OUR NETWORK

Pemain Manchester United yang Bisa Pergi dengan Gratis

Perpanjangan kontrak sejumlah pemain Manchester United bisa dibilang jadi salah satu momok bagi manajemen klub dalam beberapa musim ini. Ada beberapa pemain yang harus menjalani negosiasi panjang terlebih dahulu, hingga akhirnya bersedia melanjutkan pengabdiannya di Old Traffod. Tapi, ada pula yang gagal dipertahankan, seperti Ander Herrera yang melenggang pergi pada musim panas ini tanpa sepeser pun biaya transfer yang diterima tim Setan Merah. Persoalan gaji menjadi penyebab utama, dan banyak klub rival yang kemudian memanfaatkan kondisi ini.

Juara bertahan Serie A Italia, Juventus, dikenal sebagai salah satu klub kaya yang sering berhasil merekrut pemain bintang secara gratis dengan memanfaatkan kondisi tersebut di beberapa klub. Pada musim panas 2019 ini saja, mereka sukses mendaratkan tiga pemain papan atas tanpa harus keluar uang. Mulai dari Aaron Ramsey dari Arsenal, hingga Adrien Rabiot dan Gianluigi Buffon dari Paris Saint-Germain.

Kini, Juventus dikabarkan sudah punya pula daftar pemain dengan kontrak bermasalah yang siap untuk mereka ‘bajak’ pada bursa transfer musim panas 2020 mendatang. Rumor menyebut ada beberapa pemain United yang jadi target ‘bajakan’ klub berjuluk La Vecchia Signora itu.

Dua di antaranya, kabarnya adalah Nemanja Matic dan Eric Bailly, seperti dilansir oleh Soccerladuma. Nama pertama, bergabung dengan The Red Devils pada musim panas 2017 atas permintaan manajer saat itu, Jose Mourinho. Dia sempat jadi andalan lapangan tengah, namun posisinya mulai tergantikan sejak kedatangan manajer Ole Gunnar Solskjaer pada pertengahan Desember 2018. Musim ini, Matic benar-benar kalah bersaing dengan para gelandang muda.

Jika harus melepasnya, United tentu tak mau rugi. Setidaknya, perginya Matic bisa mengembalikan separuh dari 31,5 juta paun yang dihabiskan ketika meminangnya dari Chelsea. Apalagi, skill sang gelandang sebenarnya belum benar-benar habis, karena usianya masih 31 tahun dan nilai jualnya pun masih mencapai 40,23 paun menurut Transfermarkt. Namun, dengan kondisi saat ini di mana dia lebih banyak duduk di bench, Matic sepertinya akan memanfaatkan untuk menolak tawaran perpanjangan kontrak agar bisa pergi dengan mudah saat kontraknya berakhir pada 30 Juni 2020.

Kondisi Bailly juga tak jauh berbeda. Awalnya dia menjadi palang pintu tangguh sejak didatangkan pada musim panas 2016. Namun, cedera ankle yang dialaminya pada pertengahan musim lalu mulai membuat posisinya tergeser, apalagi pemegang tampuk kepelatihan tim berganti.

Jelang awal musim ini, bek internasional Pantai Gading itu pun kembali harus menepi hingga lima bulan karena cedera lutut. Kondisinya semakin pelik setelah Harry Maguire datang, dan kini memimpin lini belakang United. Bisa dipastikan Bailly akan semakin terpinggirkan, meski nanti sudah pulih.

Dengan pertimbangan itu, besar kemungkinan sang bek akan berusaha mengulur-ulur waktu demi mendapat kesempatan baru. Kontraknya pun juga akan berakhir pada 30 Juni 2020, dan hingga kini sama sekali belum kata sepakat terkait perpanjangan kontrak.

Jika pada akhirnya Bailly pergi dengan status free transfer, ini tentu kerugian besar bagi tim Setan Merah. Pertamanya, usianya masih sangat muda, sehingga jelas masih ada banyak klub yang tertarik padanya. Kedua, nilai jualnya saat ini 34,2 juta paun versi Transfermarkt, hampir lima kali lipat dari harga belinya dulu.

Satu pemain lagi, disebut-sebut nama David De Gea. Juventus diketahui ingin mencari pengganti sepadan dengan Buffon yang akan segera pensiun, dan mereka masih belum puas pada Wojciech Szczesny. Kiper andalan United lalu menjadi target utama klub asal Kota Turin Italia itu, seiring dengan kondisi kontraknya yang sempat akan berakhir pada 30 Juni 2020. Ada pula rumor yang menyebut bahwa akan adarencana pertukaran kiper dari tiga klub, yakni De Gea ke Juventus, dan Szczesny ke Atletico Madrid, menggantikan Jan Oblak yang diminati United, dilansir Calciomercato.

Untung United akhirnya bisa mengamankan De Gea usai menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi empat tahun hingga 30 Juni 2023. Tapi, manajemen The Red Devils tentu belum benar-benar bisa bernapas lega, sebelum memastikan masa depan Matic dan Bailly jika tak ingin merugi.

Sedang tiga pemain lain dengan kontrak yang juga akan kadaluarsa musim ini, yakni Lee Grant dan Ashley Young sepertinya akan dilepas secara gratis karena usianya sudah tidak lagi muda, serta bek muda Timothy Fosu-Mensah yang tak akan sulit untuk menegosiasikan kontrak baru. Namun, musim depan ada lagi enam pemain dengan kontrak yang akan expired, termasuk Paul Pogba.

Comments

Loading...