OUR NETWORK

Tiga Opsi Pemain Pengganti Ander Herrera

Gelandang Manchester United, Ander Herrera, telah diperkirakan akan pergi dari Old Trafford pada musim panas ini. Kabar ini kemudian menimbulkan sedikit kekhawatiran, dan banyak yang menilai bahwa kepergian Herrera dapat membuat lubang kosong di lini tengah pasukan Setan Merah.

Di sisi lain, sebuah perombakan saat ini sedang dilakukan Manchester United guna memperkuat dan memperbaiki semua aspek mereka untuk musim depan. Banyak pemain dari skuad tim utama Ole Gunnar Solskjaer yang masuk dalam agenda perombakan ini dengan dibiarkan pergi di bursa transfer musim panas mendatang.

Salah satu di antara pemain itu adalah Ander Herrera. Selama ini United sendiri sudah banyak melakukan upaya yang tidak jelas ketika berusaha mengikat pemain asal Spanyol itu agar bertahan di musim depan. Namun, saat ini, situasinya tidak tampak menjanjikan. Herrera sudah dengan jelas menolak untuk berkomitmen bertahan di klub, dan bahkan menyatakan keinginannya untuk menerima tawaran dari klub lain.

Maka, masuk akal rasanya jika United harus segera memikirkan kemungkinan terburuk dengan mencari pemain yang satu tipe untuk menggantikan posisi Herrera daripada harus berupaya kembali mempertahankannya. Karena percuma saja. Kemungkinan besar untuk mempertahankan pemain sepertinya akan berakhir dengan sia-sia.

Namun, jika Herrera akan pergi di musim panas, siapa yang berpotensi bisa United targetkan untuk menggantikan gelandang berusia 29 tahun itu? Sebelum mengidentifikasi siapa yang cocok, akan lebih penting untuk menentukan dengan tepat sepeti apa sebenarnya permainan Ander Herrera.

Tipikal permainan lini tengahnya yang berdasarkan 90 menit bermain di klub musim ini, terbukti paling dominan pada aspek intersep, pass counter attack dan bertahan. Herrera bukan hanya sekedar pion yang ditugaskan sebagai pemain perebut bola, tetapi ia juga lumayan mampu dalam berkontribusi untuk membangun pola serangan balik.

Eks pemain Atletico Bilbao itu menawarkan sedikit keunggulan dalam menggiring bola, mencetak gol, atau menciptakan peluang seperti yang sudah ia lakukan di musim ini. Jadi, ini mungkin bisa dianggap sebagai aspek yang harus United pertimbangkan dalam mencari target pemain pengganti Herrera.

Maka dengan aspek-aspek yang sudah dipaparkan tersebut, berikut adalah tiga opsi pemain yang bisa United pertimbangkan untuk direkrut sebagai pengisi tempat Ander Herrera di musim depan.

Idrissa Gueye (Everton)

Yang pertama adalah pemain milik Everton, Idrissa Gueye. Pemain tengah ini mungkin menjadi salah satu alasan terbesar mengapa United harus merekrutnya, karena mengingat, dalam beberapa bulan terakhir nama pemain ini sudah dikaitkan dengan mereka.

Gueye menawarkan profil yang serupa dengan Herrera, sehingga bentuknya lumayan sebanding, meskipun masih ada beberapa sedikit perbedaan diantara mereka. Mengenai Gueye, ia tampaknya lebih cenderung bertipikal menggiring bola, yang melebihi kemampuan Herrera. Namun, pria asal Amerika itu kerap enggan untuk terlibat beradu satu lawan satu dengan lawan cara seperti yang biasanya Herrera lakukan.

Herrera, dalam perbandingan dengan Gueye, tampaknya lebih jauh menampilkan aspek ofensif. Ini mungkin juga dipengaruhi oleh perbedaan kualitas antara United dan Everton, yang pada dasarnya memiliki skema permainan yang berbeda. Tapi jika mempertimbangkan semua aspek, United dapat mempertimbangkan Gueye sebagai pilihan pemain pengganti Herrera yang akan masuk akal.

Thomas Partey (Atletico Madrid)

Pemain lainnya yang juga secara menarik sudah dikaitkan oleh media adalah pemain tengah Atletico Madrid, Thomas Partey. Sekali lagi, pemain ini dapat dianggap sebagai tipe yang sangat mirip dengan Ander Herrera jika dilihat berdasarkan karakteristiknya.

Berdasarkan kesamaan bentuk, kedua pemain ini menawarkan kontribusi yang sedikit mirip dalam aspek intersep. Tidak seperti Gueye, yang merupakan pemain bertipikal penggiring bola, Partey bisa dipakai sebagai gelandang multi-defensif. Ini karena permainannya yang lebih lengkap, dan ia tampaknya lebih bisa mengkombinasikan aspek drible dengan intersep, guna membawa permainan sedikit lebih variatif.

Perbedaan antara Partey dan Gueye sebagian besar terletak pada usia, karena Gueye sudah berusia 29 tahun, usia yang sama dengan Herrera. Sedangkan Partey, ia baru berusia 25 tahun, usia yang notabene adalah usia puncak dari karier seorang pesepakbola.

Tanguy Ndombele (Lyon)

Ada opsi terbaik jika United ingin bermain dengan skema yang berbeda seperti memainkan pola kombinasi antara duel satu lawan satu, umpan dekat dan umpan jauh, maka kedua aspek ini ada pada Tanguy Ndombele. Gelandang Lyon itu adalah pemain lain yang juga sudah berada dalam radar United, dan kemungkinan besar pemain ini lebih mudah direkrut karena ia masih berusia lebih muda dari Gueye dan Partey.

Selain itu, Ndombele adalah tipe gelandang yang jauh lebih berbeda dari Gueye dan Partey. Dengan kontribusinya yang lebih variatif, membuat dirinya lumayan sebanding dengan Herrera, meskipun Tanguy kurang begitu bisa melakukan intersep.

Merekrut Ndombele bisa memberi sinyal baik bagi gaya menyerang yang apik di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Pemain sepertinya, selain bisa lebih menawarkan kekuatan di lini tengah, ia juga dapat menjadi tumpu pola serangan United, terutama ketika mereka sedang menguasai bola.

***

Dengan ketiga opsi tersebut, secara keseluruhan, Manchester United memang masih harus melihat mana pemain yang pas untuk menggantikan kekosongan yang mungkin ditinggalkan Ander Herrera. Meskipun pada akhirnya mereka merekrut pemain yang keluar dari ketiga opsi tadi, itu berarti ada agenda rencana yang dibuat untuk melakukan perombakan besar-besaran pada lini tengah United.

Yang jelas, rencana mencari pemain pengganti untuk Herrera adalah aspek penting bagi pasukan Setan Merah. Apalagi, dengan melihat ambisi mereka yang begitu besar untuk musim depan, sangat logis rasanya jika United harus menggunakan upaya maksimal mereka guna memperkuat apa yang sudah menjadi kekurangan mereka di musim ini.

 

Sumber: @DistanceCovered, Manchester Evening News

Comments

Loading...