusnya United tetap percaya diri kalau mereka bisa menjadi juara liga musim ini. Pasalnya, United tim besar yang setiap musimnya memiliki target menjadi juara. Ketika melihat klasemen sementara yang mana United ada di posisi dua, maka posisi pertama jaraknya hanya satu anak tangga sehingga bukan tidak mungkin bisa mereka raih.

“Apa yang diungkapkan Ole sedikit agak aneh. Karena beberapa tim juga mulai yakin kalau mereka bisa (jadi juara). Bahkan Leicester pun punya peluang. Memang tidak ada yang menyangka kalau mereka ada di posisi ini sekarang, tapi melihat kondisi liga yang tidak bisa diprediksi, mereka juga punya peluang. Mereka tetap klub besar,” kata alumni Class of 92 ini.

Tembok Kokoh Mantan

Kemenangan 1-0 atas West Ham pada Piala FA membuat United bisa sangat percaya diri ketika bertemu WBA nanti. Manajer Ole Gunnar Solskjaer menyebut kalau laga melawan WBA nanti adalah laga yang tepat untuk mengembalikan momentum yang hilang di liga. Landasan keyakinan lain adalah berupa catatan apik mereka di The Hawthors. Dari 12 pertemuan keduanya di sana sejak 2002, United memenangkan sembilan pertandingan, sedangkan WBA hanya satu. Ini menjadi bentuk betapa dominannya mereka ketika bermain sebagai tamu.

Bersama Sam Allardyce, WBA belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan mereka. Satu menang, dua seri, dan tujuh kalah menjadi bukti betapa buruknya performa mereka musim ini meski sudah ganti pelatih.

Namun, United tentu tidak boleh sembarangan meremehkan The Baggies. Pertemuan pertama di Old Trafford menjadi contoh. United hanya menang tipis 1-0 berkat penalti Bruno Fernandes. Beberapa kali, United berada dalam kondisi tertekan karena mendapat gempuran dari WBA yang saat itu masih diasuh Slaven Bilic.

Belum lagi catatan WBA yang bisa menahan imbang Chelsea, Liverpool, dan Manchester City. Jika dua juara edisi terakhir saja bisa mereka tahan, maka rasa percaya diri mereka akan tinggi ketika menghadapi United nanti.

Tuan rumah nantinya berharap kepada sang penjaga gawang Sam Johnstone untuk bisa melindungi mereka dari kebobolan. Mantan penggawa United ini adalah penjaga gawang dengan catatan penyelamatan terbanyak musim ini. Jika ia sukses membuat frustrasi para penyerang United, maka tidak tertutup kemungkinan WBA bisa balik memberi kejutan kepada De Gea seperti yang pernah mereka lakukan kepada Alisson dan Ederson.

Perkiraan Susunan Pemain

WEST BROMWICH ALBION: Sam Johnstone, Lee Peltier, Semi Ajayi, Kyle Bartley, Conor Townsend, Romaine Sawywers, Robert Snodgrass, Ainsley Maitland-Niles, Conor Gallagher, Karlan Grant, Mbaye Diagne

MANCHESTER UNITED: David De Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw, Scott McTominay, Fred, Bruno Fernandes, Mason Greenwood, Marcus Rashford, Edinson Cavani

 

Comments

Loading...