OUR NETWORK

Tujuh Gol Terbaik Juan Mata Selama Membela United

Tepat pada 28 April ini, seorang pria bernama Juan Manuel Mata Garcia merayakan hari lahirnya yang ke-29 tahun. Sayangnya pemain yang cukup disapa dengan Juan Mata ini akan merayakan ulang tahunnya dengan kondisi dirinya yang masih mengalami cedera. Mata sendiri diprediksi akan absen hingga musim ini berakhir. Dan untuk merayakan ulang tahun Juan Mata yang ke-29, penulis akan menujukkan tujuh gol terbaik Mata selama memperkuat Manchester United.

  1. vs Newcastle United (5 April 2014)

Setelah membuat gol perdananya ke gawang Aston Villa, Mata kemudian meneruskan performa terbaiknya dengan mencetak dua gol ke gawang Newcastle dalam kemenangan United 4-0. Gol keduanya ketika menghancurkan The Magpies tercipta dalam proses yang apik.

Memanfaatkan kesalahan Fabricio Collocini, Kagawa yang mendapat bola meneruskan kepada Javier Hernandez. Chicharito yang berada di tepi kotak pinalti lawan melepaskan umpan kepada Juan Mata. Menerima bola dengan kaki kiri, Mata kemudian melakukan gerak tipu kepada Collocini dan akhirnya memilih memasukkan bola menggunakan kaki kanannya.

 

 

  1. vs Crystal Palace (8 November 2014)

Setan merah saat itu sedang berada dalam kondisi sulit karena tidak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhirnya. Kemenangan akhirnya didapat ketika mereka mengalahkan Crystal Palace 1-0. Anak asuh Louis van Gaal patut berterima kasih kepada mata karena dialah pencetak satu-satunya gol tersebut.

Mata yang memperoleh bola dari Di Maria menendang bola dari luar kotak yang berhasil mengecoh penjaga gawang Julian Speroni. Jebolan akademi Madrid ini bahkan hampir mencetak gol keduanya andai tendangannya tidak membentur tiang.

  1. vs Manchester City (12 April 2015)

Menit ke 67, Mata yang bergerak di sisi kanan memilih untuk berpindah ke sisi kiri setelah beberapa kali bertukar umpan dengan Ander Herrera. Bola yang kemudian dikuasai oleh Daley Blind kemudian coba diberikan kepada Fellaini yang kemudian digagalkan oleh Martin Demichelis.

Blind yang mendapatkan kembali bola tersebut kemudian memberikan bola kepada Wayne Rooney. Wazza yang melihat pergerakan bebas Mata kemudian memberikan bola tersebut. Mata kemudian melakukan solo run sebelum menceploskan bola melewati sela-sela kaki dari Joe Hart.

  1. vs Stoke City (2 Desember 2014)

Sempat unggul melalui sundulan Marouane Fellaini, gawang United kemudian kebobolan beberapa menit berselang melalui sepakan Steven N’zonzi. Pada menit ke 58 United mendapatkan sepakan bebas setelah Valencia dilanggar Erik Pieters di sisi kanan serangan United.

Mata yang melakukan eksekusi tersebut melepaskan bola yang terlalu tinggi. Namun lengkungan bola tersebut kemudian memantul sehingga membingungkan para pemain belakang Stoke sebelum membobol gawang dari Asmir Begovic. Sempat menimbulkan perdebatan karena tersentuh rambut Marcos Rojo, namun pihak Premier League kemudian memberikan gol tersebut kepada Mata.

 

  1. vs Leicester City (24 September 2016)

Ini merupakan gol pertama Mata yang dicetak di Old Trafford pada musim ini. Bergerak di sisi kanan, Mata kemudian memberikan bola kepada Paul Pogba. Pemain termahal United tersebut memberikan umpan chip kepada Rashford.

Morgan yang memilih untuk mengejar Rashford justru memberikan ruang kosong kepada Mata. Naas bagi Morgan karena bola memantul ke paha kirinya dan mengarah ke arah Mata sebelum pemain bernomor punggung delapan tersebut melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri yang tidak bisa dijangkau Ron Robert Zieler.

 

  1. vs Watford (2 Maret 2016)

Mata lagi-lagi menjadi pahlawan berkat gol tunggalnya yang membantu United meraih kemenangan. Kesulitan menembus lini belakang Watford sepanjang pertandingan, Mata kemudian mencetak satu-satunya gol melalui tendangan bebas yang tidak bisa dijangkau kiper Heurelho Gomes.

Lebih spesial lagi karena di laga ini Mata bertindak sebagai kapten di laga tersebut. Sayangnya empat hari berselang Mata justru mendapatkan kartu merah pertamanya sepanjang karir ketika melawan West Brom.

 

  1. vs Liverpool (22 Maret 2015)

Tidak ada salahnya menutup rangkaian gol Juan Mata dengan cara yang spesial, terhadap lawan yang spesial pula. Setelah membawa setan merah unggul di babak pertama, Mata kemudian membuat gol kedua di laga tersebut dengan cara yang apik.

Mendapat umpan dari Mata, Angel Di Maria kemudian melepaskan chip cantik sebelum diselesaikan dengan baik lewat salto dari Juan Mata yang tidak bisa dihalau oleh Simon Mignolet. Laga ini sendiri diwarnai beberapa momen salah satunya yang masih dikenang adalah kartu merah cepat untuk Steven Gerrard.

 

**

Selama empat musim membela United, Mata sudah mencetak 142 penampilan dan 36 gol bagi Setan Merah. Jauh lebih banyak tiga gol dari apa yang sudah dibuatnya ketika masih mengenakan seragam biru Chelsea. Bersama United, pemain yang juga memiliki dua gelar akademik ini sudah menyumbangkan tiga piala bagi Si Merah dari Manchester. Menarik untuk menantikan kembali kiprah Juan Mata pada musim depan.

Get Well Soon dan Happy Birthday Juan Manuel Mata Garcia

Comments

Loading...