OUR NETWORK

Cristian Romero, Bek Atalanta Incaran Manchester United

Ada kabar kalau Manchester United dihubungkan dengan bek Atalanta, Cristian Romero. Tapi, siapa sebenarnya Romero?

Saat bursa transfer dibuka, rumor pun mulai bermunculan. Manchester United tentu tak lepas dari rumor. Salah satunya Cristian Romero dari Atalanta. Apalagi United didesak banyak pihak untuk memperkuat lini pertahanannya.

Rumor soal Romero sebetulnya merupakan limpahan dari United yang mengincar bek tengah. Santer terdengar kalau United tertarik mendatangkan Raphael Varane dari Real Madrid. Namun, mendatangkan Varane jelas bukan urusan mudah. Lantas, hadirlah nama Romero yang merupakan salah satu bek terbaik di Italia saat ini.

Baca juga: Posisi yang Harus Diperkuat Manchester United Versi Gary Neville

Lantas, siapa Cristian Romero? Apa posisinya? Bagaimana cara bermainnya dan apakah ia akan menjadi pilihan di lini pertahanan United?

Profil Singkat Cristian Romero

Cristian Romero lahir pada 27 April 1998 di Cordoba, Argentina. Tingginya 185 sentimeter. ia mengawali kariernya di Belgrano, Argentina, sebelum hijrah ke Eropa pada 2018 dengan memperkuat Genoa. Kini, ia berstatus sebagai pemain Juventus. Namun, ia dipinjamkan ke Atalanta hingga 2022 dengan opsi pembelian.

Romero dibeli Juventus senilai 26 juta euro dari Genoa pada Juli 2019. Namun, ia tak sekalipun main buat I Bianconeri, karena kembali dipinjamkan ke Genoa. Setelah itu, ia dipinjamkan ke Atalanta hingga musim depan.

Sepekan lalu, dikabarkan Atalanta langsung mempermanenkan Romero. Mereka harus membayar 16 juta euro pada Juventus.

Permainan Romero di Atalanta cukup bagus. Ia menjadi salah satu bek terbaik di Serie A saat ini. Bahkan, oleh Serie A, ia mendapatkan penghargaan bek terbaik mengalahkan nama tenar lain seperti Milan Skriniar, Alessandro Bastoni, Stevan de Vrij, Matthijs de Ligt, hingga Kalidou Koulibaly.

Romero bermain buat timnas Argentina di U-20 dan U-23. Ia mencatatkan debutnya di timnas senior pada 3 Juni 2021 menghadapi Chile di pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Ia juga mencatatkan caps keduanya pada 8 Juni menghadapi Venezuela, di mana ia menjadi pencetak gol tercepat buat Albiceleste.

Gaya Main Romero

Romero punya duel udara dan tekel yang baik. Ia juga cepat dan mampu membaca permainan.

Romero biasanya memilih menunggu ketimbang langsung mendekati lawan dan menghentikannya. Ini yang membuat Romero menjadi pemutus umpan lawan terbanyak kedua di Serie A!

Dalam hal membangun serangan, Romero bisa memainkan bola dari bawah. Hal serupa juga dimiliki oleh Maguire di United. Duet Romero dan Maguire akan membuat serangan United dari bawah, bisa memiliki opsi lebih banyak.

Kemampuan tersebut juga ditunjang dengan kemampuan umpan Romero. Total umpan sukses Romero mencapai 86 persen dari 42 penampilannya di semua kompetisi.

Duel udara Romero, kalau dibandingkan, juga merupakan yang terbaik dengan semua bek tengah United yang ada. Romero memenangi 3,8 duel udara per pertandingan musim ini di semua kompetisi, sementara Magurie memenangi 3,7 duel udara, dan Victor Lindelof serta Eric Bailly memenangi dua duel udara.

Permainan bagus Romero juga tak lepas dari kerja sama yang baik dengan koleganya di lini pertahanan seperti Rafael Toloi, Berat Djimsiti, dan Jose Luis Palomino. Pertahanan yang digalang keempatnya membantu Atalanta berada di peringkat ketiga musim lalu dan berhak lolos ke Liga Champions musim ini.

Kelemahan Romero

Romero sebenarnya punya tekel yang bagus. Akan tetapi, ia terlalu banyak melakukannya yang membuatnya sering mendapatkan kartu kuning. Ia mendapatkan 21 kartu kuning dan dua kartu merah dalam dua musimnya di Serie A!

Berapa Harga Cristian Romero

United menyiapkan biaya transfer untuk mendapatkan Romero sekitar 40 juta paun. Namun, tampaknya angka tersebut masih terlalu rendah untuk merekrut pencetak gol tercepat buat timnas Argentina itu.

Atalanta sendiri ingin Romero ditebus setidaknya senilai 52 juta paun di musim panas ini. Kalau dihitung-hitung, Atalanta jelas untung besar, karena mereka mendapatkan Romero dengan status pinjaman, lalu dipermanenkan lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan Juve saat membelinya dari Genoa.

Meski demikian, United punya koneksi yang baik dengan Atalanta. Soalnya, musim lalu, The Red Devils merekrut Amad Diallo, yang bergabung pada Januari lalu.

Comments

Loading...