OUR NETWORK

Man United vs West Ham United: Penyerangan Berisiko

Dilihat dari sisi mana pun, Manchester United layak sangat diunggulkan bakal mengalahkan West Ham United dini hari nanti. Tapi, awas, selama lini depan mereka tidak bermain dengan baik, maka United punya potensi untuk kesulitan mengancam pertahanan lawan.

Dalam laga melawan AC Milan, Amad Diallo sukses mencetak gol pertamanya bagi tim utama Manchester United. Gol ini tidak hanya bermakna sebagai gol pertama Amad di Manchester, namun gol ini juga memutus puasa gol yang menderita para penyerang mereka.

Tercatat, United hanya membuat tiga gol dari lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Dua gol lainnya datang dari Bruno Fernandes dan Luke Shaw. Belum lagi jika mengetahui fakta kalau Rashford adalah striker terakhir yang mencetak gol bagi United ketika mereka mengalahkan Newcastle pada 21 Februari lalu.

Jika Rashford saja sudah hampir sebulan tidak menemui gawang lawan, maka Martial terakhir kali mencetak gol pada awal Februari saat United menang 9-0. Tiga hari kemudian sundulan Cavani menjadi kontribusi terakhirnya di lini depan. Sedangkan Greenwood terakhir kali masuk papan skor pada akhir Januari.

Perlu diketahui kalau masalah United di lini depan tidak hanya terjadi saat salah satu antara Rashford, Cavani, Martial, dan Greenwood absen. Saat keempatnya fit pun tidak jarang mereka juga kesusahan menemui gawang. Lantas, apa jadinya jika tiga dari empat striker yang dimiliki United ini absen?

Inilah yang harus Ole cari jalan keluarnya. Menghadapi skuad arahan David Moyes, United tidak akan memainkan Rashford, Cavani, dan Martial karena cedera. Kedalaman skuad makin amburadul ketika Van de Beek dan Pogba juga belum ada kepastian kapan bisa bugar.

“Saya tidak yakin Rashford bisa main pada hari Minggu nanti. Mungkin dia bisa kembali ketika melawan Milan. Begitu juga Cavani yang belum siap untuk laga hari Minggu,” kata Ole yang secara juga masih bingung tentang siapa yang akan bermain di lini belakang nanti menurut situs resmi klub.

Praktis, di lini depan United hanya akan mengandalkan James, Greenwood, dan Amad Diallo. Ketiganya memang bertalenta dan masih muda. Sayang, penampilannya masih belum konsisten. Khusus untuk Diallo dia juga belum mendapatkan menit main yang cukup. Ole kini tinggal berharap bocah Pantai Gading ini bisa memberi dampak kilat seperti yang pernah dilakukan seniornya dulu macam Federico Macheda atau Adnan Januzaj. Tugas berat juga bagi Bruno Fernandes yang akan ngemong tiga pemuda ini mengingat ketiganya jarang bermain bersama sehingga chemistry belum bisa terbentuk.

Ambisi Mantan

Di sisi lain, sang tamu sedang dalam performa yang bagus bersama David Moyes. Tiga menang dan satu kalah adalah catatan yang ia raih dalam empat laga terakhir. Kekalahan dari City pun juga tidak memalukan karena mereka hanya kalah tipis.

The Hammers punya kesempatan untuk menyamakan poin dengan Chelsea yang kemarin bermain imbang. Jika berhasil mengalahkan United, maka peluang ke Liga Champions terbuka lebar.

Setidaknya West Ham paham betul meredam United. Bisa dilihat dari pertemuan terakhir mereka di Piala Fa beberapa waktu lalu. West Ham memang kalah, namun dengan kualitas United yang jauh di atas mereka, toh kemenangan baru bisa didapat pada perpanjangan waktu. Perlu diingat pula kalau mereka sukses mencuri satu poin dari Old Trafford pada musim lalu.

Satu-satunya masalah West Ham adalah kehilangan Jesse Lingard yang tidak bisa bermain karena statusnya yang merupakan pinjaman dari United. Meski begitu, ia masih punya Tomas Soucek yang merupakan top skor mereka.

Dengan tinggi badan yang menjulang, Moyes berharap kalau Soucek bisa menjadi Fellaini-nya West Ham. Pemain berambur kribo itu adalah orang terakhir yang sukses membantu Moyes mengalahkan Manchester United.

Perkiraan Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: Dean Henderson, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Victor Lindelof, Luke Shaw Scott McTominay, Fred, Bruno Fernandes, Daniel James, Amad Diallo, Mason Greenwood

WEST HAM UNITED: Lukasz Fabianski, Issa Diop, Craig Dawson, Aaron Cresswell, Vladimir Coufal, Ben Johnson, Declan Rice, Tomas Soucek, Jarrod Bowen, Pablo Fornals, Michail Antonio

Comments

Loading...