Manchester United memastikan tempat di Liga Champions musim depan usai menang 4-1 atas Chelsea. Usai laga, Erik ten Hag menyatakan bahwa kembali ke Liga Champions adalah langkah penting untuk Manchester United.

Ten Hag sangat puas dengan kemenangan penting ini. Namun, ia menegaskan kalau timnya masih butuh pengembangan. Seperti dikutip dari situs resmi Manchester United, berikut kami sajikan pernyataan Ten Hag mengenai laga melawan Chelsea.

Kembali ke Tempat Seharusnya

Ten Hag merasa kalau sangatlah penting untuk finis di empat besar. Soalnya, klub seperti United memang seharusnya bermain di Liga Champions.

“(Premier League) adalah kompetisi yang sulit, keras, dengan banyak tim yang berkompetisi untuk itu (masuk Liga Champions). Dan kami berhasil, jadi kami menjalani musim yang bagus,” terang Ten Hag.

Proses yang Panjang

Ten Hag merasa kalau laga melawan Chelsea semalam adalah pertandingan terbuka. Chelsea sudah tak punya target apa-apa dengan finis di papan tengah. Mereka pun tampaknya tengah menyiapkan untuk musim depan.

“Selalu sulit untuk melawan mereka dan mereka menciptakan berbagai kesempatan tapi juga memberikan banyak ruang,” kata Ten Hag.

“Sejujurnya, kami seharusnya mencetak lebih banyak gol. Ini bukan pertandinganku, pertandingan ini terlalu terbuka. Kami harus bertahan lebih baik dan tak mengizinkan mereka membuat banyak kesempatan.”

Menurut Ten Hag, United semestinya bisa lebih baik dan mencetak banyak gol. Namun, pada akhirnya, ia tak bisa mengeluh. Soalnya, United ada di empat besar dan itu yang paling penting.

“Itu adalah pujian besar untuk semua orang di sini, di klub ini,” jelas Ten Hag.

Harus Ada di Liga Champions

Ten Hag cerita kalau ia nyaman di United. Namun, setelah pertandingan kedua melawan Brentford, situasinya jadi sulit.

“Tapi, ya, aku pikir kami membangun tim, ini adalah semangat yang bagus. Kami berkerja sangat baik di tempat latihan dan kami mendapatkan hasilnya.”

United semakin berkembang dan Ten Hag merasa ada di arah yang tepat, meski mereka kini belum di posisi yang seharusnya.

“Namun, kami kembali ke Liga Champions. Itu, aku pikir adalah langkah yang sangat penting. Kami harus melakukannya karena kalau Anda ingin sukses, Anda harus ada di Liga Champions.”

Membuang Peluang

Ten Hag merasa kalau pertahanan United menjadi lebih baik di babak kedua. Mereka tampil lebih kompak dan membuat keputusan yang lebih baik. Meski, di babak pertama mereka punya masalah.

“Sejujurnya, mereka (Chelsea) bermain tanpa tekanan dan mereka bisa maju dan Anda bisa melihatnya. Selalu sulit melawan tim seperti ini. Tentu saja, mereka menginginkan kemenangan, tapi mereka juga main terbuka,” kata Ten Hag.

Untuk melawan tim semacam ini, United harus menghajarnya dan mengambil keuntungan dari ruang yang didapat. Sayangnya, United tak selalu melakukannya. Ten Hag mencontohkan gol kedua yang dicetak di akhir babak pertama. Padahal, gol tersebut bisa lebih cepat terjadi.

Hari Minggu Masih Tetap Penting

United menyisakan satu pertandingan lagi pada Minggu, 28 Mei 2023. Meski sudah dipastikan lolos ke Liga Champions, tapi Ten Hag masih menganggap kalau itu adalah laga yang penting.

“Kami masih bisa di peringkat ketiga di liga,” kata Ten Hag.

“Sangat penting untuk menjaga fokus kami dan juga tidak cedera. Jadi itu memberikan kami tujuan yang bagus buat Minggu. Tapu juga mendapatkan rekor kandang baru dalam sejarah Manchester United, kami bisa melakukannya. Jadi, pertandingan hari Mingu akan menjadi pertandingan yang penting. Kami ingin memenangi laga itu,” terang Ten Hag.

Rencana Transfer

Ten Hag bilang kalau ia akan melakukan sesuatu dalam bursa transfer dengan tujuan meningkatkan kualitas skuad. Beberapa hal sudah dilakukan, tapi Ten Hag merasa kalau musim depan masih sangat jauh. Ia ingin lebih fokus meraih trofi Piala FA terlebih dahulu.

“tidak akan mudah, tapi kami harus punya persiapan yang cukup dan memberikan kami kesempatan terbaik untuk meraih piala itu. Kami punya kesempatan hebat dan Anda tak terlalu sering mendapatkan kesempatan seperti itu,” tutup Ten Hag.

Sumber: Manutd.com