Ada banyak perasaan aneh yang dirasakan penggemar Manchester United. Jadon Sancho dibuang ke Borussia Dortmund tapi malah main bagus. Pun dengan Mason Greenwood yang dipinjamkan ke Granada.

Satu pemain lain yang terlupakan adalah Marcel Sabitzer. Musim 2022/2023 lalu, ia dipinjamkan dari Bayern Munchen pada musim dingin. Jumlah pertandingannya cukup banyak: 18 laga dengan mencetak tiga gol.

Kini, Sabitzer adalah andalan di lini tengah Dortmund yang melangkah ke final Liga Champions 2023/2024. Ia berperan besar dalam kesuksesan Dortmund musim ini.

Pertanyaannya, mengapa United tidak mempermanenkan Sabitzer padahal punya kesempatan?

Pengganti Eriksen

Sabitzer didatangkan pada Januari 2023 sebagai pelapis Christian Eriksen yang cedera hingga April. Ia tampil bagus, termasuk saat mencetak dua gol di perempatfinal Europa League melawan Sevilla.

Sudah rahasia umum pula apabila Sabitzer tidak menjadi rencana Bayern Munchen. Ini membuat opsi pembelian terbuka lebar. Namun, cedera meniskus membuat masa peminjamannya berakhir lebih cepat.

30 Juni, United mengumumkan kepergian Sabitzer setelah masa peminjamannya usai. Di bulan Juli, United memikirkan opsi untuk mempermanenkan Sabitzer. Namun, sebelum Juli berakhir, Sabitzer sudah keburu bergabung dengan Dortmund.

Walau tak pernah benar-benar menjadi pengganti Eriksen, tapi Sabitzer bicara hal-hal baik soal waktunya di United. Ia mengatakannya dalam pernyataannya di website Dortmund:

“Aku mengingat banyak hal dari masa (peminjaman) ku di Manchester United. Aku sangat terkesan dengan kenyataan bermain untuk klub sebesar itu. Aku tersenyum setiap hari membayangkan berada di sana dan bermain.”

“Itu juga karena aku punya waktu bermain [di United] sehingga aku menemukan ritme dan kepercayaan diri. Aku menunjukkan hal-hal bagus di sana dan itu berdampak karena satu setengah tahun yang lalu semua orang meragukanku. Ketika Anda bisa membuktikan lagi bahwa Anda bisa berperan di klub besar seperti ini, itu bagus untuk kepercayaan diri.”

Sang gelandang telah mencatatkan 37 penampilan di semua kompetisi dan telah tampil menonjol di lini depan dengan kontribusi 15 gol atas namanya sejauh ini. Seandainya dia tidak mengalami cedera menjelang akhir masa pinjamannya, mungkin dia yang akan mengisi lini tengah United saat ini.

Sumber: Manchester Evening News