OUR NETWORK

Pintu Kepulangan Cristiano Ronaldo ke MU Tertutup?

Cristiano Ronaldo pernah jadi bintang Manchester United hingga akhir musim 2008/2009, setelah direkrut oleh manajer legendaris Sir Alex Ferguson dari klub Portugal, Sporting Lisbon pada Agustus 2003 silam. Ketika itu, dirinya masih berusia 18 tahun, dan menjelma jadi penerus David Beckham di sektor kanan sayap tim Setan Merah.

Selama enam musim, pemain yang kini berusia 32 tahun itu mempersembahkan sembilan trofi bagi United, termasuk tiga kali menjuarai Premier League Inggris dan Liga Champions 2007/2008. Pada 1 Juli 2009, dia akhirnya memutuskan bergabung ke Real Madrid dengan biaya 80 juta paun, yang menasbihkannya sebagai pemain termahal dunia saat itu.

Kini, setelah hampir sembilan tahun berlalu, Ronaldo berpeluang besar untuk kembali ke pangkuan The Red Devils. Sebenarnya, belakangan ini United sudah beberapa kali berupaya untuk membawa pulang kapten tim nasional Portugal itu ke Old Trafford. Namun, sang pemilik, klub raksasa La Liga Spanyol itu berkali-kali pula terus menolak tawaran yang masuk.

Ketika itu, Ronaldo memang jadi ujung tombak Madrid hingga memenangi 14 trofi, termasuk dua musim terakhir menjuarai Liga Champions secara beruntun. Tak heran jika klub berjuluk El Real itu bersikeras mempertahankannya.

Namun, sekarang posisinya sudah mulai berubah. Musim ini Ronaldo malah paceklik gol. Hingga laga ke-19 di La Liga, baru enam gol yang bisa dibukukan dalam 15 penampilan. Meski striker kelahiran Madeira, Portugal, 5 Februari 1985 itu masih menakutkan di Liga Champions dengan sembilan gol dalam enam laga, namun catatan di liga domestik telah mencoreng nama besarnya.

Ditambah lagi dengan permasalahan internal, di mana Ronaldo mulai dimusuhi rekan-rekan setim gara-gara sikap arogannya, dan tuntutan kenaikan gaji, pihak Madrid pun mulai berpikir untuk merelakannya pergi. Menariknya, surat kabar Spanyol Marca malah mengklaim bahwa United telah menutup pintu untuk kepulangan Ronaldo.

Media tersebut memang menyebut sang bintang juga tengah berusaha untuk keluar dari Madrid menyusul permintaan kenaikan gajinya ditolak pihak klub, sehingga kontrak baru tidak kunjung menemui titik temu. Namun, diyakini bahwa kemungkinan Ronaldo untuk kembali ke Old Trafford semakin kecil, dan mungkin sudah tertutup, seiring dengan proses transfer striker Alexis Sanchez dari Arsenal yang hampir mendekati kenyataan pada bursa transfer musim dingin 2018 ini.

Sebelumnya, La Sexta melaporkan bahwa manajer Jose Mourinho sudah menyatakan persetujuan terkait rencana manajemen United untuk membawa pulang Ronaldo dari Madrid, dan pihak klub siap bergerak untuk mewujudkan transfer tersebut pada akhir musim nanti.

Meski sang superstar akan berusia 33 tahun pada Februari 2018 mendatang, tapi banderolnya diyakini masih belum turun. Tim Setan Merah diperkirakan akan membutuhkan dana hingga mencapai 352 juta paun untuk bisa mendapatkan kembali Ronaldo. Harga yang memang masih sangat tinggi untuk saat ini.

Sementara, belum lama ini muncul pula rumor yang menyebut beberapa penggawa Madrid mulai muak dengan sikap egois pemain berjuluk ‘CR7’ itu. Dilansir Diario Gol, telah terjadi intrik di ruang ganti klub yang melibatkan Ronaldo. Alhasil, dia pun dimusuhi beberapa rekan setim, di antaranya disebut ada Marco Asensio, Alarcon Isco, Lucas Vazquez, Dani Ceballos, dan Sergio Ramos. Tak hanya karena sikap egois baik di lapangan maupun di luar lapangan, mereka juga kecewa dengan tuntutan kenaikan gaji dari Ronaldo, hanya karena bayarannya lebih kecil dari bintang Barcelona, Lionel Messi.

Permintaan penambahan gaji dalam kontrak barunya itulah yang diyakini telah membuat Madrid memutuskan untuk mempersilahkan Ronaldo keluar dari Santiago Bernabeu, markas klub tersebut. Seperti diklaim oleh jurnalis ternama Spanyol, Guillem Balague, belum lama ini, klub berjuluk Los Merengues itu sudah tak keberatan lagi untuk melepasnya.

“Pesan Ronaldo adalah dia ingin pergi, tampaknya Madrid tidak keberatan untuk membiarkannya pergi. Meski begitu, Madrid akan senang melihat persaingan antara Paris Saint-Germain (PSG) dan United,” ungkap Balague pada Sky Sports.

PSG memang disebut-sebut juga menjadi salah satu klub peminat Ronaldo. Bahkan, Marca telah menyimpulkan bahwa destinasi paling memungkinkan bagi jebolan akademi Sporting Lisbon itu adalah klub raksasa Ligue 1 Prancis tersebut. Dirinya diyakini akan menjadi alat pertukaran dengan Neymar yang saat ini tengah menjadi target utama Madrid. Namun, di balik kisruh internal Madrid yang melibatkan Ronaldo dan masa depannya ini, sang pelatih Zinedine Zidane dipercaya sedang berusaha menjadi penengah. Bahkan, dia membantah adanya kemungkinan sang pemain akan pergi.

Comments