OUR NETWORK

Bagi United, Merekrut Pemain Baru Tidak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Jurnalis Manchester Evening News (MEN), Samuel Luckhurst, membuat tulisan dalam kolomnya tentang alasan kenapa United terlihat lambat dalam bursa transfer kali ini dan sebelumnya. Tulisan ini sekaligus meminta kepada para penggemar United untuk bersabar dan memberi tahu kalau membeli pemain tidak semudah membalikkan telapak tangan.

**

Penggemar Manchester United nampak tidak sabar karena klub belum mendatangkan satu pemain pun pada bursa transfer kali ini. Akan tetapi, para penggemar juga tidak berpikir secara realistis. Seandainya mereka bisa melakukan, maka akun twitter United mungkin ingin memilih untuk mem-bisukan komentar dari orang-orang yang tidak sabar.

Setiap postingan United selalu dibalas dengan kalimat seperti ‘umumkan De Ligt’ atau ‘umumkan James’, lalu minggu depan mereka akan dikaitkan dengan orang yang berbeda atau bahkan orang yang tidak mau mereka harapkan untuk datang, mereka kemudian digantikan lagi oleh De Ligt dan James.

Pendukung United sangat membutuhkan kabar baik dan pengumuman pembelian pemain baru. Siapa pun orangnya, yang penting pengumuman tersebut harus positif. Bahkan Lee Grant sekalipun, yang ditanda tangani oleh United 10 menit sebelum sepak mula Inggris melawan Kolombia di Piala Dunia. Dia adalah rekrutan terakhir yang dilakukan United.

Klub berusaha mengangkat suasana suram mereka dengan catatan penjualan tiket musiman yang sudah habis sebelum musim 2019/20 dimulai. Namun itu semua tidak disambut baik. Tidak ada pengumuman kontrak baru yang segera terjadi, sementara penggemar United yang sinis memilih untuk bernostalgia dengan treble, reuni, dan permainan apik yang mereka anggap sebagai sebuah pelarian.

Satu-satunya pengumuman United pada musim panas sejauh ini adalah jersey anyar mereka dan pengumuman Kristiansund sebagai lawan terbaru mereka pada pertandingan persahabatan di Oslo. Namun mereka tidak mengatur pergerakan di bursa transfer sehingga para penggemar menjadi tidak sabar. Penggemar menginginkan adanya perbaikan dengan cepat.

Orang dalam United menekankan bahwa mereka mengusahakan kesepakatan bisa dimulai pada akhir Mei. United sendiri sebenarnya sudah tidak bergerak dengan cepat pada bursa transfer sejak 2007 ketika mereka merekrut Nani dan Anderson saat perjalanan ke Lisbon, dengan bantuan Carlos Queiroz, dan merekrut Owen Hargreaves dari Bayern Munich keesokan harinya.

Banyak alasan mengapa United terkesan ‘tidak aktif’. Musim United berakhir lebih dari dua minggu yang lalu. Akan tetapi, kalender sepakbola Eropa masih berlangsung. Ada final Liga Europa, Liga Champions, pekan terakhir Serie A, final Copa Del Rey, dan final DFB-Pokal. Hal ini yang membuat beberapa klub belum dalam mode aktif pada bursa transfer.

Selain itu, mereka juga menunggu nasib di Liga Europa apakah mereka harus memulai dari fase grup atau kualifikasi. Mereka sebenarnya bisa memastikan nasib mereka kalau Cardiff sukses mereka kalahkan dan Arsenal kehilangan poin dari Burnley. Namun mereka harus menunggu sepekan lagi untuk melihat Watford dikalahkan Manchester City sehingga mereka terhindar dari babak kualifikasi yang berlangsung pada 26 Juli yang dianggap orang dalam United bisa mengganggun aktivitas transfer mereka.

Musim ini, United dipastikan ke Liga Europa pada tanggal 5 Mei. Ketika United masih dipegang Jose Mourinho, ia menyusun dua daftar transfer pada 2017. Satu daftar berisi pemain ketika mereka bisa bermain di Liga Champions. Satunya lagi ketika mereka bermain pada Liga Europa. Musim ini, United baru sebatas melakukan negosiasi kepada Julian Brandt. Mereka mencoba untuk merayu Brandt selama 11 jam kurang dari dua minggu yang lalu sebelum akhirnya ia memilih Borussia Dortmund.

Kalender internasional juga berpengaruh. Empat minggu setelah United dikalahkan Cardiff, ada pertandingan kualifikasi Piala Eropa yang dimulai. Selain itu, ada UEFA Nations League yang melibatkan beberapa incaran seperti Harry Maguire dan Declan Rice. Mereka masih berkomitmen dengan tim nasional mereka. Kejadian ini mengingatkan United ketika negosiasi mereka dengan Paul Pogba kerap tersendat karena dianggap mengganggu persiapan Prancis pada Piala Eropa 2016.

Daniel James mungkin tidak akan diumumkan hingga pertengahan Juni. Ayahnya meninggal mendadak minggu lalu dan James meninggalkan camp latihan Wales di Portugal. Akan tetapi, ia bisa dimainkan melawan Kroasia dan Hongaria. Kalau James benar-benar menjadi rekrutan United, mereka memilih untuk memberikan kesempatan kepada si pemain untuk fokus ke tim nasional terlebih dahulu.

Musim lalu, United berhasil melakukan tes medis untuk merekrut Fred sebelum ia berangkat ke Piala Dunia. Secara kebetulan saat itu Brasil akan bermain di Anfield dalam laga persahabatan sehingga kesepakatan bisa dikebut. Baik Fred dan Dalot sudah mulai didekati United sejak bulan Mei. Namun hal itu bisa dilakukan karena United membayar klausul mereka sehingga negosiasi menjadi lebih mudah. Hal itu yang tidak ada dalam pembelian James meski kesepakatan dikabarkan sudah terjalin.

Biasanya, United tidak akan membeli pemain sebelum kalender internasional berakhir. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah target mereka mendapat cedera parah atau tidak. Kejadian seperti ini pernah terjadi pada 2014 saat Arturo Vidal tidak jadi direkrut Van Gaal karena lututnya bermasalah.

Perekrutan Memphis Depay pada 2015 dikebut karena Liverpool dan PSG berminat serius kepadanya. Louis van Gaal juga ikut turun tangan saat itu. Untuk pemain yang direkrut dengan bebas transfer, United kerap menunggu hingga 1 Juli agar kontrak si pemain benar-benar berakhir dan si pemain benar-benar berstatus tanpa klub seperti dalam kasus Zlatan Ibrahimovic.

Dalam tiga musim terakhir, pergerakan United baru benar-benar dimulai pada awal Juni yaitu ketika pembelian Eric Bailly dan Victor Lindelof. Selain itu, ada Dalot dan Fred yang datang pada minggu pertama Juni untuk pengambilan gambar promosi mereka meski pengumumannya baru diumumkan beberapa hari kemudian.

Comments

Loading...