OUR NETWORK

Pulang Kampung adalah Opsi Terbaik Matteo Darmian dan Daley Blind

Hingga tulisan ini dibuat, Manchester United sudah mendatangkan tiga pemain anyar yaitu Fred, Diogo Dalot, dan Lee Grant. Akan tetapi, Jose Mourinho nampak masih terus bergerak mencari pemain yang tepat mengingat musim depan akan menjadi pertaruhan bagi karier Jose bersama United.

Ada tugas lain sebenarnya yang harus dilakukan Mourinho serta manajemen United untuk mempersiapkan diri jelang musim depan. Yang paling krusial tentu menjual beberapa pemain yang dianggap sudah tidak layak lagi berada dalam skuatnya.

Sejauh ini, baru Sam Johnstone pemain utama United yang memutuskan untuk pindah. Sementara itu, pemain yang dirumorkan akan hengkang semisal Marouane Fellaini, Luke Shaw, hingga Andreas Pereira justru memilih bertahan dan bersaing dengan pemain lain.

Baca juga: Sam Johnstone yang Akhirnya Lelah Menunggu

Meski begitu ada beberapa pemain United yang kemungkinan besar akan dijual pada bursa transfer musim panas ini. Salah dua dari pemain tersebut adalah Daley Blind dan Matteo Darmian. Keduanya punya jalan karier yang terbilang senasib. Selain dua negara mereka gagal lolos ke Piala Dunia, mereka sama-sama terpinggirkan dari skuad utama.

Matteo Darmian, di Antara Inter, Juventus, dan Napoli

Musim 2015/2016 sepertinya menjadi satu-satunya musim terbaik bagi seorang Matteo Darmian. Setelah mendapat gelar pemain terbaik United di bulan Agustus, penampilannya semakin merosot dan mulai tidak dipercaya oleh Jose Mourinho. Musim lalu, ia hanya tampil 17 kali dan hanya delapan pertandingan Premier League saja yang ia mainkan.

Kontrak Darmian sebenarnya masih tersisa satu tahun. Akan tetapi, demi satu tempat di tim nasional, ia nampaknya akan hijrah. Serie A disebut-sebut akan menjadi persinggahan Darmian. Ada tiga klub yang dikabarkan tertarik dengan mantan pemain Torino ini. Juventus, Inter Milan, dan Napoli disebut-sebut akan menjadi pelabuhan baru bagi pemain yang bisa bermain di posisi bek kanan maupun kiri.

Meski begitu proses kepindahan Darmian terbilang rumit. United hanya ingin mendengarkan tawaran yang mereka anggap sesuai yaitu berkisar 20 juta Euro. Di sisi lain, La Vecchia Signora sendiri sebenarnya telah resmi mendatangkan pemain yang berposisi sama dengan Darmian yaitu Joao Cancelo dari Valencia.

Juventus disebut-sebut akan tetap mendatangkan Darmian meski sudah memiliki Cancelo. Dilansir dari beberapa sumber, United akan menjadikan Darmian sebagai bagian dari proses transfer untuk salah satu diantara Alex Sandro atau Mario Mandzukic. Nama pertama disebut-sebut akan menjadi buruan utama United. Juve sendiri membanderol Sandro di kisaran 60 juta paun. United dikabarkan akan memberikan uang tunai 40 juta paun plus Darmian.

Rival Italia Juventus yaitu Inter Milan dikabarkan siap menyalip pesaingnya tersebut untuk mendapatkan Darmian. Jebolan akademi Milan ini akan diproyeksikan sebagai pengganti Cancelo yang musim lalu menjadi pemain pinjaman di kubu La Beneamata.

“Bisa saja saya ke Juventus, Inter Milan, atau Napoli. Namun bukan saya yang menjelaskannya sekarang. Yang paling penting, saya hanya akan pindah ke klub yang siap memberikan yang terbaik untuk saya. Saya selalu membuka pintu untuk klub lain yang ingin menawar saya,” tuturnya kepada Gazzetta Dello Sport.

Blind Berpeluang Kembali ke Ajax

Jika Darmian akan pulang kampung ke Italia maka Daley Blind kemungkinan besar akan kembali ke kampung sekaligus klub yang membesarkan namanya, Ajax Amsterdam. Sama seperti Darmian, kontrak Blind juga masih tersisa satu musim di kota Manchester.

Ajax sendiri sedang jor-joran di bursa transfer. Mereka berani menjual salah satu pemain terbaik mereka musim lalu yaitu Justin Kluivert ke AS Roma demi mendatangkan Hassane Bande, Zakaria Labyad, dan rekrutan termahal mereka sejauh ini yaitu Dusan Tadic. Nama Blind disebut-sebut menjadi nama keempat yang akan didatangkan oleh skuad yang diasuh Erik ten Hag tersebut.

“Saya tidak bisa mengatakan banyak tentang masa depan saya, tapi semua orang pasti sudah tahu apa yang saya pikirkan tentang Ajax,” tutur Blind seperti dilansir dari De Telegraaf. Ajax sendiri sebenarnya diberikan jalan yang cukup mudah mengingat harga pasaran Blind saat ini hanya berada di kisaran 4,7 juta paun saja.

Sejak kedatangan Jose Mourinho, sosok Blind memang perlahan mulai terpinggirkan. Meski dibekali kemampuan sebagai ball playing defender, namun Blind acapkali kesulitan mengawal lini pertahanan United ketika menghadapi kesebelasan yang mengandalkan kecepatan.

Posisi yang bisa dimainkan Blind pun sudah diisi pemain-pemain lain. Di sisi kiri, ia kesulitan bersaing dengan Ashley Young, Luke Shaw, dan Diogo Dalot. Untuk posisi bek tengah, Blind adalah pilihan paling akhir setelah Smalling, Jones, Bailly, Lindelof, dan Rojo. Sementara Matic, Herrera, Fred, serta Scott McTominay adalah pesaing Blind di sektor tengah. Pindah, menjadi opsi yang paling realistis untuk anak dari Danny Blind tersebut.

Comments