OUR NETWORK

Haruskah Jabatan Kapten Maguire Dicopot?

Belakangan ini muncul sebuah polemik terkait jabatan kapten di Manchester United. Polemik tersebut mencakup tuntutan kepada manajer United agar mencopot ban kapten Harry Maguire dan memberikannya kepada Cristiano Ronaldo.

Permainan Maguire memang bermasalah di musim 2021/2022. Bek berusia 29 tahun itu dianggap sebagai bek yang tidak layak main sejak menunjukkan inkonsistensi dalam beberapa bulan terakhir. Sehingga label bek termahal di dunia yang ada padanya tampak tak berarti.

Namun pandangan berbeda justru muncul dari manajer Inggris Gareth Southgate. Baru-baru ini ia malah berpikir sebaliknya dan telah memutuskan untuk mendukung Maguire. Dukungannya ini bahkan ia pastikan dengan memberikan tempat bagi eks bek Leicester itu di skuatnya untuk menghadapi Swiss dan Pantai Gading.

“Dia (Harry Maguire) menjadi bagian penting dari starting XI yang membawa kami (Inggris) ke semifinal Piala Dunia dan final Euro. Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa dia adalah salah satu bek tengah terbaik kami,” ujar Southgate dilansir dari Sport Bible.

Terlepas dari dukungan Southgate itu, pertanyaan besar tetap diajukan oleh sebagian pihak yang melihat penampilan mengecewakan Maguire. Salah satunya adalah mantan bek Manchester City Micah Richards. Ia bahkan sangat percaya kalau ban kapten United harus segera dicopot dari lengan Maguire dan diberikan kepada Cristiano Ronaldo.

“Tentu saja, Harry sedang melalui periode yang sulit. Maka tidak ada yang salah dengan memberikan pandangan kritis terhadap seorang pemain ketika mereka tidak mencapai level terbaiknya. Dan pandangan saya menilai kalau penampilan Harry saat ini tidak baik-baik saja,” pungkas Richards kepada Daily Mail.

“Bukan peran saya untuk membela seorang pemain, akan tetapi ada alas an tertentu ketika saya melihat kenyataan yang ada. Saya sangat percaya mengapa kalau sekarang ban kapten Harry harus dipindahkan ke Ronaldo. Bukan tanpa alasan, karena faktanya Harry tidak mampu menjadi pemimpin United.”

Rekan pundit Richards, Jamie Carragher, sedikit membedah kesalahan Harry Maguire dalam gol kemenangan Atletico Madrid. Sebuah gol yang menjadi mimpi buruk bagi Manchester United di Liga Champions. Dan Carragher mengakui bahwa Maguire saat ini perlu diistirahatkan karena ia sedang mengalami momen terburuk dalam kariernya.

“Kapten Manchester United dengan biaya transfer mahal 80 juta paun itu perlu dikeluarkan dan diistirahatkan. Dia sedang melalui momen terburuk dalam karirnya sekarang. Kita semua memiliki momen itu, dan saya bisa membayangkannya sekarang jika saya bermain (dengan kondisi yang sama),” ungkap Carragher kepada CBS Sport.

“Apa yang dialami Harry Maguire sekarang sangatlah buruk, dan dia harus keluar dari situasinya dengan sangat cepat. Karena jika tidak, dia tidak akan berada lagi di Manchester United. Dia pasti kesulitan. Isi kepalanya pasti kacau setelah mendapat banyak kritik dari berbagai sisi.”

“Harry Maguire gagal membuktikan harga transfernya. Padahal dia sempat menjalani peran yang hebat bersama Inggris di Euro, tetapi musim ini telah menjadi bencana baginya. Sekali lagi, dia mengalami waktu yang sangat sulit. Dia seperti tidak fokus bermain dan membuat banyak kesalahan. Dia mungkin terlalu memikirkan kritik yang datang kepadanya.”

Selain dari para pundit, mantan rekan setim Harry Maguire di Hull City yakni Ahmed Elmohamady juga meyakini hal yang sama seperti Micah Richards dan Jamie Carragher. Menurutnya, Maguire tidak berada di level terbaiknya. Dan hal itu pula yang menjadi sebab mengapa ia kurang pas diplot sebagai kapten Manchester United.

“Harry pernah bermain bersama saya di Hull City. Dan menurut saya, dia tidak memiliki level untuk menjadi kapten Manchester United. United membutuhkan pemain dengan kepribadian yang kuat. Saya berharap manajer berikutnya akan memberikan kapten kepada Ronaldo jika dia bertahan,” tutur Elmohamady dikutip dari Bein Sport.

Pada akhirnya semua keputusan akan tergantung pada manajer Manchester United. Namun jika ditanya “haruskah jabatan kapten Harry Maguire dicopot?”, bagaimana pendapat kalian?

Comments

Loading...