OUR NETWORK

United vs Cardiff: Memberi Penutup yang Manis

Gagal menjadi juara Premier League, gagal meraih piala domestik, dan gagal untuk berada di empat besar menjadi gambaran dari perjalanan Manchester United musim ini. Hanya ada satu cara untuk membuat musim ini berakhir dengan sedikit lebih baik, yaitu dengan mengalahkan Cardiff City pada pekan terakhir Premier League, Minggu (12/5) malam.

Penonton yang hadir di Old Trafford nanti tentu mengharapkan adanya permainan yang menarik. Tidak seperti musim lalu, saat Michael Carrick mendapatkan kariernya berakhir dengan cara yang membosankan dengan kemenangan tipis 1-0 atas Watford. Menghadapi lawan yang sudah terdegradasi seperti Cardiff harusnya bisa membuat jalannya laga nanti akan jauh lebih menarik.

United punya rekor yang bagus tiap kali melakoni pertandingan terakhir di Old Trafford pada kompetisi liga. Terakhir kali mereka menderita kekalahan terjadi pada musim 2006/07 oleh West Ham United. Sejak gol tunggal Carlos Tevez tersebut, Setan Merah tidak pernah lagi kehilangan poin saban bertanding di markas mereka. Apalagi lawan yang mereka hadapi kali ini adalah Cardiff yang pada pertemuan pertama, mereka kalahkan dengan skor telak 5-1.

Di sisi lain, tim tamu sedang berada dalam performa yang sangat buruk. Mereka menderita enam kekalahan pada tujuh pertandingan terakhirnya. Meski begitu, manajer Neil Warnock menginginkan para pemainnya bisa membuat kejutan di Old Trafford.

“Tidak ada tempat yang lebih baik untuk memainkan pertandingan terakhir Premier League selain Old Trafford, teater impian. Tempat tersebut selalu memberikan atmosfir spesial. Saya tahu mereka sedang berada dalam periode sulit, namun itulah siklus dalam sepakbola. Saya yakin mereka akan membaik seiring berjalannya waktu,” tutur manajer tertua di Premier League ini.

Jika Cardiff benar-benar serius untuk meraih poin, mereka bisa mencontoh apa yang dilakukan Huddersfield pekan lalu. Mereka membuat United menjadi bahan olok-olok di media sosial karena tidak bisa mengalahkan tim peringkat terakhir di klasemen. Cardiff punya peluang untuk itu karena mereka punya kualitas yang sedikit lebih baik dari The Terriers.

Sorotan publik dan para penggemar United kini banyak mengarah kepada para pemain tim utama Setan Merah. Hasil imbang melawan Huddersfield membuat Solskjaer geram dan menyebut kalau ada beberapa pemain yang akan menjalani pertandingan terakhirnya bersama United sebelum dilepas ke pasaran pada bursa transfer nanti.

“Apakah ini akan menjadi laga terakhir bagi beberapa pemain? Dengan sepakbola kita tidak tahu apa yang terjadi. Mungkin ini akan menjadi laga terakhir bagi beberapa dari mereka, dan mungkin menjadi awal bagi beberapa pemain baru. Kami memilki beberapa pemain muda yang telah mengetuk pintu untuk mendapatkan kesempatan. Beberapa dari mereka akan tampil sejak awal pada laga nanti,” kata Solskjaer.

Ander Herrera dan Antonio Valencia adalah dua nama yang sudah pasti akan memainkan pertandingan terakhirnya. Khusus untuk Herrera, pemain asal Spanyol ini tidak akan bermain karena namanya tidak ada dalam daftar 20 nama yang dibawa Ole Gunnar Solskaer ke Lowry Hotel. Perpisahan mungkin hanya akan diberikan kepada Antonio Valencia.

Juan Mata, Matteo Darmian, dan Anthony Martial, merupakan beberapa nama yang diprediksi akan menjalani pertandingan terakhirnya minggu esok. Ketiga pemain ini besar kemungkinan akan dijual pada musim panas agar bisa memberi tempat kepada para pemain baru.

Sorotan lainnya tentu mengarah kepada para pemain muda yang akan bermain. Bisa jadi antara Tahith Chong, Angel Gomes, dan Mason Greenwood, ada yang bermain sejak awal. Nama pertama berpeluang untuk tampil starter setelah menunjukkan penampilan yang lumayan ketika melawan Huddersfield pekan sebelumnya.

Dalam sesi latihan terakhir mereka pada Jumat kemarin, Enam pemain akademi United berlatih bersama tim utama. Mereka adalah Tahith Chong, Angel Gomes, Mason Greenwood, James Garner, Arnau Puigmal, dan Dylan Levit. Sebelumnya ada Lee O’Connor yang juga ikut berlatih. Para penggemar United nampaknya lebih bersemangat jika nama-nama ini yang akan mengisi susunan sebelas awal ketimbang menyaksikan Martial, Smalling, Rashford, dan Lingard bermain. Hal ini mengingatkan kita pada musim 2016/17 saat Jose Mourinho memainkan sembilan pemain akademi pada pekan terakhir melawan Crystal Palace.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Antonio Valencia, Phil Jones, Chris Smalling, Diogo Dalot, Scott McTominay, Andreas Pereira, Paul Pogba, Jesse Lingard, Marcus Rashford, Anthony Martial

CARDIFF CITY:

Neil Etheridge, Lee Peltier, Sean Morisson, Bruno Ecuele Manga, Joe Bennett, Nathaniel Mendez-Laing, Aron Gunnarson, Victor Camarasa, Josh Murphy, Bobby Reid, Danny Ward

Comments