OUR NETWORK

Man United vs Newcastle United: Tumpuan di Lini Depan

Bruno Fernandes menjadi sorotan dalam kemenangan 4-0 United atas Real Sociedad Jumat kemarin. Meski sang gelandang adalah top skor United di semua kompetisi, namun suporter masih menginginkan adanya aliran gol lain khususnya dari lini depan.

Ketika Ole Gunnar Solskjaer melepas Romelu Lukaku dua musim lalu, United seperti mendapat berkah. Trio Rashford, Martial, dan Mason Greenwood, berhasil menjadi sumber gol utama. 44 gol dari 66 gol United di Premier League 2019/2020 datang dari ketiganya. Seketika suporter yakin kalau mereka bisa menjadi trio maut klub ini seperti era Rooney-Berbatov-Tevez.

Sayangnya, anomali terjadi pada musim ini. Alih-alih mengucur deras, aliran gol mereka justru tersumbat. United sukses menjadi tim tersubur di liga sejauh ini, namun dari 50 gol yang tercipta hanya 13 berasal dari tiga striker utama mereka musim lalu.

Jumlah ini sama dengan raihan Bruno Fernandes musim ini. Beruntung bagi United karen mereka masih punya Edinson Cavani yang bisa menjadi sumber gol lain meski sebelumnya ia dipersiapkan hanya sebagai pemain pelapis.

Catatan gol yang kurang bagus nyatanya tak membuat Ole Gunnar Solskjaer anti memainkan mereka. Sejauh ini, ketiganya masih mendapatkan kesempatan untuk bisa membuktikan diri sebagai penyerang berkualitas. Pembuktian diri itu berlanjut pada pekan ini ketika United menjamu Newcastle United di Old Trafford.

Dengan asumsi Cavani belum bisa bermain karena cedera, maka tiga penyerang ini besar kemungkinan akan bermain sejak menit awal. Oleh karena itu, ketiganya diharapkan bisa memperbaiki catatan golnya sekaligus memberikan kemenangan bagi United yang sudah dua laga liga terakhir hanya dapat satu poin.

Pemantik Kepercayaan Diri

Satu gol ke gawang Real Sociedad cukup untuk bisa memulihkan kepercayaan diri seorang Marcus Rashford. Maklum saja, pemain nomor 10 United ini terus dipertanyakan performanya oleh para suporter. Rashford, yang bisa memberi pengaruh bagi masyarakat Inggris, justru belum memberi pengaruh yang signifikan bagi timnya sendiri.

Rashford boleh saja telah mengumpulkan 3 gol dan 4 assist sepanjang tahun 2021 ini. Namun, jika mengerucut performanya di Premier League, ia hanya membuat masing-masing satu gol dan dua assist dalam 9 pertandingan. Tentu ini bukan jumlah yang diinginkan oleh Solskjaer.

“Dia selalu menjadi pemain yang lebih baik lagi dan akan lebih dekat dengan gawang. Kami sudah banyak berlatih kemarin dan dia semakin membaik. Dia tahu apa yang kami inginkan,” kata Ole.

Laga melawan Newcastle bisa menjadi titik balik kebangkitan Rashford. The Magpies adalah salah satu lawan favoritnya selama berkarier. 3 gol dan 4 assists adalah catatan yang ia buat hanya dari enam pertandingan melawan mereka. Ketika United menang 4-1 di Sports Direct Arena musim ini, ia berkontribusi untuk tiga gol United.

Begitu juga untuk Martial dan Mason Greenwood. Keduanya sudah pernah membobol mantan klub Nicky Butt ini. Bahkan Martial sudah membuat 4 gol ke gawang mereka selama berseragam United dan semuanya ia buat di Old Trafford. Di sisi lain, Mason Greenwood menyumbang satu gol ketika United menang 4-1 musim lalu di kandang.

Buruknya pertahanan tim tamu seolah memancing keempatnya (plus Cavani jika dia bisa bermain) untuk membobol gawang tim asuhan Steve Bruce tersebut. Newcastle baru membuat satu clean sheet sepanjang 2021 di liga. Angka kebobolan mereka hanya lebih baik dari WBA dan Southampton pada periode yang sama.

Kemenangan melawan tim-tim papan tengah ke bawah akan sangat penting bagi sebuah tim yang ingin mengincar gelar juara. Termasuk United yang masih berusaha mengejar 10 poin jarak dengan City hingga titik darah penghabisan.

Newcastle akan mencoba untuk mengganjal langkah mereka tersebut. Menumpuk pemain di belakang seperti WBA dan mengincar serangan balik bisa menjadi opsi mengingat anak asuh Ole Gunnar Solskjaer tersebut terkadang belum bisa mengatasi permainan blok rendah.

Perkiraan Susunan Pemain

MAN UNITED: David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Mason Greenwood, Anthony Martial, Marcus Rashford

NEWCASTLE UNITED: Karl Darlow, Emil Krafth, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Jamal Lewis, Isaac Hayden, Jonjo Shelvey, Joe Willock, Dwight Gayle, Miguel Almiron, Allan Saint-Maximin

Comments

Loading...