OUR NETWORK

Empat Gelandang Alternatif Frenkie de Jong

Jendela transfer musim panas baru dibuka. Manchester United masih bisa mengakhiri pengejaran Frenkie de Jong jika Barcelona menolak menurunkan harga yang diminta. Karena sesuai dengan kabar sebelumnya, gelandang asal Belanda itu telah menjadi incaran utama Erik ten Hag di musim panas ini.

Diperkirakan Barcelona menginginkan sebanyak 85 juta paun untuk siapa pun yang akan merekrut De Jong. Nilai ini 10 juta paun lebih mahal dari ketika si pemain tiba di Nou Camp pada 2019 (75 juta paun). Di samping itu, mahalnya nilai transfer pemain berusia 25 tahun itu juga disebabkan oleh keinginannya yang masih ingin berada di Catalonia.

Namun, menurut MEN Sport, Frenkie de Jong sebetulnya bersedia mencari klub baru di tengah situasi keuangan Barcelona yang mengerikan. Maka mau tidak mau, kemungkian pemain yang berharga akan dijual dengan harga tinggi untuk menutupi masalah finansial tersebut.

Saat ini Barcelona diperkirakan memiliki hutang sekitar 850 juta paun, dan sekali lagi, mereka harus melepas beberapa asetnya agar tidak melanggar aturan keuangan La Liga. Situasi ini telah terbaca secara signifikan, dan semakin membuat United ingin segera merekrut De Jong.

Meskipun masih ada satu kendala yang mungkin akan menghalangi proses transfer ini. Karena tampaknya pihak klub United tidak mau membayar De Jong terlalu mahal. Itu berarti Ten Hag mungkin harus melihat alternatif lain. Mengingat pemain-pemain yang memiliki kualitas dan murah meriah tidaklah mudah untuk dicari.

Ditambah lagi gelandang yang sebelumnya diincar Manchester United seperti Ryan Gravenberch, sudah ke Bayern Munich. Dan pemain seperti Aurelien Tchouameni, sekarang ia sudah menjadi pemain Real Madrid. Jadi kira-kira siapa pemain yang bisa menjadi alternatif United untuk Frenkie de Jong?

Berikut daftar beberapa gelandang berkualitas dan murah meriah versi Transfermarkt.

Kalvin Phillips (50 juta paun)

Kalvin Phillips adalah salah satu pemain yang memang sudah ditargetkan oleh Manchester City dan juga Manchester United sejak lama. Sebenarnya Phillips sempat mengatakan bahwa ia masih bahagia berada di Leeds. Akan tetapi perasaan semacam itu sangat mudah berubah jika ada tawaran dari klub-klub besar.

Mungkin City memiliki sedikit keunggulan ketimbang United karena bermain di Liga Champions. Tapi mungkin saja justru Phillips lebih memilih United berkat satu dan lain hal. Pada intinya, pemain berusia 26 tahun itu dapat dengan mudah menjadi pembelian untuk visi jangka panjang Setan Merah. Dan tentu saja harganya tidak akan semahal Frenkie de Jong.

Matheus Nunes (35 juta paun)

Pemain Sporting Lisbon, Nunes, adalah pemain lain yang juga dikaitkan dengan Manchester United dan Manchester City. Bahkan Pep Guardiola sedikit menunjukkan ketertarikannya pada pemain ini dengan memberinya pujian setelah Sporting bertemu City di pertandingan Liga Champions.

Namun United tidak boleh kalah untuk menarik perhatian pemain berusia 23 tahun itu. Karena mereka memiliki keunggulan lebih untuk merekrut Nunes berkat hubungan baiknya dengan Sporting. Bahkan barangkali Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes, yang notabene bekas pemain Sporting, bisa menjadi faktor penentu dalam memikat Nunes ke Old Trafford.

Ruben Neves (40 juta paun)

Komentar Neves pada hari terakhirnya di musim ini telah menimbulkan spekulasi, bahwa ia bisa saja meninggalkan Wolves di musim panas ini. Gelandang asal Portugal itu telah dikagumi oleh Manchester United sejak lama. Meskipun dipahami bahwa ia bukanlah target prioritas.

Wolves dikabarkan sedang berdiskusi dengan Neves tentang masa depannya. Dan tampaknya si pemain tidak akan pergi ke mana-mana. Maka ini adalah kesempatan emas untuk United. Karena jika mereka tidak bisa mendapatkan De Jong, maka mendapatkan Neves merupakan alternatif terbaiknya.

Youri Tielemans (55 juta paun)

Youri Tielemans memiliki 12 bulan tersisa dalam kontraknya, dan ia juga sempat dikaitkan dengan transfernnya ke Old Trafford pada tahun lalu. Sekarang ia sedang memperkuat timnas Belgia di kompetisi Nations League. Dan beberapa waktu lalu ia mengakui bahwa ia bisa saja meninggalkan The Foxes di musim panas ini.

Setelah cedera selama beberapa waktu, Tielemans kembali menunjukkan performa terbaiknya di akhir musim lalu. Beberapa klub diperkirakan sedang memantaunya saat ini. Nah, jika United gerak cepat dan meninggalkan negosiasi De Jong yang berbelit-belit, Tielemans akan menjadi pemain baru pertama yang solid untuk Erik ten Hag. Terutama di lini tengah.

Comments

Loading...