OUR NETWORK

Bernardo Silva, Incaran United Senilai 70 Juta Paun

Bernardo Silva masih berusia 22 tahun. Tapi ia sudah dianggap sebagai salah satu bakat terbaik yang dimiliki Portugal saat ini. Selain itu, Silva juga sudah mencatatkan diri sebagai salah satu pemain kunci AS Monaco, di mana tercatat Silva telah mencetak empat gol dan empat asis untuk kesebelasan yang sedang bertengger di peringkat pertama Liga Perancis tersebut. Sementara untuk timnas senior Portugal, Silva telah mencatatkan 10 pertandingan dengan perolehan sebiji gol.

United dikabarkan siap melayangkan tawaran sebesar 70 juta paun kepada AS Monaco untuk melego Silva pada bursa musim panas nanti. Bisa dibilang jumlah yang cukup besar untuk pemain yang katanya akan melengkapi Antoine Griezman jika jadi sama-sama berseragam United pada musim panas nanti. Kenapa bisa semahal itu ya?

Untuk menjawabnya mari kita ulas pemain yang memiliki nama lengkap Bernardo Mota Veiga de Carvalho e Silva tersebut.

Berawal dari Benfica

Silva merupakan produk akademi dari Benfica, kesebelasan yang ia bela sejak umur 8 tahun. Kemudian pada tahun 2013, kala ia masih berumur 19 tahun, Silva dipanggil tim reserves Benfica. Lalu beberapa bulan berselang ia masuk ke dalam tim inti Benfica dan meraih debutnya di pertandingan yang sama, kala Benfica meraih kemenangan melawan Cinfaes.

Setelah debut tersebut, Silva tampil untuk beberapa pertandingan lagi untuk tim utama. Yaitu, kala Benfica berhadapan dengan Porto di laga kemenangan Benfica untuk merengkuh trofi Liga Portugal musim 2013/2014. Meski beberapa kali tampil untuk tim utama Benfica, justru namanya lebih melejit ketika bermain di Benfica B, di mana ia mencatatkan 38 penampilan dengan mencetak tujuh gol di Liga Kedua Portugal.

Atas penampilannya tersebut, Silva mendapat penghargaan Breakthrough Player Award. Lalu di tahun yang sama ia jua memberikan impresi gemilang dalam kompetisi Piala Eropa U-19 tahun 2013, di mana Portugal berhasi merangsek ke semi final.

Usai kompetisi, Silva termasuk dari 23 pemain dalam team of the tournament pilihan UEFA untuk Piala Eropa U-19. Dimana Anthony Martial (United), Hector Bellerin (Arsenal), Aymeric Laporte (Bilbao), dan Adrien Rabior (PSG) juga termasuk di dalamnya.

Meroket Bersama AS Monaco

Pada tahun 2014, Silva dipinjamkan ke AS Monaco. Menyusul ketidakpastian dari kesempatan bermain yang diberikan Benfica kepada dirinya. Setelah bergabung dengan Monaco, Silva tidak memerlukan waktu yang lama untuk menunjukkan perannya.

Terhitung dalam 6 bulan pertama di Ligue 1, Silva berhasil meyakinkan AS Monaco untuk mempermanenkan dirinya pada bulan Januari tahun 2015 lalu. Di mana Silva pada musim 2014/2015 berhasil mencatatkan 9 gol dan 3 assist dalam 45 pertandingan. Kemudian, membawa AS Monaco masuk ke zona Champions League musim 2015/2016. Saat itu ia diboyong dari Benfica dengan kontrak senilai 14 juta paun, menjamin jasa Silva hingga 4 tahun, yaitu hingga 2019 mendatang.

Gaya Bermain Mirip David Silva

Dilansir dari Sky Sport, gaya bermain Silva adalah tipe gelandang tradisional nomor 10. Dimana terkenal dengan pergerakan tanpa bolanya, kemampuan dribel yang baik, dan kaki kiri yang kuat. Bisa dibilang gaya bermainnya mirip dengan gelandang asal Manchester City, David Silva.

Terlihat ketika Monaco mengalahkan Tottenham Hotspur di Wembley dengan skor 2-1 September lalu. Dimana Silva mencetak gol pertama untuk Monaco.

Silva jua medapat pujian dari eks penggawa Chelsea dan Barcelona, Deco. Menurut dia, Silva adalah pemain dengan potensi paling baik di sektor gelandang Portugal.

“Dia (Silva) punya banyak kualitas. Salah satunya mau mengambil risiko. Itu mengapa saya menyukai dia. Silva saya kira bisa menjadi pemain no 10 Portugal dalam beberapa tahun mendatang,” ujar Deco.

Tampaknya perpindahan Silva akan lebih mudah terjadi di musim panas nanti. Karena ternyata, agen yang mewakili Silva adalah Jorge Mendes. Dimana seperti kita tahu, Mendes jua mewakili Jose Mourinho. Meski begitu, tetap aksi Silva lah yang dilirik oleh Mou untuk memperkuat lini tengah United di musim depan.

Dilansir dari Sky Sport, jika Silva musim depan beseragam United, dirinya diperkirakan tidak akan sulit mendapat tempat. Hal ini dikarenakan, Silva mampu bermain di tiga tempat berbeda selama berada tepat di belakang striker utama. Di United sendiri saat ini, posisi tersebut masih di gonta ganti oleh Mou. Kadang menempatkan Rooney, Mata, Lingard, Martial, atau Mkhitaryan. Sehingga masih luas kesempatan Silva untuk mendapatkan 3 posisi di belakang striker tersebut.

Bagaimana menurut Anda, apakah United perlu memboyong Silva?

Sumber : Skysport.com dan Dailystar.co.uk.

Comments

Loading...