OUR NETWORK

Setelah Wan-Bissaka, Selanjutnya Siapa Lagi Manchester United?

Di tengah gempuran untuk menjatuhkan resim keluarga Glazer, Manchester United mendapatkan kabar yang “sedikit” memberikan angin segar. Pada Rabu (26/6) kemarin, mereka dikabarkan telah sepakat untuk merekrut bek kanan Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka (AWB). Ia bahkan sudah terlihat di Hotel Lowry dan dijadwalkan akan tes medis pada Kamis pagi ini sebelum diresmikan pada Kamis malam.

Meski begitu, belum jelas berapa harga yang harus ditebus United untuk menggaet penggawa yang baru saja menjalankan kiprahnya pada ajang Euro U-21 tersebut. Ada yang mengatakan Aaron ditebus dengan 50 juta paun (45 juta tunai + 5 juta bonus performa), namun ada juga yang menyebut kalau United menebusnya sesuai dengan permintaan kubu Palace yaitu di kisaran 60-65 juta paun.

Di United, AWB akan mendapat gaji 80 ribu paun (1,4 miliar rupiah). Melonjak delapan kali lipat dari yang ia dapat di Crystal Palace (179 juta rupiah). Meski begitu, gaji AWB masih jauh dibawah bintang United lainnya.

Kedatangan Wan-Bissaka membuat namanya kini menjadi bek termahal milik Manchester United. Sebelumnya, status ini dipegang oleh Victor Lindelof yang direkrut pada musim panas 2017 lalu. Secara keseluruhan, pemain yang menggusur posisi Timothy Fosu-Mensah pada 2018 ini akan menjadi pemain termahal kelima sepanjang sejarah klub setelah Pogba, Lukaku, Di Maria, dan Fred.

Kesuksesan United mengamankan tanda tangan pemain kelahiran Croydon ini sudah pasti membuat para penggemar United sumringah. Pada akhirnya, sektor bek kanan akan diisi dua pemain yang memang murni sebagai bek kanan yaitu Diogo Dalot dan Wan Bissaka. Sebelumnya, Setan Merah kerap mengandalkan Antonio Valencia dan Ashley Young yang sebenarnya bukan seorang bek sayap meski memiliki Rafael dan Matteo Darmian.

Penampilan apiknya musim lalu membuat United kepincut dengan Wan-Bissaka. Ia menjadi pemain dengan catatan tekel sukses terbanyak musim lalu. Kemampuan defensifnya yang solid membuat United tidak bisa mencetak gol saat keduanya bertemu di Old Trafford musim lalu. Pada akhir musim, ia dianugerahi gelar pemain terbaik klub dan pemain muda terbaik klub.

Siapa Target Selanjutnya?

Dibanding dengan tim-tim top six lainnya, United sudah lebih dulu mencuri start dalam memburu pemain-pemain incarannya. Sebelum AWB, Setan Merah sudah meresmikan Daniel James dari Swansea City. Meski Ole Gunnar Solskjaer menginginkan skuadnya sudah lengkap (termasuk pemain baru) pada 1 Juli nanti, namun pedal gas United nampaknya belum mau berhenti dalam memburu pemain.

Manchester Evening News melansir kalau United bisa mendapatkan tujuh pemain lagi pada musim ini. Jika dikurangi Wan-Bissaka, maka ada enam target lain yang bisa didapat United di sisa bursa transfer pada musim ini. Mereka adalah Declan Rice (West Ham United), Paulo Dybala (Juventus), Idrissa Gueye (Everton), Issa Diop (West Ham United), James Maddison (Leicester City), dan Moussa Dembele (Olympique Lyon).

Meski begitu, target berikutnya dari United hadir di luar enam nama itu. Tiga yang menjadi calon kuat adalah Bruno Fernandes, Harry Maguire, dan Sean Longstaff. Salah satunya nampak akan menjadi rekrutan klub ketiga.

Beberapa waktu lalu, beredar foto Bruno yang sedang melakukan perjalanan bersama keluarga kecilnya. Ada yang menyebut kalau Bruno akan ke Manchester untuk melakukan pembicaraan dengan pihak United. Meski begitu, salah satu pilot mengatakan kalau ia akan ke Liverpool. Bruno sendiri nyatanya berada di pesawat bukan untuk ke Manchester atau ke Liverpool, melainkan untuk liburan.

Hengkangnya Rafael Benitez dari Newcastle United membuka kesempatan bagi United untuk mendapatkan Sean Longstaff. Peluang mereka mendapatkan titisan Carrick ini begitu besar karena Longstaff sendir baru bersinar pada musim lalu bersama Benitez. Hengkangnya Rafa sudah pasti membuat masa depannya di Sports Direct Arena menjadi abu-abu karena belum tentu tenaganya akan dipakai oleh manajer baru.

Kelemahan di sektor belakang pada musim lalu membuat United bergerak cepat untuk mencari bek tengah. Harry Maguire diintai sebagai calon kuat pasangan dari Victor Lindelof. Meski begitu, pesaing United adalah Manchester City yang menginginkan Maguire sebagai pengganti Vincent Kompany. Kedua klub tersebut sama-sama terkendala dengan harga yang dibebankan kubu Si Rubah dan hanya mau mengeluarkan uang tidak lebih dari 65 juta paun.

Selain tiga target di atas, muncul satu nama lagi yang menjadi incaran utama United. Dia adalah Wissam Ben Yedder. Striker yang memupus ambisi United pada Liga Champions dua musim lalu diproyeksikan sebagai pengganti Romelu Lukaku yang diinginkan Inter Milan. Namun perekrutan Ben Yedder nampaknya tidak akan terealisasi karena Lukaku hanya akan dilepas ke Inter jika La Beneamata mau mengeluarkan uang tunai. Sesuatu yang membuat Inter berada pada posisi yang terjepit.

Comments

Loading...