OUR NETWORK

Alasan Solskjaer Izinkan Bailly dan Amad Diallo Bela Timnas di Olimpiade

Eric Bailly dan Amad Diallo mendapatkan izin untuk membela timnas Pantai Gading di Olimpiade Jepang. Alasan Solskjaer cukup masuk akal.

Sama seperti Euro 2020, Olimpiade 2020 juga ditunda setahun kemudian. Pesta olahraga terbesar di dunia ini akan digelar di Tokyo, Jepang, pada 21 Juli hingga 7 Agustus 2021 mendatang.

Salah satu cabang olahraga bergengsi di Olimpiade adalah sepakbola. Akan tetapi, ada aturan yang membatasi usia maksimal pemain, yakni 24 tahun. Berdasarkan aturan, hanya pemain yang lahir pada dan setelah 1 Januari 1997 yang bisa tampil buat tim sepakbola pria di Olimpiade 2020 ini. Meski demikian, setiap negara diperbolehkan mendaftarkan tiga pemain yang lebih tua.

Dari 16 negara yang tampil, ada dua pemain Manchester United yang dipanggil. Uniknya, mereka berasal dari negara yang sama, yakni Pantai Gading. Mereka adalah Eric Bailly dan Amad Diallo.

Amad baru berusia 19 tahun, sementara Bailly delapan tahun lebih tua. Bailly didaftarkan lewat kuota pemain yang lebih tua, bersama dengan Franck Kessie dan Max Gradel.

Meski demikian, tidak semua klub memperbolehkan pemainnya berlaga di Olimpiade 2020. Salah satunya Brasil. Sejumlah klub memilih tak mengizinkan para pemainnya karena kompetisi masih berjalan.

Namun, Manchester United tidak demikian. The Red Devils tetap mempersilakan Bailly dan Amad untuk membela negaranya. Padahal, United sudah kehabisan waktu untuk mempersiapkan musim ini karena gelaran Euro 2020 dan Copa America 2021, membuat skuad United belum lengkap

Lantas apa alasan Ole mengizinkan Bailly dan Amad?

“Aku pikir semua orang, ketika mereka tumbuh, menonton Olimpiade dan bisa melihat Usain Bolt atau Ryan Giggs. Aku melihatnya bermain di Olimpiade [buat Britania Raya],” kata Ole.

“Saat tugas negara memanggilmu, aku pikir aku tak bisa menghalangi impian masa kecil mereka akan terpenuhi. Tentu saja, Eric over-age, tapi aku pikir mereka bisa melihat bagusnya dia dan itulah mengapa Pantai Gading membawanya ke dalam skuad.”

“Amad masih muda, harapan yang menarik. Akan bagus bisa melihat mereka. Olimpiade akan menjadi pramusim mereka, tapi mereka akan kembali dengan sebuah medali. Kami membutuhkan perasaan yang menyenangkan tentang tempat itu ketika mereka kembali!”

Amad tiba di Old Trafford pada bursa transfer bulan Januari lalu. Pemain sayap berkaki cepat itu mulai menunjukkan bakat yang ia miliki. Kepindahannya ke United juga membuatnya dilirik timnas senior Pantai Gading. Ia pun berhasil mencetak gol pertamanya di timnas pada Mei menghadapi Burkina Faso.

Semoga harapan Ole untuk menjadikan Olimpiade 2020 sebagai pramusim, bisa berakhir positif. Soalnya, Premier League akan segera dimulai pada 13 Agustus mendatang. Bailly dan Amad cuma punya waktu enam hari sampai pertandingan pertama Premier League digelar. Semoga saja mereka kembali dengan medali, bukan dengan cedera kaki.

Comments

Loading...