Foto: Daily Express

Musim Manchester United resmi berakhir. Akhir dari musim roller coaster ini ditutup dengan tersingkirnya mereka dari babak 16 besar Liga Champions Eropa. Semalam, United kalah 0-1 dari Atletico Madrid di Old Trafford dan membuat mereka pulang dengan agregat skor 1-2 akibat gol Renan Lodi pada babak pertama.

Kekalahan ini membuat Manchester United resmi memperpanjang nol gelar mereka menjadi lima musim. Kini, target hanya empat besar Premier League yang bisa diraih. Melihat performa yang masih acak-acakan sepanjang musim ini dan tabungan laga yang banyak dari Arsenal, tampaknya empat besar juga menjadi sesuatu yang sulit untuk diraih.

Selain itu, kekalahan ini juga membuat United memperpanjang catatan tanpa kemenangan mereka di Old Trafford pada babak gugur Liga Champions menjadi tiga pertandingan. Terakhir kali mereka menang di Old Trafford pada fase knock out terjadi pada 2014 saat mereka menang 3-0 melawna Olympiacos. Setelahnya, berturut-turut United kalah dari Sevilla, PSG, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Penampilan Keseluruhan

“Kami memulai pertandingan dengan cara yang kami inginkan. Kami main penuh semangat. Sejak menit pertama, kami mengendalikan permainan. Kami bisa saja mencetak gol awal, ketika peluang kami membentur mistar dan ada dua sampai tiga peluang yang berbahaya. Sayangnya, kami tidak bisa mengubah semangat dan energi kami untuk mencetak gol. Lalu kemudian kami kebobolan. Momen transisi kembali menghukum kami dan membuat kami terjebak dalam kesulitan. Saya masih percaya kalau Elanga dilanggar sebelum serangan balik tapi wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran.”

Atletico Suka Ngulur Waktu

“Saya tidak berpikir bahwa pertandingan berjalan lebih dari tiga menit karena laga selalu terganggu dengan seseorang yang tergeletak di lapangan. Saya pikir ada beberapa keputusan wasit yang aneh. Saya tidak akan berkata ini penyebab kekalahan, tapi mereka jatuh terlalu sering dan membuang-buang waktu dan pada akhirnya tambahan waktu empat menit hanyalah lelucon bagi saya.”

Menjembatani Kesenjangan

“Saat ini, terlalu dini untuk memikirkan bagaimana kami bisa menutup celah dengan tim-tim top. Fokus utama hanya menyelesaikan musim ini setinggi mungkin dan kemudian barulah bisa berbicara tentang hal-hal lain.”

Libur Panjang

“Yah, saya akan mengatakan di satu sisi tidak terlalu buruk bagi pemain yang berada pada tugas internasional. Mungkin itu dapat membantu mereka mengatasi rasa frustrasi yang mereka rasakan saat ini. Kemudian kami akan bertemu lagi satu sama lain dalam satu setengah minggu dengan pemain yang tidak dipanggil pada jeda internasional dan mudah-mudahan mereka semua bisa langsung siap untuk pertandingan melawan Leicester.”

Target Empat Besar

“Tetap saja empat besar menjadi target utama jika kami memenangkan pertandingan malam ini. Kami juga harus realistis. Untuk mencapai target itu, kami harus memenangkan sekitar enam laga dan menang tandang di Arsenal. Ini bukan hal yang mudah untuk dicapai, namun pada akhirnya kami tetap akan berusaha keras untuk menyelesaikan akhir musim di posisi empat. Apa pun yang terjadi, tugas kami sekarang adalah menyelesaikan musim ini dengan catatan terbaik dan setinggi mungkin.”