OUR NETWORK

Para Pemain yang Harus Dijual Manchester United

Mayoritas penggemar Manchester United setuju kalau tim favorit mereka harus merombak ulang susunan pemainnya. Penambahan tiga pemain anyar musim panas kemarin tampak belum cukup. Hal ini terlihat dari performa tim yang justru mendekati zona degradasi alih-alih papan atas.

Berapa jumlah pemain yang dibutuhkan? Jawabannya sudah pasti beragam. Ryan Giggs menyebut United butuh lima pemain, namun ada juga yang mengatakan kalau tim ini butuh sampai delapan pemain. Berapa pun jumlahnya, namun yang jelas United juga harus menjual beberapa pemainnya lagi.

Beberapa waktu lalu, Manchester Evening News sempat melemparkan polling mengenai nama pemain yang harus dijual pada bursa transfer musim dingin dan musim panas 2020. Dari pemungutan suara tersebut, ada delapan pemain yang menurut para penggemar Setan Merah wajib dijual pada bursa transfer nanti.

  1. Andreas Pereira (37,9%)

Pemain yang diorbitkan Louis van Gaal ini menjadi pemegang suara tertinggi sebagai pemain yang harus dijual United. Memasuki musim penuh keduanya, Andreas belum menunjukkan dirinya layak menjadi pemain andalan di lini tengah United. Dimainkan sebagai gelandang serang maupun gelandang sayap, penampilannya sejauh ini belum bisa dikatakan istimewa. Bahkan kontribusinya sangat minim. Padahal, ia dikenal sebagai pemain penuh talenta yang bisa bermain di beberapa posisi lini tengah dan lini depan, serta baru saja diperpanjang kontraknya oleh United.

2. Juan Mata (34,9%)

Meski hadir sebagai salah satu pemain berpengalaman, namun Mata dianggap sudah habis dan tidak layak lagi untuk mengenakan seragam merah. Ia mulai kesulitan untuk mengimbangi level permainan Premier League. Dianggap sebagai salah satu pemain yang bisa meningkatkan kreativitas, peran Mata justru kerap tertutup di atas lapangan. Para penggemar United merasa kalau Mata kini lebih jago dalam merangkai kata-kata pada situs resmi pribadinya alih-alih penampilannya.

3. Jesse Lingard (27,6%)

Pemain ini bisa dibilang merupakan salah satu public enemy dari penggemar United sendiri selain Ashley Young dan Phil Jones. Kerap dimainkan sebagai pengganti Paul Pogba yang dimainkan lebih ke dalam, nyatanya kontribusi Lingard sejauh ini masih nihil di Premier League. Sudah mendekati setahun dari performa terbaiknya yang ia buat terakhir kali pada Desember 2018 lalu, Lingard kini lebih dikenal sebagai pemain yang hanya lari-lari saja di lapangan tanpa tujuan yang jelas.

4. Marcos Rojo (24,5%)

Munculnya nama pemain Argentina ini terbilang cukup mengejutkan. Berbeda dengan Young dan Lingard, Rojo begitu dicintai meski kontribusinya untuk klub kerap terhambat karena cedera. Musim ini, Rojo sudah membuktikan kapasitasnya setiap kali dimainkan di ajang non Premier League. Namun Ole nampaknya masih menyukai Shaw dan hanya menjadikan Rojo sebagai cadangannya. Si pemain sendiri sudah menyebut kalau dia ingin pindah pada  Januari jika jarang dimainkan hingga akhir tahun nanti.

5. Fred (19,3%)

Baru-baru ini, tersiar kabar kalau Jose Mourinho sebenarnya tidak menginginkan Fred untuk datang ke United. The Special One hanya mengiyakan saja niat manajemen yang ingin mengambilnya dari Shakhtar Donetsk karena ia khawatir kalau timnya tidak membeli satu pun pemain saat itu. Toh seiring perjalanannya, Fred belum memberikan kontribusi yang signifikan. Ia bahkan disebut lebih jago soal urusan cinta ketimbang di atas lapangan.

6. Ashley Young (18,5%)

Bukti kalau Young sudah tidak disukai penggemar United sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa musim lalu. Namun puncaknya adalah ketika pada pra-musim lalu ia disoraki penggemar United sendiri. Pekan lalu, sorakan serupa kembali muncul saat ia ingin naik bus tim selepas laga melawan Newcastle. Kita semua sudah paham mengapa Young patut dijual. Setiap kali dia bermain, para penggemar United hanya bisa memijat dahi sambil berkata: “kok bisa pemain ini diperpanjang kontrak? Dijadikan kapten pula!”

7. Nemanja Matic (11,8%)

Musim ini adalah musim terakhir pemain Serbia tersebut memperkuat United. Jika kontraknya tidak diperpanjang, maka per 1 Januari nanti ia sudah bisa negosiasi dengan klub lain. Sempat bermain apik pada musim pertamanya, Matic justru makin menunjukkan kurva yang menukik alih-alih menanjak.

8. Phil Jones (11,8%)

Ada beberapa penggemar yang merasa kalau Chris Smalling sebenarnya jauh lebih pantas dipertahankan ketimbang Phil Jones. Seburuk-buruknya Smalling, lebih buruk lagi Phil Jones yang gemar cedera dan kerap membuat blunder-blunder yang tidak perlu. Namun Solskjaer sendiri nampaknya lebih menyukai Jones ketimbang Smalling.

***

Selain nama-nama ini, MEN juga meminta suara dari para penggemarnya untuk menentukan siapa pemain yang layak untuk dipertahankan Solskjaer. Yang menarik, posisi enam teratas diisi oleh tiga pemain baru dan tiga pemain akademi yaitu Axel Tuanzebe, Scott McTominay, dan Mason Greenwood.

Selain itu, nama Brandon Williams dan James Garner justru masuk dalam daftar 10 teratas sebagai pemain yang wajib dipertahankan. Mereka mengalahkan Marcus Rashford, David de Gea, dan Paul Pogba. Tidak hanya itu, banyak penggemar United yang juga merasa kalau klub sebaiknya mempertahankan Sergio Romero alih-alih David de Gea.

Pemain Yang Wajib Dipertahankan

Pemain

Suara

Daniel James 97,9%
Aaron Wan-Bissaka 97,8%
Mason Greenwood 97,7%
Axel Tuanzebe 96,2%
Scott McTominay 95,4%
Harry Maguire 94,8%
Angel Gomes 92,4%
James Garner 92,2%
Anthony Martial 92%
Brandon Williams 90,3%
Victor Lindelof 88,2%
Marcus Rashford 86,4%
Sergio Romero 85,3%
Diogo Dalot 83,5%
Tahith Chong 80,6%
David de Gea 80,6%
Paul Pogba 64%

Comments

Loading...