OUR NETWORK

Jean Michael Seri, Gelandang Potensial Penerus Carrick dan Fellaini

Manchester United sepertinya belum berhenti berburu pemain baru untuk memperkuat skuatnya pada bursa transfer musim dingin, Januari 2018 ini. Setelah berhasil mendapatkan penyerang yang juga bisa bermain sebagai winger, Alexis Sanchez dari Arsenal melalui pertukaran dengan Henrikh Mkhitaryan, kini manajer Jose Mourinho berharap manajemen klub bisa merekrut satu lagi pemain di posisi gelandang untuk menambah kekuatan timnya pada paruh kedua musim ini. United memang membutuhkan tambahan gelandang sebagai pelapis di tengah jadwal kompetisi yang semakin padat. Jean Michael Seri

Sejumlah nama pemain bintang belakangan ini sudah makin sering dikaitkan dengan The Red Devils. Nama yang terbaru adalah Jean Michael Seri. Nama gelandang ini memang masih terdengar asing. Namun, dia mulai mencuri perhatian berkat performanya yang gemilang bersama klub kecil Ligue 1 Prancis, Nice. Bahkan, yang menjadi peminat Seri ternyata adalah klub-klub besar Eropa.

Menurut Sky Sport News, United termasuk salah satu klub yang berminat pada jasa gelandang berusia 26 tahun tersebut, dan disebut sudah mulai membidik Seri untuk segera didatangkan ke Old Trafford.

Seri sendiri, sejak direkrut dari klub papan bawah Primeira Liga Portugal, Pacos de Ferreira pada musim panas 2015 silam, dia langsung menjadi pemain penting Nice. Pada musim debutnya, Seri tak tergantikan di lini tengah tim berjuluk Les Aiglons tersebut; dengan selalu dimainkan dalam 41 laga yang dijalani klub sepanjang musim 2015/2016 dan hanya empat kali masuk sebagai pengganti, serta mengoleksi tiga gol dan enam assist. Sedang musim lalu, dia membukukan 39 penampilan di semua ajang dengan tujuh gol dan 10 assist, serta tampil 26 laga dengan satu gol dan tiga assist musim ini.

Sebelum menjadi buah bibir seperti sekarang, pemain yang mengenakan jersey bernomor punggung ‘6’ bersama Nice ini memulai kariernya di Eropa saat dipinjam klub besar Portugal, Porto jelang akhir 2012 silam. Ketika itu dia masih 21 tahun, setelah dua musim membela klub tanah kelahirannya di Pantai Gading, ASEC Mimosas.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Jean Michael Seri bergabung ke Porto pada 3 November 2012 setelah memikat pencari bakat klub tersebut. Sayang, dia gagal mendapat tempat di tim utama, dan hanya bermain untuk Porto B dalam 14 laga di liga level kedua hingga akhir musim.

Namun, perjalanan itu malah membuka kesempatannya untuk berpetualang di benua biru, setelah Pacos merekrutnya di awal musim 2013/2014. Bersama klub tersebut, dia mulai merintis karier di Eropa dengan mencatatkan 69 penampilan dengan tiga gol dan tujuh assist di semua ajang selama dua musim; termasuk bermain di Liga Europa dan menyelamatkan Pacos dari degradasi pada musim debut. Kemudian, perjalanannya berlanjut ke Prancis bersama Nice, dan mendapat debut bersama tim nasional Pantai Gading di pertengahan 2015, sebelum sekarang dilirik banyak klub besar Eropa.

Bahkan, seperti diklaim oleh pihak Nice, Seri pun sempat nyaris bergabung dengan raksasa La Liga Spanyol Barcelona pada musim panas 2017 lalu. Namun sayang, transfer tersebut batal terwujud karena klub berjuluk El Blaugrana itu tiba-tiba membatalkan ketertarikan mereka dan menarik diri di menit terakhir.

Sementara United sendiri kini dikaitkan dengan Seri, karena membutuhkan pemain baru untuk menggantikan Michael Carrick yang akan segera pensiun akhir musim ini dan Marouane Fellaini yang sepertinya akan hengkang karena kontraknya sudah tak berlaku pada 30 Juni 2018.

Namun, Sky Sports News mengklaim manajemen The Red Devils berencana untuk mendatangkan Seri pada musim panas 2018 mendatang. Pemain kelahian 19 Juli 1991 itu diyakini memiliki klausul pelepasan mencapai nilai 35 juta paun, meski Transfermarkt melansir nilainya hanya sekitar 30 juta paun.

Pastinya, Nice akan mendapatkan untung besar jika Jean Michael Seri benar-benar dipinang oleh klub besar Eropa, karena dulu mereka merekrutnya dari Pacos hanya dengan biaya satu juta euro atau sekitar 870 ribu paun. Sedangkan sekarang harganya sudah mencapai 35 kali lipat, tak sampai tiga tahun.

Meski begitu, United bukanlah satu-satunya klub yang kini mengincar Seri. Belum lama ini, Liverpool Echo juga melaporkan bahwa Liverpool turut pula dalam perburuan gelandang box-to-box tersebut. Kemudian, ada pula Chelsea dan Manchester City, setelah sebelumnya juga Arsenal.

Menariknya, 101 Great Goals sempat mengabarkan bahwa manajemen City bahkan telah melakukan pertemuan dengan agen sang pemain tersebut, pada pertengahan Januari 2018 lalu. Namun, saat ini United diyakini berada di posisi paling depan dalam antrian klub yang ingin mendapatkan tanda tangan Seri.

Comments