OUR NETWORK

Man United vs Real Sociedad: Jatah Pelapis

Banyak pertanyaan yang muncul untuk Manchester United jelang leg kedua babak 32 besar Liga Europa melawan Real Sociedad. Satu yang paling banyak dibahas adalah: Apakah Ole Gunnar Solskjaer akan melakukan rotasi dengan memainkan Amad serta Shola Shoretire sejak menit pertama?

Wajar apabila pertanyaan tersebut bermunculan. United datang untuk leg kedua ini dengan modal kepercayaan diri yang tinggi. Mereka baru saja menang 3-1 atas Newcastle United. Sebelumnya, mereka sudah mengantungi empat gol hasil dari perjalanan ke Turin saat bertemu mereka pada leg pertama. Singkatnya, United jauh lebih santai untuk menghadapi leg kedua kali ini.

Selain itu, pertandingan hari Minggu jauh lebih penting bobotnya ketimbang leg kedua ini. Pada akhir pekan nanti, United sudah ditunggu Chelsea di Stamford Bridge. Pertandingan ini akan menjadi ujian bagi kelayakan mereka di papan atas. Gagal menang, maka mempersilahkan tetangga semakin nyaman melaju sendirian. Fokus bisa jadi lebih banyak tercurah untuk pertandingan kontra The Blues.

Inilah kenapa banyak yang menginginkan Ole untuk sedikit lebih luwes dengan melakukan beberapa rotasi pada leg kedua ini. Sedikit bocoran dari Ole dikeluarkan pada saat konferensi pers kemarin. Ia menyebut kalau skuad yang akan bermain cukup serupa dengan pertandingan terakhir. Meski begitu, Ole hanya menyebut kalau Amad dan Shola akan terlibat lebih banyak di pertandingan nanti meski tidak disebutkan apakah keduanya akan bermain sejak menit awal atau tidak.

“Amad dan Shola akan terlibat, tapi saya tidak bisa bilang apakah starter atau tidak. Yang pasti, empat pemain yaitu Pogba, Edinson, McTominay, dan Van de Beek masih cedera. Skuad yang akan bermain tampaknya tidak jauh berbeda dengan laga menghadapi Newcastle,” ujarnya.

Suporter United masih penasaran dengan kedua pemain ini. Peran mereka belum terlihat karena pada debutnya, masing-masing dari mereka hanya mendapat menit main yang sedikit.

Jika mengacu pada ucapannya, maka United akan bermain dengan skuad kombinasi. Biasanya, Ole hanya melakukan sedikit perubahan ketika melakukan rotasi. Lini belakang akan kembali diisi oleh Henderson, lalu Eric Bailly dan Alex Telles pasti akan bermain. Di tengah, Nemanja Matic akan kembali dimainkan untuk menemani Fred.

Bruno Fernandes bisa jadi akan diistirahatkan agar bisa lebih segar dan bugar ketika menghadapi Chelsea. Peran sebagai attacking midfielder kemungkinan akan diberikan kepada Juan Mata.

Musim ini, peran El Mago memang tidak terlalu banyak. Kali terakhir ia menjadi starter saat United menang tipis 1-0 atas West Brom pada bulan November. Setelahnya, Mata hanya mengumpulkan 46 menit hingga bulan ini karena lebih sering di bench bahkan tidak dibawa sama sekali. 2 menit saat melawan Newcastle adalah comeback-nya setelah dua bulan tidak bermain.

Laga-laga seperti ini berguna bagi dirinya untuk membuktikan kalau dia masih bisa memberi kontribusi bagi United. Rumor transfer memang menyebut kalau Mata akan menjadi salah-satu pemain United yang tidak akan mendapat perpanjangan kontrak. Membawa tim ini juara Liga Europa atau Piala FA bisa menjadi perpisahan yang apik apabila dia memang tidak lagi dibutuhkan.

“Mendengar spekulasi tentang dirinya, saya tidak akan kaget karena dia memang pribadi yang luar biasa di dalam dan luar lapangan. Jika ia memang ingin bicara dengan klub lain, maka saya bisa mempersilahkannya. Namun sejauh ini, kami memiliki dialog yang bagus dengannya,” kata Ole.

Selain Mata, Dean Henderson juga akan menjadikan laga ini sebagai bukti kelayakan dirinya di bawah mistar. Sama seperti Mata, mantan pemain Sheffield United ini juga diisukan pindah. Ambisinya untuk menjadi kiper nomor satu timnas Inggris ia rasa tidak akan bisa diraih jika United masih menggunakan De Gea sebagai penjaga gawang utama.

Perkiraan Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: Dean Henderson, Aaron Wan-Bissaka, Eric Bailly, Harry Maguire, Alex Telles, Nemanja Matic, Fred, Juan Mata, Daniel James, Mason Greenwood, Anthony Martial

REAL SOCIEDAD: Alex Remiro, Andoni Gorosabel, Robin Le Normand, Igor Zubeldia, Nacho Monreal, David Silva, Asier Illarramendi, Mikel Merino, Portu, Mikel Oryazabal, Alexander Isak

Comments

Loading...