OUR NETWORK

Roy Hodgson: Setiap Pemain Memiliki Harga Jual

Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson, mengungkapkan bahwa setiap pemain sepakbola memiliki harga jualnya masing-masing dan tidak selalu mudah untuk menebus harga tersebut. Ungkapan Hodgson ini dipicu karena banyak munculnya minat serius dari klub-klub Premier League dalam merekrut bintang-bintang anak asuhnya seperti Wilfred Zaha dan Aaron Wan-Bissaka.

Yang terakhir sempat dikaitkan adalah kepindahan bek kanan Crystal Palace Wan-Bissaka ke Manchester United. Ya, United sedang berusaha untuk menyelesaikan masalah mereka guna memenuhi posisi bek kanan. Hal ini ditambah dengan Antonio Valencia yang diperkirakan akan pergi ketika kontraknya berakhir pada musim panas ini. Sementara itu, bek kanan United lainnya seperti Matteo Darmian, pun telah berencana pindah untuk kembali ke Italia.

Di sisi lain, selama musim ini, sebenarnya United telah memanfaatkan kemampuan Ashley Young yang dengan mudah dapat beradaptasi untuk menempatkannya di posisi bek kanan. Namun, belakangan ini kemampuannya jauh dari kata baik, dan bahkan pada pertandingan terakhirnya melawan Wolves, ia harus dikeluarkan oleh wasit akibat menerima dua kartu kuning.

Oleh karenanya, United sedang gencar mencari pengisi baru posisi bek kanan mereka, dan mengalihkan fokus perhatiannya kepada bek sayap didikan Hodgson yaitu Aaron Wan-Bissaka. Dengan skilnya, Wan-Bissaka sendiri dikatakan telah ditargetkan untuk memberikan gebrakan baru di tim utama Setan Merah, dan juga diplot sebagai kompetitor Diogo Dalot untuk posisi bek kanan mulai musim depan.

Dikutip dari FourFourTwo, Roy Hodgson lalu menyikapi ketertarikan United tersebut dengan mengatakan bahwa pemainnya itu masih memiliki keterikatan kontrak jangka panjang dengan Crystal Palace. Menurutnya, untuk mendapatkan pemain asuhannya ini tidak akan semudah yang diperkirakan, karena setiap pemain memiliki harga jualnya masing-masing.

“Terdapat banyak klub peminat yang secara teratur dikaitkan dengan kepindahan para pemain saya. Banyak pula media di musim ini yang bilang bahwa Wilf dan Aaron telah dikaitkan dengan klub lain. Saya harus mengatakan bahwa seseorang yang masih memiliki kontrak lima tahun (Zaha) atau yang masih memiliki kontrak empat tahun (Wan-Bissaka) sangat terikat dengan klub ini,“ tutur Roy Hodgson.

“Klub ini tentu saja tidak akan mengiklankan mereka atau mempromosikan mereka sebagai pemain yang dapat dijual. Karena mereka adalah pemain vital di klub ini. Setiap pemain juga punya harga jualnya masing-masing. Jadi, saya rasa sulit bagi mereka yang memiliki minat untuk bisa mendapatkan servis para pemain seperti itu.“

Selain itu, Roy Hodgson juga mengklain bahwa Crystal Palace memiliki ambisi untuk mempertahankan para pemainnya. Maka, hal ini mungkin akan menjadi halangan bagi para klub peminat, termasuk Manchester United, dalam merekrut si pemain di musim panas nanti. Namun kendati begitu, Hodgson masih realistis dan menilai jika ada tawaran yang pas, tidak menuntut kemungkinan pula pemain bintangnya bisa dilepas.

“Klub ini akan berambisi untuk mempertahankan para pemain bintangnya. Meskipun, klub juga harus tetap realistis dan melihat apa yang akan terjadi. Jika tawaran yang masuk sesuai dan pas, maka tidak menuntut kemungkinan klub akan melepas pemain bintangnya. Ketika saya mendengar Manuel Pellegrini membahas Declan Rice, dia bilang; setiap pemain itu berharga,“ jelas eks pelatih timnas Inggris tersebut.

“Yang jelas, meski faktanya mereka itu memiliki kontrak jangka panjang, ini tidak berarti klub akan mengatakan kaki mereka akan tetap beradadi Selhurst Park. Klub ini hanya tidak tertarik untuk menjual salah satu dari pemain bintangnya, namun bukan menutup semua kemungkinan yang akan terjadi.“

“Tujuan klub ini, dan niat saya, adalah bahwa kami akan memulai musim depan dengan para pemain bintang di tim. Dan jika tidak, kami harus berharap bahwa tawaran yang akan datang kepada kami harus sesuai dan memiliki jumlah yang pas dengan harga sang pemain. Sehingga, klub ini akan merasa mereka layak untuk melepas si pemain.”

Terlepas dari kata-kata Hodgson itu, sebenarnya ada satu fakta bahwa, meski Aaron Wan-Bissaka adalah pemain yang penting untuk Crystal Palace, namun ia bukanlah pemain bintang di Premier League. Maka, setiap klub peminat, termasuk United, hanya butuh sedikit saja pemicu yang bisa membuat Palace melepasnya di musim panas nanti. Paling tidak, pemain sepertinya hanya akan menelan biaya jauh lebih sedikit dari para pemain bintang lain di posisinya.

Seperti Joshua Kimmich dari Bayern atau Joao Cancelo dari Juventus misalnya, yang juga sempat sama-sama dikaitkan dengan Setan Merah. Mereka semua bisa saja menjadi opsi untuk direkrut di musim panas nanti, namun kemungkinan tawaran untuk keduanya akan terlalu mahal. Jadi, rencana pererkutan pemain seperti Wan-Bissaka bisa menjadi opsi terbaik di bursa transfer musim panas nanti.

 

Sumber: The Peoples Person, FourFourTwo

Comments