OUR NETWORK

Manchester United Perlu Mempertimbangkan Pertukaran Pemain

Jendela transfer musim panas sekarang secara resmi dibuka. Akan tetapi mungkin perlu beberapa saat sebelum kita semua melihat wajah-wajah baru. Terutama wajah-wajah baru yang datang ke Old Trafford untuk memperkuat Manchester United musim depan.

Dengan kompetisi Euro 2020 yang tinggal satu hari lagi, sepakbola internasional akan menjadi pusat perhatian semua orang. Ole Gunnar Solskjaer mungkin akan langsung menyaksikan sejumlah target transfer utamanya beraksi untuk negara masing-masing selama beberapa minggu mendatang.

Keterlibatan pemain dalam turnamen internasional akan mempersulit penyelesaian kesepakatan di paruh pertama musim panas ini. Berbagai perwakilan agen pun telah menjelaskan bahwa klien mereka mengharapkan kesepakatan dilakukan setelah Euro 2020.

Banyak juga kesepakatan yang ditunda sementara. Sebabnya karena tidak lain banyak pemain yang terlibat dalam kompetisi untuk tim nasional mereka. Laporan terbaru dari media Jerman misalnya, mereka menyatakan kalau kesepakatan Jadon Sancho ke United ditunda hingga Euro berakhir.

Meskipun di lain sisi, kedua pihak klub masih tetap bungkam tentang perkembangannya. Ada keyakinan bahwa jumlah uang yang disepekati telah dirampungkan. Ya walau sekali lagi, itu pun baru praduga. Karena sejatinya hanya sedikit transfer saja yang tampak dengan mudah untuk ditebak.

Yang jelas United memang memiliki ambisi pada jendela transfer musim panas ini. Kondisinya juga jauh lebih mendukung ketimbang sebelumnya. Borussia Dortmund dikabarkan bersedia menjual Jadon Sancho, dan Real Madrid juga terbuka untuk melelang Raphael Varane jika ia tidak menandatangani kontrak baru di klub.

Satu-satunya hal yang dapat menghalangi ambisi United merekrut kedua pemain tersebut adalah tokoh di balik kesepakatannya. Seperti para agen atau orang-orang berkepentingan lainnya.

Hanya saja, aspek keuangan United masih terpengaruh oleh pandemi global. Hal itu bahkan lebih jelas terlihat di musim panas ini daripada musim lalu. Oleh sebab itu, ambisi Setan Merah akan terhalang akibat jumlah uang mereka. Dan tidak diragukan lagi akan ada upaya untuk menurunkan biaya dari setiap kesepakatan pembelian pemain yang mereka lakukan.

Dapat dimengerti mengapa negosiasi mungkin membutuhkan waktu untuk benar-benar berkembang. Mengingat saat ini terdapat situasi yang rumit dari iklim finansial klub-klub sepakbola. Namun, justru dari hal situlah bakal muncul opsi kesepakatan pertukaran pemain.

Meskipun Manchester United adalah klub yang paling umum dibicarakan oleh berbagai suporter sepakbola di dunia, tapi tidak ada salahnya bagi mereka untuk melakukan pertukaran pemain. Kesepakatan transfer semacam ini masih menjadi situasi langka di tingkat klub elit. Jadi kemungkinan prosesnya akan jauh lebih mudah untuk direalisasi.

Memang sih, United mungkin masih trauma dengan pertukaran pemain yang mereka lakukan saat merekrut Alexis Sanchez pada Januari 2018. Akan tetapi transaksi serupa bisa masuk akal untuk dilakukan pada musim panas ini. Apalagi jika Solskjaer ingin memperkuat setiap area di skuanya dengan pemain-pemain terbaik.

Dari semua pemain United yang termasuk dalam kesepakatan seperti itu, Jesse Lingard bisa dibilang adalah opsi yang paling pas. Mengingat ia sempat dipinjamankan ke West Ham, dan klub asal London itu sangat ingin mengontraknya. Dengan begitu, United bisa lebih mudah untuk meminta nama Declan Rice –pemain incaran United– sebagai pertukarannya.

David Moyes tidak akan melepas pemain kuncinya itu dengan transfer yang murah. Ia akan menyetujui setiap kesepakatan dari klub lain dengan syarat harga yang tinggi. Namun, dengan kepemilikan Lingard, Setan Merah bisa punya cara yang berguna dalam upaya menurunkan biaya pembelian Rice.

Selain itu, ada beberapa pendapat liar dari pundit di Inggris tentang opsi pertukaran pemain yang harus dilakukan United. Menurut mereka, saat ini Paul Pogba dapat secara efektif ditukar dengan Raphael Varane. Agak gila memang. Namun, mengingat keduanya memasuki tahun terakhir kontrak di klubnya masing-masing, maka kesepakatan seperti ini terbilang fantastis.

Musim panas lalu Tahith Chong sempat dikabarkan akan bergabung dengan Borussia Dortmund dengan status pinjaman sebagai pemanis untuk kedatangan Jadon Sancho. Sementara musim panas ini, United bisa mempertimbangkan untuk meminjamkan Amad Diallo ke klub Bundesliga tersebut. Tentunya, hal itu dilakukan untuk mempermudah perekrutan Sancho.

Comments

Loading...