OUR NETWORK

Real Sociedad vs Man United: Melawan Keterbatasan

Jelang leg pertama babak 32 besar Europa League melawan Real Sociedad, Ole Gunnar Solskjaer memutuskan untuk membawa dua pemain akademi yang namanya sedang jadi pembicaraan di kalangan suporter akhir-akhir ini yaitu Amad Diallo dan Shola Shoretire.

Keduanya memang layak mendapat kesempatan mengingat apa yang sudah mereka tampilkan bersama tim junior United. Amad sebelumnya sudah merasakan menjadi cadangan ketika United mengalahkan West Ham pada Piala FA, sedangkan Shola sudah beberapa kali mendapat kesempatan berlatih bersama tim utama.

Alasan dua nama ini dibawa ke Turin sebenarnya bukan hanya karena penampilan mereka yang cukup baik di tim junior, melainkan United juga krisis pemain. Pada pertemuan pertama ini, Setan Merah akan bertandang dengan kondisi tim yang bisa dibilang cukup pincang.

Edinson Cavani dan Donny Van de Beek adalah pemain terbaru yang masuk ruang perawatan. Sebelumnya, Paul Pogba dipastikan tidak akan ambil bagian. Pogba bahkan sudah dikonfirmasi kalau tidak bisa bermain lagi sampai bulan Februari ini berakhir.

“Pogba tidak akan bermain hingga bulan Februari ini berakhir. Begitu juga Donny dan Edinson yang mengalami cedera otot sehingga mereka tidak bisa pergi bersama kami,” kata Ole.

Kehilangan Pogba dan Van de Beek mungkin tidak terlalu dipusingkan oleh para penggemar. Pogba sudah diharapkan untuk bisa pindah secepat mungkin, sedangkan ada atau tidaknya VDB juga tidak memberikan pengaruh besar kepada permainan United di atas lapangan.

Namun tanpa Cavani, United kehilangan seorang target man yang cukup mumpuni di depan gawang lawan. Memang, pada awalnya Cavani bukan pemain utama United, namun dengan menurunnya penampilan Martial, Rashford, dan Greenwood, Cavani benar-benar dibutuhkan dalam urusan mencetak gol. Cavani begitu disukai dan jarang mendapat kritik dibandingkan trio tersebut.

Yang menjadi masalah, Martial juga diragukan untuk bisa bermain. Meski ia dibawa ke Turin, namun pemain Prancis ini harus menunggu apakah dia akan turun sejak awal atau tidak. Ketika Martial sehat pun, lini depan United kerap melempem, apalagi ketika dia absen. Praktis, hanya Rashford, Greenwood, dan duo Amad-Shola, para penyerang United yang tersedia.

Rotasi yang cermat perlu dilakukan oleh Ole. Pasalnya, mereka harus menghemat-hemat tenaga karena Newcastle United dan Chelsea sudah menanti mereka di Premier League pada sisa bulan Februari ini.

Kepercayaan Diri Imanol

Berbeda dengan United, Sociedad kini sedang dalam kondisi yang baik. Mereka masih bertahan di 5 besar klasemen La Liga. 3 menang dan 3 seri adalah hasil yang mereka dapat dari tujuh pertandingan terakhir di liga. Hanya Carlos Fernandez yang dipastikan absen, sebaliknya Adnan Januzaj, Davis Silva, Mikel Merino, Nacho Monreal, dan Mikel Oryazabal sudah bisa kembali bermain.

“Kami sangat bersemangat untuk bermain melawan United. Kami sukses mengatasi grup maut dengan permainan yang hebat. United memang jauh diunggulkan karena mereka adalah klub bersejarah dan pernah memimpin klasemen liga. Kami sangat menghormati mereka, tapi kami akan bermain untuk menang dan menjadikan pertandingan ini seperti final,” kata Imanol Alguacil, pelatih Sociedad.

Satu keuntungan lain yang dimiliki Sociedad adalah rekor United ketika bertemu tim-tim asal Spanyol. Dari 57 pertandingan, United hanya memiliki 13 kemenangan dan 22 kali menderita kekalahan. Kemenangan terakhir United atas wakil Spanyol terjadi pada 2017 lalu ketika tendangan bebas Marcus Rashford memberi kemenangan tipis 1-0 atas Celta Vigo.

Perkiraan Susunan Pemain

REAL SOCIEDAD: Alex Remiro, Joseba Zaldua, Aritz Elustondo, Igor Zubeldia, Nacho Monreal, Assier Illarramendi, Adnan Januzaj, David Silva, Mikel Merino, Mikel Oryazabal, Alexander Isak

MAN UNITED: David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Eric Bailly, Alex Telles, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Mason Greenwood, Daniel James, Marcus Rashford

Comments

Loading...