OUR NETWORK

Real Madrid Butuh Dana Segar, Peluang Toni Kroos ke MU Makin Besar?

Sudah sejak lama Manchester United diketahui berminat untuk mendatangkan gelandang Toni Kroos ke Old Trafford. Bahkan, saat sang pemain masih membela klub masa kecilnya di Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen, periode 2007-2014, manajemen tim Setan Merah sudah tertarik pada kualitasnya.

Menjelang awal musim 2014/2015, setelah manajer Louis van Gaal asal Belanda ditunjuk sebagai pelatih anyar menggantikan David Moyes, United pun mulai melakukan upaya untuk mewujudkan transfer Kroos itu. Pihak klub sudah mengambil ancang-ancang dengan menyiapkan sejumlah dana.

Apalagi, beberapa bulan sebelumnya Kroos sendiri juga sempat menyatakan ingin bergabung dengan United, bahkan meski The Red Devils tak lolos ke Liga Champions saat itu.

“Sejauh ini saya memang belum mengambil keputusan. Tapi sudah bukan rahasia lagi bahwa Premier League Inggris menjadi salah satu pilihan bagi saya,” ungkap Kroos ketika itu, pada Maret 2014, seperti dilansir oleh BBC.

Kemudian, The Mirror pun mengklaim bahwa Kroos sudah memberi tahun rekannya di Muenchen soal keinginannya untuk hijrah ke Old Trafford, dengan biaya transfer tak kurang dari 40 juta paun.

Sayangnya, ketika bursa transfer musim panas 2014 dibuka, dia malah memilih menerima tawaran dari raksasa La Liga Spanyol Real Madrid. Kroos bergabung pada Juli 2014 dengan biaya hanya 22,5 juta paun. Sejak itu, pemain berusia 28 tahun tersebut menjelma jadi bintang lini tengah Madrid, meski dimainkan pada posisi yang sedikit agak bertahan.

Kroos pun ikut membantu klub berjuluk Los Merengues tersebut memenangkan dua trofi juara Liga Champions dua musim beruntun, termasuk musim 2016/2017 lalu; setelah sebelumnya dia pernah pula meraihnya sekali bersama Muechen.

Meski kini Kroos jadi penggawa Madrid, namun ternyata  United tidak pernah berhenti berharap untuk mendapatkan tanda tangannya. Buktinya, pada November 2017, manajer tim Setan Merah saat ini, Jose Mourinho mengumumkan bahwa nama gelandang kelahiran Greifswald, Jerman, 4 Januari 1990 itu masuk dalam daftar transfernya di musim dingin 2018, seperti dilansir Sky Sports.

Kroos dinilai sebagai kandidat favorit pelatih asal Portugal itu untuk memperkuat lini tengah timnya, mengingat Michael Carrick yang sudah tua dan Marouane Fellaini yang makin nyata untuk hengkang.

Namun, Mourinho memang menyadari sulitnya untuk bisa membawa sang pemain ke Old Trafford. Untungnya, di awal Januari 2018 ini muncul angin segar yang membuat peluang United untuk bisa merekrut Kroos mulai terbuka lebar.

Pasalnya, surat kabar Spanyol Don Balon baru saja mengklaim bahwa Presiden Madrid Florentino Perez siap untuk melepas Kroos demi mewujudkan impiannya untuk meminang bintang Paris Saint-Germain Neymar dari Ligue 1 Prancis. Madrid pun juga disebut bersedia menjualnya ke The Red Devils demi mendapatkan dana segar untuk mendaratkan Neymar.

Hasil penjualan Kroos sendiri ditaksir bisa mencapai angka 90 juta paun; dalam kata lain Madrid akan meminta United untuk menebus pemainnya itu dengan nilai tersebut. Sementara menurut laman Transfermarkt, banderolnya diperkirakan hanya sekitar 72 juta paun.

Peluang kepindahan Kroos ke kota Manchester semakin besar, mengingat Madrid yang memiliki sejumlah gelandang mumpuni. Sebut saja, mulai dari Luka Modric, Carlos Casemiro, Alarcon Isco, Marco Asensio, Mateo Kovacic, Marcos Llorente, hingga Dani Cabellos, yang membuat posisinya di starting line-up mulai terganggu.

Makanya, jika memang Madrid benar-benar sudah siap melepas Kroos, sepertinya pemain bernomor punggung ‘8’ itu akan segera mempertimbangkan untuk meninggalkan Santiago Bernabeu, markas klub tersebut. Sementara United memiliki peluang besar untuk mendapatkannya, karena hingga saat ini tim Setan Merah tercatat sebagai satu-satunya peminat sang bintang.

Namun, meskipun begitu, United tentu saja tetap harus berhati-hati dengan kemungkinan akan disalip oleh klub-klub lainnya dalam upaya perburuan tanda tangan Kroos selama dibukanya bursa transfer musim dingin 2018 ini.

Setidaknya, pada bursa transfer musim panas 2017 lalu, ada tiga klub raksasa yang sempat disebut pula berminat untuk merekrut Kroos. Salah satunya adalah klub rival sekota United, Manchester City yang saat ini dibesut oleh Pep Guardiola, mantan pelatih Kroos saat masih di Muenchen.

Pada Juni 2017 lalu, Don Balon mengklaim manajer asal Spanyol itu ingin reuni dengan mantan anak asuhnya tersebut. Kemudian, Sportmediaset juga pernah melaporkan pada Juli 2017 lalu, bahwa duo raksasa Serie A Italia, Juventus dan Inter Milan pun ikut mengantre untuk mengajukan tawaran pada Kroos.

Comments

Loading...