OUR NETWORK

Marko Arnautovic, Penyerang yang Diam-Diam Diperhatikan Mourinho

Lini tengah memang menjadi perhatian utama Manchester United pada bursa transfer musim panas 2018 ini. Meski begitu, ternyata manajer Jose Mourinho juga tak lupa untuk memantau sejumlah pemain berbakat lainnya di posisi belakang dan depan, untuk menambah kekuatan tim Setan Merah dalam menjalani persaingan di musim depan. Salah seorang pemain yang disebut-sebut tengah diamati oleh pelatih berkebangsaan Portugal itu adalah Marko Arnautovic.

Sang penyerang rupanya diam-diam diincar oleh Mourinho. Bukan tanpa alasan manajer berusia 55 tahun itu menginginkan bomber internasional Austria tersebut. Keduanya dulu pernah bekerja sama di klub raksasa Italia, Inter Milan, pada musim 2009/2010. Ketika itu, sang bintang datang dengan label sebagai rising star yang masih berusia 20 tahun. Dia dipinjam dari klub Belanda, FC Twente yang telah mengasah bakatnya sejak di level akademi, tiga tahun sebelumnya.

Mourinho pun kini dikabarkan tertarik untuk bereuni dengan Arnautovic. Makanya, Sky Sport News mengklaim bahwa United berminat pada penyerang yang sejak awal musim 2017/2018 ini membela West Ham United tersebut. Mourinho sendiri sudah melakukan aksi langsung sebagai pernyataan minatnya kepada Marko Arnautovic, dengan menyaksikan penampilannya saat memperkuat tim nasional Austria ketika menghadapi Rusia dalam laga persahabatan pada Kamis (31/5/2018) dini hari WIB. Pada laga itu, sang bomber incaran sukses memberikan assist untuk gol kemenangan tim mereka.

Bahkan, jauh sebelumnya, tanpa banyak diketahui media, rupanya Mourinho juga sudah sempat memantau penampilan Arnautovic, ketika Austria bertemu Serbia di laga kualifikasi Piala Dunia 2018 pada awal Oktober 2017 lalu. Meski bermain sebagai winger kiri dalam pertandingan itu, namun dia tetap mampu menunjukkan ketajaman dengan mencetak satu gol.

Hingga saat ini, Marko Arnautovic sudah membukukan 19 gol dalam 71 caps bersama tim nasional Austria, dan turut bermain di Piala Eropa 2016. Sayangnya, kali ini dia gagal mengantarkan tim negaranya ke Piala Dunia 2018 nanti di Rusia.

Terkait kabar ketertarikan Mourinho padanya, Arnautovic pun memberikan komentar. Penyerang yang menggunakan jersey bernomor punggung ‘7’, baik bersama West Ham maupun tim nasional Austria itu mengaku sangat tersanjung.

“Sungguh ini jadi kehormatan besar bagi seluruh tim kami, di mana pelatih seperti Mourinho mengamati kami,” ungkapnya kepada Kurier.

Meski begitu, bintang berusia 29 tahun itu pun memang belum membuka peluang terhadap rumor tersebut. “Saya belum mendengar apa-apa dari saudara saya, agen saya,” kata Marko Arnautovic lagi, kali ini kepada Vivaro News.

“Anda dapat terus menanyakan pertanyaan ini, Anda tidak akan pernah mendengar jawaban dari saya. Dia [Mourinho] sedang berlibur, dia memberitahu kamu. Saya belum bicara dengannya, dia sedang liburan,” tambah Arnautovic berusaha mencoba mementahkan rumor tentang ketertarikan Mourinho pada dirinya tersebut.

Namun, segala kemungkinan tentu saja bisa terjadi. Apalagi, hal ini terkait dengan klub sekelas United dan pelatih sekelas Mourinho; meski West Ham sendiri mencoba memagarinya dengan banderol 50 juta paun, dua kali lipat dari nilainya saat direkrut dari Stoke City.

Klub berjuluk The Hammers tersebut tentu akan berusaha keras untuk mempertahankan Arnautovic, mengingat sang bintang merupakan pemain penting yang membantu mereka terhindar dari jurang degradasi dan finish di posisi 13 Premier League Inggris musim ini.

Pemain kelahiran Floridsdorf, Vienna, Austria, 19 April 1989 itu sendiri bermain dalam 31 pertandingan di liga domestik musim ini, dan membukukan 11 gol. Terkait performanya, sang pelatih David Moyes menyebut ada kemiripan antara Arnautovic dengan eks bomber United sekaligus legenda hidup Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

“Dia sedikit mirip Zlatan menimbang cara pemain lain melihatnya. Dia punya peran pemimpin yang perlu dia kembangkan, baik itu untuk klub dan juga untuk timnya. Dia sekarang sampai di usia di mana dia akan memberi pengaruh pada pemain lain, dan dia akan memiliki pemain yang bakal dia pengaruhi, jadi dia harus melakukan itu melalui kepemimpinan dan performa. Namun performa dia sudah mempertontonkan itu,” ungkap pelatih asal Skotlandia yang juga pernah membesut United itu beberapa waktu lalu.

Mungkin, itu pula yang membuat Mourinho mengincar Marko Arnautovic, mengingat dia pun pernah bekerja sama dalam beberapa periode dengan Ibrahimovic, termasuk di Old Trafford.

Comments

Loading...