OUR NETWORK

Kevin Strootman, Gelandang Penuh Rumor yang Tak Kunjung Bergabung

Manchester United dipastikan akan merekrut gelandang baru pada bursa transfer musim panas 2018 nanti. Pensiunnya Michael Carrick, serta Marouane Fellaini dan Paul Pogba yang terus disebut-sebut akan segera hengkang, membuat manajer Jose Mourinho membutuhkan pemain tengah baru untuk menggantikan mereka.

Sejumlah gelandang berbakat sudah dikait-kaitkan dengan tim Setan Merah sepanjang musim ini, meski belum ada satu pun yang telah mencapai kesepakatan hingga sejauh ini. Makanya, manajemen klub tentu akan gencar melakukan perburuan setelah bursa transfer dibuka.

Salah satu gelandang yang mungkin patut dipertimbangkan United adalah Kevin Strootman, pemain internasional Belanda yang pernah beberapa kali diminati. Sejak 2011 silam, The Red Devils memang sudah tertarik padanya, ketika masih berusia 21 tahun saat membela klub Belanda, FC Utrecht paruh kedua musim 2010/2011; setelah pindah dari klub masa kecilnya Sparta Rotterdam.

Menurut Mirror, ketika itu dia dipantau pemandu bakat tim Manchester merah. Sayangnya, United malah menyia-nyiakan kesempatan untuk merekrut Strootman yang saat itu masih bernilai tak sampai 5 juta paun.

Pada awal musim 2011/2012, pemain kelahiran Ridderkerk, Belanda, 13 Februari 1990 itu kemudian pindah ke PSV Eindhoven dengan bayaran hanya 4,05 juta paun. Pada akhir musim, United kembali memburunya. Bahkan, ketika itu manajemen tim Setan Merah sudah sangat dekat dengan tanda tangannya, karena telah ada kesepakatan dengan pemain yang saat itu menjabat sebagai kapten tim tersebut, seperti diklaim The Sunday Mirrors. Manajer United saat itu, Sir Alex Ferguson berencana akan memproyeksikannya sebagai pengganti jangka panjang untuk gelandang andalan Paul Scholes.

Saking tertariknya pada Strootman kala itu, bahkan United pernah mengirimakan pemandu bakat hingga belasan kali dalam beberapa minggu untuk mengintip perkembangan sang pemain jelang akhir musim tersebut.

Strootman sendiri memang mampu menunjukkan bakat besarnya, termasuk dengan menggeser posisi gelandang senior Nigel de Jong di tim nasional Belanda pada kualifikasi Piala Eropa 2012 saat itu. Semusim kemudian, kapten tim nasional Belanda U-21 yang membawa De Oranje menembus babak semifinal Piala Eropa U-21 2013 itu pun kembali dikaitkan dengan United.

Sayang, The Red Devils kembali gagal mewujudkan pendaratan Strootman di Old Trafford. Pemain yang kini sudah berusia 28 tahun itu malah menyeberan ke klub Serie A Italia AS Roma pada Juli 2013, dengan bayaran 15,75 juta paun. Strootman pun mengawali debutnya di kompetisi tersebut dengan baik, dengan mencatatkan 25 penampilan di liga domestik dan hampir selalu jadi starter, serta membuat lima gol dan enam assist. Namun, jelang akhir musim dia mengalami cedera parah, yang mengharuskan absen hingga akhir 2014, dan kembali menghadapi masalah sama hingga 2015.

Meski begitu, ternyata cinta United pada Strootman tidak pernah padam. Sang pemain yang berkali-kali dihantam cedera sepanjang periode 2014 hingga awal 2016, sehingga melewatkan banyak laga bersama Roma, rupanya masih diminati tim Setan Merah.

Pada 2015, ketika United dibesut manajer asal Belanda Louis van Gaal, kembali mencoba mendekati Strootman. Apalagi, sang pelatih sangat menyukainya. Namun, ketika itu gelandang bernomor punggung ‘6’ tersebut malah menampiknya, karena kesetiaannya pada Roma. Buktinya, Strootman memang masih bertahan hingga musim ini.

Kini, Mourinho yang menangani United rupanya juga terpikat pada bakat Strootman. Awal 2017 lalu, Sportsmole mengabarkan manajemen The Red Devils sudah melakukan pembicaraan dengan klub berjuluk I Giallorossi itu, dan menawarkan 30 juta paun.

Strootman sendiri memang pantas untuk diinginkan, karena kemampuan sebagai gelandang dinamis dan tangguh, serta visi dan teknik yang baik. Tak heran jika dia dijuluki ‘Roy Keane dari Belanda’. Di Italia, Strootman dijuluki La Lavatrice alias ‘mesin cuci’, karena mampu membersihkan permainan dengan memenangkan bola dari lawan.

Namun sayang, baru-baru ini dia membantah sudah dekat dengan United. Mungkin saja, Strootman sudah mulai jengah dengan semua rumor yang mengaitkan kepindahan ke Old Trafford.

“Saya tidak pernah bicara dengan siapa pun. Tidak. Ada banyak spekulasi, namun sejujurnya saya hanya bicara dengan Roma. Ada beberapa klub yang menunjukkan ketertarikan, namun selalu seperti itu. Mereka selalu bilang mereka tertarik, namun pada akhirnya mereka tidak melakukan apa pun, jadi tidak ada yang terjadi dan saya benar-benar senang memilih Roma,” ucap Strootman pada The Independent. Dia sendiri baru menandatangani perpanjangan kontrak pada Mei 2017, yang berlaku hingga 2022.

Comments

Loading...