Foto: ManUtd.com

Akhirnya kita semua bisa melihat Christian Eriksen memakai jersey merah kebanggaan Manchester United. Dengan kepindahan ini agaknya kita akan melihat sesuatu yang baru dari tim Setan Merah musim depan. Pasti tidak sabar untuk melihat hal seperti itu.

Namun terlepas dari kegembiraan kita melihat Eriksen dengan jersey United, ada sesuatu yang harus kita tahu di balik kepindahan mantan pemain Tottenham Hotspur ini. Ternyata, ada alasan krusial mengapa ia memilih bergabung dengan United. Tidak lain tidak bukan, alasan tersebut adalah Erik ten Hag.

Seperti yang kita semua tahu, Setan Merah menjadikan Eriksen sebagai rekrutan kedua mereka musim panas ini. Mereka mengamankan playmaker yang banyak diminati oleh klub-klub besar tersebut dengan status bebas transfer.

Christian Eriksen sendiri meninggalkan Brentford setelah kontraknya berakhir di bulan Juni lalu. Sebelumnya ia sempat kembali bermain dengan luar biasa bersama The Bees hanya beberapa bulan setelah menderita serangan jantung dalam pagelaran Euro 2020.

Terlepas dari tragedi yang ia hadapi, Eriksen tetap mampu membuktikan bahwa ia masih mampu bermain di level tertinggi. Bahkan ia terus menunjukan serangkaian penampilan berkelas dan membantu Brentford mengamankan posisinya di Premier League.

Hanya saja, ternyata kembali ke Inggris ternyata tidak pernah menjadi bagian dari rencana Eriksen selama ini. Itulah mengapa pemain berusia 30 tahun itu tidak menyangka kalau ia harus berlabuh ke Old Trafford. Meskipun di satu sisi, ia senang menjadi pemain United.

“Saya pikir dari sebelum insiden serangan jantung di Euro, rencana saya sama sekali tidak akan kembali ke Inggris. Saya tidak pernah berpikir kembali lagi ke sana. Jadi jika boleh jujur, keputusan saya untuk pergi ke Manchester United adalah sebelum rencana saya selama ini!” Ungkap Eriksen dikutip dari MUTV.

“Jelas sebelumnya saya berada di Spurs, dan kemudian pergi ke Italia, tetapi sekarang saya duduk di sini. Semuanya merupakan sesuatu yang tidak saya harapkan, tetapi saya juga sangat senang. Saya bersyukur saya berada di sini. Rasanya menyenangkan.”

Christian Eriksen kemudian melanjutkan dengan merinci bagaimana Erik ten Hag meyakinkannya untuk memilih United. Meskipun di satu sisi, ada banyak minat dari klub lain. Tapi karena Ten Hag yang meminta, Eriksen sangat percaya dan ia akhirnya memilih United.

“Dia (Ten Hag) sangat penting dalam keputusan saya. Saya ingin datang ke sini untuk bermain sepakbola. Saya tidak datang ke sini hanya untuk logo besar Manchester United saja. Karena saya ingin datang ke sini untuk bermain dan memenangkan sesuatu,” tutur Eriksen dikutip dari MEN Sports.

“Jelas untuk berbicara dengan manajer dan mendengar ide-idenya sangatlah membuat saya takjub. Dia (Ten Hag) melakukan percakapan dengan istilah sepakbola, dan itu adalah hal yang bagus. Ideal bagi saya untuk menentukan keputusan dan kemungkinan datang ke Manchester United.”

“Saya seorang pria yang ingin bermain sepakbola, dan saya pikir melalui ide manajer sepertinya adalah hal yang pas. Saya juga melakukan percakapan lain, dan memberi tahu kalau saya ingin bermain sepakbola di Manchester. Dan, di saat yang sama, ini adalah klub yang sangat besar yang saya tahu.”

Selain itu, Christian Eriksen juga mengungkapkan bahwa gaya permainan Erik ten Hag sangatlah cocok untuknya. Dan itulah alasan positif yang membuat keputusannya semakin kuat untuk bergabung dengan Manchester United.

“Saya pikir gaya permainan (Ten Hag) dengan saya sangatlah cocok. Melalui ide-idenya, mudah-mudahan itu adalah sesuatu yang akan terhubung dengan cara yang baik dan positif. Jadi tentu saja, gaya sepakbolanya akan sangat sesuai dengan permainan saya.”