OUR NETWORK

Estimasi Harga Jual Pemain Manchester United

Melihat keadaan skuad Manchester United sekarang, sang manajer Ole Gunnar Solskjaer mungkin dapat memperhitungkan sebuah solusi seperti menjual beberapa pemain bintangnya untuk menghasilkan dana transfer yang melimpah di bursa transfer musim panas ini.

Hal semacam itu adalah cara yang solutif. Meski memang tampak seperti “tidak pikir panjang”, namun cara tersebut bisa menjadi celah yang potensial untuk melakukan sebuah perombakan. Apalagi semua orang tahu, bahwa skuad United saat ini sedang berada dalam kondisi yang sangat “sakit”.

Di sisi lain, adil untuk mengatakan bahwa para suporter Setan Merah juga saat ini sedang jengah dengan tim kesayangannya. Mereka sangat berharap timnya akan mendatangkan pemain baru di musim panas nanti. Bahkan, demi bisa melihat pemain baru datang ke Old Trafford, mungkin mereka pun mengharapkan beberapa pemain United saat ini bisa dijual.

Antonio Valencia dan Ander Herrera telah mengumumkan kepergian mereka secara gratis di akhir musim ini, dan Juan Mata, mungkin akan bergabung dengan mereka setelah perpanjangan kontraknya masih belum ditandatangani sampai saat ini. Namun, ini semua bukan berarti akan membuat United tidak mampu mengumpulkan jumlah dana besar untuk melakukan pembelian pemain.

Karena masih ada beberapa pemain yang telah dikaitkan dengan kepindahannya dari United, dan para pemain ini berstatus bisa dijual pada bursa transfer musim panas ini. Dilansir dari MEN Sports berikut pemain-pemain yang berpotensi dijual tersebut.

David De Gea

Meskipun United tidak ingin menjual De Gea dan bahkan mereka siap untuk memperpanjang kontraknya sampai Januari, akan tetapi kiper asal Spanyol terus dikaitkan akan hengkang saat ia memasuki tahun terakhir di kontraknya.

Terlepas dari situasi kontraknya itu, terdapat satu fakta bahwa De Gea sudah mengalami penurunan performa setelah banyak membuat sejumlah kesalahan menjelang akhir musim 2018/2019. Maka wajar rasanya jika ia merupakan pemain yang sudah sepantasnya dijual.

Saat ini, De Gea sendiri masih dikatakan sebagai aset keuangan yang cukup besar bagi United. Pasalnya, mereka masih bisa meminta bayaran dikisaran lebih dari 70 juta paun kepada para klub yang meminati pemain berusia 28 tahun itu. Dikutip dari MEN Sports, estimasi biaya transfer potensial De Gea adalah 70 juta – 80 juta paun.

Eric Bailly

Manchester United membayar 30 juta paun kepada Villareal untuk merekrut Eric Bailly pada bulan Juni 2016. Harga tersebut cukup murah bagi standar pemain belakang yang kala itu tampil cukup baik di sepanjang musim. Namun, saat ini kondisinya tampak berbeda. Karena, pemain asal benua Afrika itu dinilai sudah sedikit kehilangan bentuk.

Bagaimana tidak? Ia hanya memulai 43 pertandingan saja di liga selama tiga musimnya berada di Old Trafford. Bahkan, ketika berbicara banyak tentang catatan cedera pemain asal Pantai Gading itu, tidak ada kalimat penjelasan lain yang bisa mendeskripsikannya selain “rentan cedera”. Hal seperti inilah yang juga kerap membuatnya tampil tidak fit dan tidak konsisten.

Namun, meskipun begitu, Bailly tetap memiliki nilai jual bagi United. Seperti yang sempat dikutip dari MEN Sport sebulan lalu, ia masih bisa menjadi komoditas penjualan bagi pasukan Setan Merah dengan estimasi biaya jual sampai 30 juta paun. Memang, hal ini tidak akan membuat United mendapat keuntungan, terutama jika melihat harga jualnya yang masih sama dengan harga ketika mereka membelinya.

Marcos Rojo

Marcos Rojo bersikeras jika ia telah diyakinkan tentang masa depannya di United, akan tetapi, dipahami bahwa pihak klub sebetulnya sangat terbuka untuk menjualnya di musim panas ini. Memang, sedikit sulit untuk menerka berapa harga yang akan didapatkan United jika mereka menjual Rojo. Pasalnya, United hanya mengeluarkan 16 juta paun ketika merekrut pemain asal Argentina itu pada 2014 lalu.

Jadi, kemungkinan saat ini harga Rojo akan berkurang drastis apalagi jika mengingat penurunan performa dan catatan cedera yang sempat ia alami dalam beberapa waktu terakhir. Di sisi lain, Rojo sebenarnya telah menandatangani kontrak baru pada bulan Maret tahun ini, dan kontrak itu akan mengikatnya di Old Trafford hingga 2021.

Namun, menurut MEN Sports United akan tetap bisa menjual pemainnya itu meski memang akan ada resiko yang diperoleh. Resikonya adalah mereka harus rela menjual pemain berwajah latinnya tersebut dengan harga yang murah. Estimasi biaya potensial hasil penjualan Rojo adalah sekitar 10 juta paun.

Matteo Darmian

Matteo Darmian telah menjadi pemain yang terlupakan di United. Ia gagal mendapatkan waktu bermain reguler di bawah Jose Mourinho, dan juga mendapatkan cerita yang sama ketika ia berada di bawah asuhan Solskjaer.

Sekarang, Darmian sudah berusia 29 tahun, dan ia mendekati tahun terakhir pada kontraknya di United. Kemungkinan, pihak klub akan menjualnya di musim panas ini. Hal ini diperkuat setelah melihat catatan bahwa Darmian hanya melakoni 60 penampilan liga dalam empat tahun terakhirnya sejak ia tiba dari Torino.

Di sisi lain, United sendiri merekrut Darmian dengan harga 12,7 juta paun pada 2015. Namun, mereka saat ini mungkin hanya dapat menjual pemain full-back tersebut dengan harga yang tidak kurang dari harga belinya. Menurut MEN Sports biaya potensial hasil penjualan Darmian adalah sekitar 10 juta paun.

Paul Pogba

Manchester United bersikukuh bahwa Paul Pogba tidak akan hengkang dan bahkan dijual ke Real Madrid. Namun, ini semua bertentangan dengan laporan transfer yang mengklaim hal sebaliknya, jika sebetulnya sang pemain akan pergi meningkalkan Old Trafford pada musim panas nanti.

The Red Devils kemudian menilai laporan rumor tersebut dengan pernyataan bahwa pemain bintangnya itu adalah salah satu aset utama mereka. Padahal, tidak ada salahnya bagi United untuk membenarkan laporan transfer itu. Toh mungkin saja akan ada sebuah tawaran menggiurkan bernilai lebih dari 100 juta paun yang datang kepada mereka.

Angka sebesar itu bisa menutup biaya rekor dunia bernilai 89,3 juta paun yang tiga tahun lalu pernah dipecahkan United demi merekrut Pogba dari Juventus. Selain itu, mereka pun sebenarnya tidak terlalu rugi kehilangan pemain asal Prancis tersebut bila mengingat bentuk permainannya yang cenderung tidak konsisten dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut MEN Sports tawaran 100 juta paun adalah tawaran yang paling kecil yang mungkin akan didapati United ketika mereka benar-benar akan menjual Paul Pogba. MEN Sports sendiri menerka bahwa biaya potensial hasil penjualan Paul Pogba bisa mencapai lebih dari 150 juta paun.

Alexis Sanchez

Manchester United ingin mendapatkan keuntungan dari Alexis Sanchez. Entah itu berupa keuntungan dari bentuk penampilannya ataupun keuntungan dari hasil penjualannya. Karena selama ini, Sanchez dinilai tidak dapat tampil baik sesuai dengan upah besar yang ia peroleh di United. Jadi, wajar rasanya jika ada sebuah tuntutan seperti itu untuk pemain asal Chile terebut.

Maka sepertinya, hal yang paling mungkin terjadi pada Sanchez di musim panas ini adalah United akan mensubsidi upah Sanchez dengan membiarkannya pergi dengan status pinjaman. Menurut MEN Sports biaya potensial dari hasil peminjaman mantan pemain Arsenal itu adalah 20 juta paun. Nilai ini setidaknya akan menjadi “dana tambahan” bagi United ketika mereka ingin merekrut pemain sayap lain.

Romelu Lukaku

Hubungan antara Romelu Lukaku dan Inter Milan tampaknya semakin erat menjelang dibukanya jendela transfer musim panas ini. Apalagi ditambah dengan ketertarikan sang striker Belgia itu untuk pindah ke Serie A dan diasuh oleh Antonio Conte, semakin membuat masa depannya di United kian terlihat jelas.

Di sisi lain, Lukaku sendiri sudah kembali mencetak gol secara rutin di United setelah puasa gol dalam beberapa bulan. Secara total, sejauh ini ia sudah mencetak 42 gol di semua kompetisi dalam dua musimnya di Old Trafford. Namun kendati begitu, menurut MEN Sports, kemungkinan besar Lukaku akan membujuk petinggu klub untuk menjualnya, dan estimasi biaya potensial hasil penjualannya adalah sekitar 90 juta paun.

 

Sumber: Manchester Evening News

Comments

Loading...