OUR NETWORK

Keuntungan yang Didapat Manchester United Bila Merekrut Pulisic

Manchester United sempat dikaitkan dengan winger muda Christian Pulisic jelang dibukanya bursa transfer musim dingin Januari 2018 lalu. Tepat pada akhir Desember 2017, surat kabar Inggris Daily Mail mengklaim bahwa The Red Devils sedang memantau pemain yang memperkuat salah satu klub besar Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, tersebut.

Performa mengesankannya selama musim 2016/2017 lalu, dan terus berlanjut hingga musim ini, disebut-sebut telah menarik perhatian United, sehingga Pulisic pun diyakini masuk dalam daftar incaran manajer Jose Mourinho di bursa transfer.

Menariknya, setelah beredarnya kabar United tengah mengawasi Pulisic, pemain yang masih berusia 19 tahun itu pun mengaku bahwa dirinya adalah penggemar klub berjuluk tim Setan Merah tersebut. Namun, dia memang mengeluarkan pernyataan tersebut baru-baru ini, setelah bursa transfer musim dingin berakhir. Dalam pengakuannya itu, Pulisic pun tidak menutupi fakta bahwa dirinya adalah fan United dan sudah mendukungnya sejak kecil.

“Ya, dahulu iya. Saya adalah penggemar berat,” ungkap Pulisic ketika ditanya ESPN untuk mengonfirmasi apakah dia memang penggemar United sejak kecil.

Namun, penggawa tim nasional Amerika Serikat berdarah Kroasia dari sang kakek itu menegaskan bahwa untuk saat ini dia belum memikirkan untuk melayani minat dari sejumlah klub besar Eropa yang menginginkannya, termasuk The Red Devils.

“Tentu saja saya terikat kontrak dengan Dortmund untuk saat ini, dan saya tidak menatap ke tempat lain atau lainnya. Jadi, saya sangat fokus di sini,” kata Pulisic lagi menambahkan. Meski begitu, dia memang mengaku senang telah dikaitkan dengan kubu Old Trafford, dan juga tidak memungkiri kepindahan ke Premier League Inggris di masa depan.

“Namun, ya, ini sangat menyenangkan mendengar semua [rumor] ini! Tentu saja Premier League adalah liga yang luar biasa. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di sepakbola, jadi untuk saat ini, saya fokus bersama Dortmund, dan ya, hanya itu,” tutur pemain kelahiran Hershey, Pennsylvania, Amerika Serikat, 18 September 1998 itu.

Pernyataan Pulisic ini tentu seperti membuka peluang besar bagi United untuk mendapatkan tanda tangannya, mungkin di bursa transfer musim panas 2018. Tim Setan Merah tinggal menyiapkan dana dan berupaya keras membujuk Dortmund.

Melihat kebutuhan Mourinho selain mengincar pemain anyar di posisi gelandang, sepertinya Pulisic pun bisa jadi prioritas. Pasalnya, manajer yang menjuluki dirinya sebagai The Special One itu masih ingin memperkuat lini serang timnya melalui sektor sayap. Setelah berhasil mendapatkan winger kiri Alexis Sanchez dari Arsenal pada Januari 2018, Pulisic bisa menjadi incaran berikutnya untuk mengisi sayap kanan. Sang pemain selama ini memang jadi andalan di posisi winger kanan, selain juga bisa bermain di kiri. Selain itu, dia juga punya kelebihan dengan kemampuan sebagai gelandang serang.

Namun, jika Pulisic bernomor punggung 22 ini benar-benar mendarat di Old Trafford, kehadirannya tentu saja akan membuat persaingan di lini depan semakin keras. Pastinya akan ada pemain yang tersingkir. Pasalnya, saat ini ada duo striker muda Anthony Martial dan Marcus Rashford yang sering dimainkan sebagai penyerang sayap sejak Mourinho bergabung di musim panas 2016. Kedatangan Sanchez saja sudah membuat salah satu dari mereka lebih banyak duduk di bench. Apalagi apabila Pulisic direkrut, maka salah satunya tentu akan dilepas; kemungkinan besar dipinjamkan ke klub lain.

Namun, sebelum membayangkan pemain yang berawal dengan akademi Dortmund sejak Februari 2015 dan mulai bergabung dengan skuat senior klub pertamanya di Eropa itu pada Januari 2016 lalu, tentu akan lebih baik memetakan persaingan dalam memburu tanda tangannya. Pasalnya, United bukan satu-satunya klub elit ‘benua biru’ yang ingin mendapatkan servis Pulisic. Seperti diklaim oleh Sport Bild pada awal Februari 2018, dia telah menjadi salah satu pemain paling favorit di antara klub-klub Inggris. Liverpool adalah salah satu peminat, selain juga jawara Bundesliga Bayern Muenchen.

Dortmund pun sepertinya akan bersedia melepas Pulisic jika ada tawaran menarik, meski kontraknya masih berlaku hingga Juni 2020. Sebagai informasi, laman Transfermarkt memprediksi nilai jualnya ada di angka 40,5 juta paun; dan kemungkinan masih bisa terus naik seiring peningkatan performa dan kesuksesannya bersama Dortmund pada musim ini.

Namun, United tentu saja bisa lebih unggul dalam perburuan ini, karena punya hubungan baik dengan Dortmund melalui transfer Shinji Kagawa dan Henrikh Mkhitaryan di masa lalu. Jika berhasil, maka tim Setan Merah bisa untung besar, karena Pulisic pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran untuk para penggemar di Amerika Serikat.

Comments

Loading...