OUR NETWORK

Klausul yang Membuat Manchester United Bisa Memulangkan Adnan Januzaj

Adnan Januzaj menjadi pemain utama dalam pertandingan Inggris vs Belgia di Piala Dunia, setahun setelah Manchester United menjualnya ke Real Sociedad pada jendela transfer tahun lalu. Dan saat ini, ia sedang dikaitkan dengan kepindahannya ke Leicester City.

Adnan Januzaj dipilih untuk bermain di starting line-up Belgia dalam kualifikasi terakhir Grup G melawan Inggris di Kaliningrad. Mantan pemain sayap Manchester United itu tampil sebagai penentu kemenangan setelah berhasil mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut.

Di sisi lain, pemain berusia 23 tahun itu juga berhasil membawa timnasnya dalam menyelesaikan kompetisi secara mengesankan dengan membawa label gelar peringkat ketiga. Padahal sebelumnya, Januzaj sempat tidak dipanggil timnas Belgia dan absen selama dua tahun. Namun, setelah menampilkan penampilan mengesankan untuk Real Sociedad, Janujaz akhirnya berhasil meyakinkan pelatih Roberto Martinez untuk memilihnya sebagai salah satu pemain untuk skuat Belgia di Piala Dunia 2018.

Setelah berhasil menjadi salah satu pemain timnas Belgia untuk Piala Dunia itu, saat ini, Januzaj sedang dikaitkan dengan kepindahannya ke Leicester City. Lulusan akademi United tersebut meninggalkan United di musim panas tahun lalu, dan bergabung dengan Real Sociedad seharga 9,8 juta paun.

Sebelumnya Januzaj juga pernah dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada 2015, namun dikatakan gagal dan tidak mampu tampil mengesankan. Akhirnya hal ini membuat manajemen Dortmund memotong masa peminjamannya dan kemudian dikembalikan lagi ke Old Trafford. Namun, meski dikembalikan dengan celat, Janujaz tetap tidak mendapatkan tempatnya di United dan justru dipinjamkan kembali, kala itu ia dipinjamkan ke Sunderland.

Karier pemain yang juga pernah bermain di Piala Dunia 2014 itu memang terlihat sedikit berkelok-kelok. Namun, tidak diragukan lagi, kredibilitasnya sebagai pemain sayap masih banyak menarik minat tim-tim Eropa setelah tampil apik bersama Sociedad.

Menurut WhoScored, dalam 31 pertandingan La Liga yang dimainkan, Janujaz telah berhasil mencetak tiga gol dan lima asis. Ia juga mencatatkan presentasi operan yang lumayan tinggi dengan nilai 80,5%.

Maka dengan catatan tersebut, Janujaz masih terlihat menarik bagi klub-klub yang meminatinya, dan akan lebih menarik lagi jika mempertanyakan: ‘Apakah Manchester United akan membawa pulang kembali Adnan Janujaz ke Old Trafford?’

Terlepas dari itu, sebelum dijual oleh manajer United Jose Mourinho, Januzaj tidak bermain dalam satu pertandingan pun, dan langsung dijual tanpa melihatnya bermain terlebih dahulu. Para suporter Setan Merah lalu bertanya-tanya mengapa pemain sepertinya dibuang terlalu cepat. Padahal, posisi terbaik Januzaj adalah di sayap kanan, dan United telah berjuang untuk mengisi kekosongan itu dalam beberapa tahun terakhir.

Kendati begitu, harapan ‘apakah United akan membawa pulang Janujaz ke Old Trafford?’ mungkin akan terjawab. Mengapa? Karena klub berjuluk The Red Devils itu memasang klausul pembelian kembali dalam kesepakatan kontrak Januzaj bersama Real Sociedad pada tahun lalu.

United juga melakukan hal yang sama saat menjual Memphis Depay dan Sean Goss setelah mereka pindah ke Lyon dan Queens Park Rangers pada jendela transfer Januari 2017. Jose Mourinho sendiri lalu angkat bicara, dan memberikan sedikit tanggapan soal kesepakatan pembelian kembali para mantan pemain klubnya itu.

“Karena pemain yang dijual adalah pemain bagus dan juga berpotensi bermain sangat bagus, klub ini sudah melakukan hal cerdik. Van Gaal pernah memutuskan untuk membeli pemain seperti Depay, dan sekarang United menjualnya dengan kesepakatan pembelian kembali, itu cerdik,” tutur Mourinho.

“Lalu ada Janujaz yang bermain bagus bersama Belgia dan Real Sociedad. United melakukan hal yang sama seperti Depay ketika menjualnya di tahun lalu. Dia masih sangat muda, jadi saya pikir penting bagi klub untuk menguasai bakat seperti ini dan saya berharap dia bisa bermain bagus, dan tidak menuntut kemungkinan klub menginginkannya kembali ke sini (ke Manchester United) karena semua menyukainya.”

Maka dengan adanya klausul pembelian kembali ini, bukan tidak mungkin jika para pemain mereka yang sudah dijual akan ‘dibawa pulang’ kembali ke Old Trafford. Itupun jika pemainnya bermain bagus. Pada intinya, dengan mengutip apa yang dikatakann Mourinho tadi, tidak menuntut kemungkinan bahwa pemain seperti Adnan Janujaz -yang tampil mengesankan bersama Real Sociedad- juga bisa ‘dibawa pulang’ ke Old Trafford.

Comments