OUR NETWORK

Manchester United Siap Sambut Frenkie de Jong

Manchester United dikabarkan hampir menyelesaikan transfer pemain bintang Barcelona Frenkie de Jong sebesar 80 juta euro. Pemain timnas Belanda itu sebelumnya memang telah ditetapkan sebagai target utama oleh bos baru United yakni Erik ten Hag. Itu karena faktor kedekatan mereka ketika masih sama-sama berada di Ajax Amsterdam.

Seperti yang semua orang tahu, De Jong pernah bermain dan menjadi andalan Ten Hag selama ia menjabat sebagai manajer Ajax. Di sana De Jong berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia pada musim 2018/2019. Di mana ketika itu, Ajax berhasil mengalahkan Real Madrid dan Juventus, lalu secara sensasional melaju ke babak semifinal Liga Champions.

“Kualitas pemain Anda menentukan bagaimana Anda akan bermain, dan dengan sistem apa Anda harus gunakan. Kami harus menemukan cara untuk membuat Frenkie berfungsi sebaik mungkin. Anda melihat bakatnya yang luar biasa, tetapi di mana kami harus menggunakannya untuk mengeluarkan yang terbaik dari bakatnya?” Pungkas Ten Hag pada 2019.

“Akhirnya saya memutuskan untuk bermain dengan dua pemain ‘nomor 6’ di lapangan. Setelah saya melakukan ini, Anda melihat betapa dia (Frenkie de Jong) menjadi lebih baik di lapangan. Dan betapa jauh lebih baik dia ketika membuat seluruh tim bermain bagus, dan terutama para penyerang.”

Maka menurut jurnalis Gerard Romero, kedua pasangan manajer dan pemain itu tampaknya akan dipertemukan kembali setelah tiga tahun terpisah. Dengan Barca yang sedang berjuang perihal masalah finansial, kemungkinan transfer De Jong ke United bukanlah sesuatu yang tidak masuk akal. Justru bisa dibilang kemungkinannya mencapai angka 95%.

Sementara itu di sisi lai, ada kabar lain yang mengejutkan bahwa, Barca juga mengharapkan untuk ditawari pemain United sebagai bagian dari kesepakatan. Kabarnya terdapat beberapa pemain yang akan ditukar oleh De Jong. Di antaranya adalah Harry Maguire, Alex Telles dan Marcus Rashford.

Jika terealisasi transfer Frenkie de Jong ini akan langsung menjadi kartu AS yang monumental untuk mengantarkan Manchester United pada era baru. Meskipun sekarang De Jong masih terikat kontrak dengan Barcelona setelah transfernya dari Ajax sebesar 75 juta euro pada 2019. Dan ia sejauh ini sudah bermain sebanyak 139 kali untuk tim Blaugrana.

Selain faktor kedekatan antara Ten Hag dan De Jong, United juga diuntungkan dengan keberadaan Donny van de Beek di skuatnya. Ya meskipun selama bergabung dengan Setan Merah, pemain berusia 25 tahun itu jarang dimainkan dan seperti kurang di-anak-tirikan oleh manajer.

Namun, Van de Beek tetap berjuang untuk masuk ke tempat tim utama dan bermain secara reguler. Dan sepertinya ia akan kembali memiliki peran penting ketika mantan bosnya yakni Ten Hag datang pada musim panas ini. Bahkan jika transfer De Jong ke Old Trafford terjadi, maka United akan memiliki tandem mengerikan di lini tengah mereka.

Hal ini pun diamini oleh mantan bek Manchester United yaitu Jaap Stam. Karena ia sangat yakin Van de Beek dapat menunjukkan kemampuannya kembali. Hanya saja, menurutnya, pemain asal Belanda itu membutuhkan pemain lain yang bisa mengimbangi permainannya. Hal itu diperuntukkan supaya ia tetap mampu tampil di level yang lebih tinggi daripada saat ini.

“Bagi saya masalahnya adalah tentang kombinasi pemain. Anda tidak bisa mengatakan, ‘saya akan membawa satu pemain dan seluruh tim akan menghasilkan yang terbaik’. Atau, ‘satu pemain akan menunjukkan yang terbaik karena manajernya’. Tentu pemain ini harus bermain dengan pemain lain yang tepat,” tutur Stam kepada ManUtd.com.

“Saya pikir Donny van de Beek adalah pemain yang bagus, dan saya telah melihatnya ketika dia masih di Belanda. Tapi ketika dia di United, dia tidak mendapat kesempatan untuk bermain. Saya tidak tahu mengapa, tapi dari apa yang saya pahami, dia perlu bermain dengan pemain lain yang tepat di sekitarnya.”

Comments

Loading...