OUR NETWORK

Menghitung Peluang Hengkangnya Marco Asensio dari Real Madrid

Perburuan Manchester United dalam bursa transfer musim dingin Januari 2018 ini sepertinya masih belum berhenti, meskipun satu pemain bintang, striker sekaligus winger Alexis Sanchez sudah sukses diamankan dari Arsenal.

Manajer Jose Mourinho diyakini masih menginginkan pemain anyar untuk menambah kekuatan skuatnya. Pelatih berkebangsaan Portugal itu memang sudah tak sabar untuk memperkuat timnya setelah tertinggal dari klub rival sekota, Manchester City dalam perburuan gelar juara Premier League Inggris musim ini, di mana sang musuh masih memimpin klasemen sementara.

Sektor sayap mendapat perhatian lebih dari Mourinho, selain posisi lini tengah yang tanpa memiliki pelapis memadai. Meskipun kini sudah memiliki Sanchez, namun sepertinya manajer yang menjuluki dirinya sebagai The Special One itu masih menginginkan winger murni, mengingat dia tidak memiliki banyak pilihan dalam skuatnya. Sejumlah nama pemain sayap papan atas dunia pun sudah dikaitkan dengan United sejak 2017 lalu, termasuk Antoine Griezmann dari Atletico Madrid dan Ivan Perisic dari Inter Milan. Namun, dari kedua pemain incaran itu, tidak satu pun yang berhasil didatangkan.

Belakangan ini, United juga dikaitkan dengan winger muda milik klub raksasa La Liga Spanyol Real Madrid, Marco Asensio. Seperti diklaim oleh Diario Gol, pemain berusia 22 tahun punya keinginan untuk bermain di Inggris. Tim Setan Merah pun diyakini sebagai tujuan utamanya.

Rumor ini mulai muncul setelah Asensio tidak mendapatkan kesempatan bermain sebagai starter lagi, meskipun sudah menunjukkan kualitasnya sebagai calon bintang sejak musim lalu. Dalam lima pertandingan terakhir Madrid di liga domestik, dia memang tak pernah lagi masuk dalam starting line-up timnya.

Bahkan, Asensio sempat hanya duduk di bangku cadangan saat Madrid pesta gol melawan Deportivo La Coruna dengan skor akhir 7-1 dalam laga pekan ke-20, 21 Januari 2018. Belakangan ini, pelatih Zinedine Zidane memang lebih suka memasang tiga gelandang di lini tengah atau tiga penyerang di depan. Alhasil, tenaga Asensio pun tak banyak berguna.

Secara total, dia pun hanya bermain dalam sembilan pertandingan sebagai starter, dan delapan kali diturunkan dari bench di liga domestik. Tak heran jika masa depannya kini mulai jadi pertanyaan, apakah akan bertahan atau segera hengkang.

Namun, baru-baru ini Asensio sudah menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak memiliki niat untuk meninggalkan Santiago Bernabeu, markas Madrid; meskipun dia gagal mengamankan posisi reguler dalam beberapa bulan terakhir. Pemain kelahiran Palma, Spanyol, 21 Januari 1996 itu memahami bahwa dirinya harus bersaing keras untuk mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak di Madrid. Penegasan Asensio ini pun tentu secara jelas akan menutup peluang The Red Devils untuk  mencoba merekrutnya, meskipun pada faktanya semua kemungkinan masih bisa terjadi kapan saja.

“Sulit untuk mengelola skuat sebagus skuat seperti kami. Pelatih tahu, dia bisa mengandalkan saya. Dia memiliki keyakinan kuat terhadap diri saya dan dia banyak berbicara dengan saya. Saya bekerja keras setiap hari untuk mendapat menit bermain lebih banyak, tetapi saya menyadari di mana saya berada. Saya berada di klub terbaik dunia dan saya bahagia di Madrid. Jadi hengkang tidak pernah terbersit dalam pikiran,” ungkap Asensio kepada Club del Deportista. Apalagi, pada 28 September 2017 lalu dia juga baru saja memperpanjang kontraknya bersama Madrid hingga 2023 mendatang.

Menurut laporan Marca, Asensio mendapat kenaikan gaji hingga hampir lima kali lipat, dari 1 juta euro menjadi ‎4,5 juta euro per tahun. Namun, yang lebih fantastis tentu saja klausul pelepasan yang turut dicantumkan dalam kontrak barunya tersebut, yakni mencapai ‎500 juta euro.

Jumlah selangit itu dipasang Madrid agar mereka tak mengulang kesalahan Barcelona yang kehilangan Neymar ke Paris Saint-Germain dengan banderol ‎220 juta euro pada musim panas 2017. Sebelumnya, klausul pelepasan Asensio sendiri hanya sebesar 80 juta euro, yang sempat pula ingin ditebus Barcelona.

Namun, klausul pelepasan yang dinaikkan jadi supermahal itu tetap saja tidak menghentikan rumor soal kepindahan Asensio dari Madrid. Bahkan, baru-baru ini Diario Gol menyebut pula bahwa striker Chelsea Alvaro Morata telah meminta klubnya untuk memboyong eks rekannya tersebut, dan juga gelandang Alarcon Isco pada musim panas 2018 mendatang.

Sang penyerang diklaim sudah bicara dengan kedua pemain untuk mengajak berkarir di Stamford Bridge, markas Chelsea. Selain itu, masih ada beberapa klub besar lainnya yang tertarik pada Asensio, di antaranya Paris Saint-Germain, Inter Milan dan Juventus di Italia, serta duo saingan United di Premier League, Arsenal dan Liverpool.

Comments

Loading...