OUR NETWORK

Peluang Raphael Varane ke Manchester United

Manchester United sepertinya masih berharap dan terus berupaya untuk mendatangkan bek muda Real Madrid, Raphael Varane. Seperti diketahui, pemain berkebangsaan Prancis itu merupakan salah satu anak kesayangkan manajer Jose Mourinho ketika membesut klub raksasa Spanyol tersebut pada periode 2010-2013 silam.

Manajer asal Portugal itu pula yang menemukan talenta besar Varane, dan kemudian merekrutnya dari klub kecil Ligue 1 Prancis Lens di musim panas 2011. Bakat besar yang dimilikinya berhasil membuat Mourinho terpikat, meski dirinya masih berusia 18 tahun ketika itu.

Kini, terkait dengan rumor ketertarikan United padanya, Varane pun ikut angkat suara. Baru-baru ini, dia mengakui bahwa dirinya mendapatkan kontak dari tim Setan Merah. Namun, memang bukan Mourinho langsung yang menghubunginya. Varane sendiri menyebut pihak manajemen United yang mencoba membuka komunikasi dengannya untuk membujuk dirinya supaya bersedia bergabung ke Old Trafford.

“Tidak, tidak langsung. Ada komunikasi, tapi tidak langsung [oleh Mourinho],” ungkap Varane kepada sejumlah jurnalis, seperti yang dilansir oleh Goal Internasional pada awal Juli 2018.

Namun, pemain kelahiran Lille, Prancis, 25 April 1993 itu tidak menceritakan isi percakapan mereka. Varane juga tidak menjelaskan jawaban yang diberikannya kepada manajemen United. Selain itu, dia juga tidak membahas mengapa bukan Mourinho yang menghubunginya langsung, padahal pelatih tersebut dikenal memiliki hubungan yang baik dengannya selama ini.

Sementara itu, Varane malah mengomentari soal bomber United Romelu Lukaku. Dia tak segan-segan memberi pujian pada sang penyerang, seakan-akan menunjukkan keinginannya untuk bisa bermain bersama suatu saat nanti.

“Saya merasa lebih nyaman dengan para pemain cepat, karena saya selalu berusaha mengontrol kedalaman. Terkait kualitas saya, itulah yang saya lebih sukai. Lukaku misalnya, dia adalah penyerang terkuat di dunia. Kekuatannya murni. Anda harus bermain berbeda. Saya mencoba jadi bek yang lebih komplet untuk mengganggu striker mana pun,” ucap Varane mengomentari performa bomber jangkung berkebangsaan Belgia tersebut di kesempatan yang sama.

Dia sendiri bersama tim nasional Prancis akan menghadapi Belgia yang diperkuat Lukaku dalam babak semifinal Piala Dunia 2018 ini. Kembali soal ketertarikan United pada Varane, sebenarnya rumor ini sudah mulai terdengar sejak musim panas 2016, ketika Mourinho baru mendarat di Old Trafford sebagai pelatih anyar tim Setan Merah.

Memang bukan tanpa alasan jika pelatih berusia 55 tahun itu sangat menginginkan Varane. Seperti dilansir Daily Star, pemain bertinggi badan 1,91 meter itu punya keunggulan dari bek-bek lain, yakni kecepatan. Kelebihan itu tak hanya bisa membantunya untuk segera mundur ke belakang dan menghadang serangan lawan, tapi juga memungkinkannya membantu membangun serangan.

“Banyak yang membandingkannya dengan Fernando Hierro [mantan bek Madrid dan tim nasional Spanyol] karena tekniknya, tetapi pada tingkat fisik dia lebih kuat dan dia jauh lebih cepat,” ungkap eks bek tim nasional Prancis dan Chelsea Frank Leboeuf.

Namun sayangnya, Mourinho hanya berhasil merekrut Eric Bailly dari klub asal Spanyol lainnya, Villarreal, pada musim panas 2016 itu. Rumor terkait Varane lalu kembali berhembus pada musim panas 2017. Bahkan, Don Balon sempat melaporkan ada negosiasi alot antara United dan Madrid soal masa depan sang bek.

Sayang, proses itu pun terhenti, karena pihak klub pemilik yang berjuluk Los Merengues itu marah, akibat United berusaha menghalang-halangi upaya mereka yang juga sangat menginginkan kiper David De Gea.

Meski begitu, Varane sendiri sudah diketahui sepertinya membuka peluang untuk hijrah dari Santiago Bernabeu, markas Madrid, karena ada kemungkinan klubnya akan merekrut bek baru. Bahkan, dia disebut-sebut juga mempertimbangkan pindah ke United. Namun, hingga bursa transfer musim panas 2017 itu ditutup, transfer Varane tak pernah terwujud dan dia tetap bertahan.

Kemudian berlanjut hingga musim dingin 2018, lagi-lagi rumor tersebut pun muncul ke permukaan. Ketika itu, diberitakan bahwa United sudah tak sanggup lagi menahan kepergian De Gea ke Madrid. Jika transfer tersebut benar-benar terjadi, maka Mourinho akan meminta Varane yang bernomor punggung ‘5’ itu masuk dalam bagian kesepakatan.

Namun, kini sang kiper sudah menegaskan akan tetap bertahan di Theatre of Dreams, dan dia pun akan segera menandatangani kontrak baru. Lalu, bagaimana dengan Varane? Apakah United akan terus mengejarnya? Jika melihat pergerakan The Red Devils yang masih mencari bek anyar, bukan tak mungkin Varane masih dalam daftar incaran.

Comments

Loading...