OUR NETWORK

Cetak Gol di Final Europa League, Mkhitaryan Catat Rekor

Henrikh Mkhitaryan membuat sejarah untuk Manchester United dengan gol terakhirnya di UEFA Europa League saat melawan Ajax. Gol kedua yang dicetak pemain asal Armenia itu di Stockholm terjadi saat sundulan Chris Smalling yang menyusul tendangan sudut, dikonversi menjadi sebuah gol oleh Miki. Dan gol itu menjadikan ia sebagai satu-satunya pemain yang pernah mencetak gol di lima pertandingan tandang Eropa untuk The Red Devil dalam satu musim.

Dia sebelumnya telah membobol gawang di empat pertandingan tandang, yaitu saat melawan Zorya Luhansk, Saint-Etienne, Rostov dan Anderlecht, selain itu juga Mkhitaryan mencetak gol di kandang melawan Anderlecht.

Henrikh Mkhitaryan, yang telah tampil apik dan membobol gawang lawan sebanyak 15 kali di semua kompetisi selama musim debutnya bersama United itu, mengucapkan terima kasih kepada rekan satu timnya saat berbicara kepada BT Sport, “Tanpa mereka, saya tidak bisa mencetak banyak gol.”

“Saya sangat senang karena saya mencetak gol hari ini di final, karena semua orang terus mengatakan ‘Anda akan mencetak gol di final’. Setelah pertandingan terakhir, saat kami bermain melawan Celta Vigo di leg kedua, saya seperti sedang bermimpi setiap hari. Bahwa saya akan mencetak gol di final. Jadi, terima kasih untuk rekan satu tim saya, saya amat sangat senang sekali.”

Beberapa pemain United pertama yang mencetak di empat pertandingan tandang Eropa dalam satu musim adalah David Herd, dalam pertandingan melawan Inter-Cities Fairs Cup 1964/65. Dwight Yorke (1998/1999) dan Ruud van Nistelrooy (2002/03) mlakoni prestasi tersebut di ajang Liga Champions. Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney, mencatatkan hal yang sama seperti Mkhitaryan, yaitu mencetak gol di final untuk membawa angka unggul dan menobatkan diri sebagai juara baru Liga Eropa.

Performa menawan Miki di debut musim pertamannya itu membuat barisan skuat United mulai menemukan titik terang akan jati diri menakutkannya di atas lapangan. Bukan tidak mungkin, duet para pemain yang dimiliki United musim ini akan berkaloborasi dengan pemain yang akan dibeli Setan Merah musim depan, dan hal itu bisa dibilang luar biasa bila Mourinho apik dalam peracikan strateginya.

Mkhitaryan total telah bermain sebanyak 41 kali di semua ajang, dari total 11 gol yang dicetak, ia hanya memberikan satu asis untuk United musim ini. Sebuah performa yang menawan dari seorang pemain debut, dan bukan hal yang mustahil jika ia akan melakukan hal yang lebih baik di musim berikutnya.

Comments

Loading...