OUR NETWORK

Martial Sebagai Opsi Perekrutan Ousmane Dembele dari Barcelona

Manchester United sepertinya sangat berhasrat untuk mendapatkan winger muda Barcelona asal Prancis, Ousmane Dembele. Tim Setan Merah siap melakukan apapun demi mewujudkan transfer pemain yang masih berusia 21 tahun tersebut. Seperti kabar terbaru yang diklaim oleh Daily Star, pelatih Jose Mourinho akan menggunakan Anthony Martial untuk memuluskan niatnya merekrut Dembele pada bursa transfer musim panas 2018. Apalagi, bak gayung bersambut, Barcelona pun sebelumnya diketahui juga tertarik pada bakat yang dimiliki penyerang yang masih 22 tahun itu.

Belakangan ini, United memang dikabarkan masuk dalam daftar peminat Dembele, dan sangat ingin mendatangkan sang rising star ke Old Trafford. Bahkan, kabar terbaru dari Sportsmole menyebut bahwa The Red Devils akan segera melakukan pembicaraan serius dengan pihak Barcelona untuk membahas transfer Dembele.

Sumber yang sama mengklaim bahwa United telah menganggarkan dana sebesar 90 juta euro, atau mencapai 79,5 juta paun untuk rencana tersebut. Namun, pihak Barcelona disebut-sebut hanya mau melepas Dembele dengan tebusan 110 juta euro (97 juta paun).

Manajemen United sendiri tak mau membayar terlalu mahal, dengan alasan Dembele punya jejak cedera berkelanjutan. Bahkan, di awal kariernya bersama Barcelona pada musim 2017/2018 lalu, setelah didatangkan dari klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund, pemain kelahiran Vernon, Prancis, 15 Mei 1997 itu pun sempat dihantam badai cedera otot, sehingga melewatkan 20 laga pada paruh pertama musim selama periode September-Desember 2017. Kemudian, Dembele juga sempat kembali bermasalah dengan cedera yang sama selama sebulan hingga Februari 2018 lalu.

Begitu pula ketika bermain bersama Dortmund pada musim 2016/2017, yang kemudian membuat namanya menarik perhatian banyak klub raksasa Eropa, Dembele juga sempat mengalami cedera pada awal Januari 2017; meski tak lama.

Kariernya sendiri bermula bersama klub Prancis Rennes FC pada musim 2015/2016, ketika masih berusia 18 tahun. Sebelumnya, pemain bertinggi badang 1,78 meter itu menimba ilmu di akademi klub berjuluk Les Rouges et Noirs tersebut sejak masih berusia 13 tahun pada 2010, sebelum mendapatkan promosi ke tim cadangan pada musim 2014/2015 lalu.

Dari tahun ke tahun, bakat Dembele terus terasah, hingga dia pun menjadi salah satu pemain muda dengan masa depan cerah di benua biru. Ketika memperkuat Dortmund, kualitas permainannya semakin meningkat, di mana dirinya lebih banyak bermain sebagai gelandang serang, meski posisi awalnya sebagai winger kanan.

Selain itu, Dembele pun bisa ditugaskan sebagai winger kiri, hingga penyerang sayap. Posisi terakhir banyak dilakoni bersama Barcelona di sisi kanan, sebagai pengganti Neymar, di mana Dembele mengoleksi empat gol dan sembilan assist dalam 24 laga di semua ajang.

Jauh sebelumnya, bakat Dembele sebenarnya sudah dicium United sejak awal kariernya bersama Dortmund. Makanya, tak heran jika sempat muncul rumor bahwa manajemen tim Setan Merah ingin merekrutnya pada awal 2017 lalu.

Ketika itu, awal April 2017, The Sun melaporkan bahwa United akan meminang Dembele dengan biaya 50 juta paun pada bursa transfer musim panas 2017. Namun kabar tersebut memang tak pernah terwujud. Kini, United pun kembali disebut-sebut berkeinginan untuk mendapatkannya, salah satunya dengan memasukkan Martial dalam bagian transfer tersebut.

Martial sendiri diketahui telah terbuang dari starting line-up United pada musim 2017/2018. Sejak awal musim pun posisinya digeser dari penyerang murni menjadi penyerang sayap di sisi kiri, karena kedatangan striker Romelu Lukaku.

Kemudian, setelah kedatangan Alexis Sanchez yang direkrut dari Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2018, posisi Martial pun semakin terjepit, karena posisinya sama. Sejak saat itu, dia pun lebih banyak menghuni bangku cadangan; dengan hanya mencatatkan pemampilan starter dalam 26 pertandingan di semua ajang dalam 45 penampilannya musim lalu.

Makanya, tak heran jika Martial pun kini ingin angkat kaki dari Old Trafford. Bahkan, baru-baru ini agennya, Philippe Lamboley mengakui bahwa sang pemain sudah tak kerasan bersama United, dan ingin pergi di bursa transfer musim panas.

“Setelah memikirkan semua kemungkinan dan skenario, Anthony ingin meninggalkan United. Ada banyak skenario. Saat ini, terlalu dini membicarakannya. Anthony akan berbicara nanti untuk menjelaskan ini,” ungkap Lamboley dilansir Express. Makanya, United sepertinya mencoba mengambil kesempatan ini untuk memuluskan niat merekrut Dembele. Namun itu pun sepertinya tak mudah, karena kabarnya Barcelona juga menginginkan Ander Herrera.

Comments

Loading...