OUR NETWORK

Axel Tuanzebe Dipinjamkan Kembali ke Aston Villa

Bek Manchester United, Axel Tuanzebe, kembali bergabung bersama Aston Villa dengan status pinjaman. Musim lalu, bek berusia 20 tahun tersebut mengalami cedera yang membuat kontribusinya buat Villans terbilang minim.

Villa sendiri saat ini dimanajeri oleh mantan pemain The Red Devils, Steve Bruce. Ia merupakan pengagum talenta Tuanzebe yang membuatnya kembali meminjam pemain kelahiran Republik Demokratik Kongo tersebut.

Peminjaman ini sepertinya sudah dipersiapkan sebelum tur pramusim. Akan tetapi, karena komitmen Tuanzebe untuk menyelesaikan pramusim, membuatnya harus bertahan di MU dan baru pindah pada Senin (6/8) kemarin. MU pun mengizinkannya untuk dipinjamkan agar ia mendapatkan menit bermain lebih banyak di tim utama.

Dalam pertandingan terakhir di pramusim menghadapi Bayern Munich, Tuanzebe mendapatkan pujian langsung dari Jose Mourinho. “Ada momen saat Axel di bek tengah bergerak ke kiri, Demetri di wing-back kiri, Garner di gelandang kiri, dan Chong. Di saat yang sama ada Lewandowski yang dikawal Axel, Robben oleh Mithcell, Goretzka oleh Garner, dan Sule oleh Chong. Amat fantastis, sungguh fantastis. Kami bermain menghadapi tim terbaik mereka, itu adalah skuat lengkap mereka, kecuali Tolisso,” tutur Mourinho.

Alumnus Akademi Manchester United ini belum diturunkan dalam laga pertama Villa di Divisi Championship menghadapi Hull City karena waktunya mepet. Meskipun demikian, Villa berhasil menang 3-1 yang bisa menjadi awal mulusnya masa peminjaman Tuanzebe bersama Aston Villa. Ia diprediksi baru akan diturunkan ketika menghadapi Wigan Athletic pada akhir pekan nanti.

“Amat senang bisa kembali,” kata Tuanzebe dikutip dari website Aston Villa. “Ini adalah kesebelasan besar dan bisa bermain kembali merupakan sebuah kehormatan buatku. Kini aku tahu sekelilingku dan aku berutang pada orang-orang hebat yang peduli padaku.”

Sementara itu, situs resmi Manchester United pun memberikan ucapan selamat dan harapan pada Tuanzebe. “Semua orang di United berharap Axel beruntung untuk musim ini sebagai mana ia menjadi pemain MU kelima yang dipinjamkan,” tulis situs resmi MU.

Musim ini, selain Tuanzebe, Mu juga meminjamkan Joel Castro Pereira ke Vitoria Setubal, Dean Henderson ke Sheffield United, Cameron Borthwick-Jackson ke Scunthorpe United, serta Matty Willock ke St. Mirren.

Dipinjamkannya Tuanzebe memang menjadi opsi terbaik buat si pemain juga buat klub. Masalahnya, di posisi Tuanzebe ada banyak pemain yang mengantre untuk bisa ditempatkan sebagai pemain utama. Belum lagi para pemain yang lebih senior dan punya pengalaman yang mungkin akan didahulukan oleh Mourinho.

Selain itu, Mourinho juga sudah menggembar-gemborkan kalau dirinya menginginkan tambahan pemain baru yang salah satunya berposisi sebagai bek tengah. Bek baru ini jelas amat diandalkan oleh Mourinho yang membuat peluang Tuanzebe untuk bermain amatlah kecil kalau masih bertahan di MU.

Selain itu, dipinjamkannya ke Aston Villa juga bukannya tanpa alasan. Dengan bermain di Divisi Championship, peluang Tuanzebe untuk bisa bermain terbuka lebar. Kualitas rekan setim maupun pemain lawan masih setara dengannya sehingga ia tak perlu adaptasi terlalu lama untuk bisa nyetel dengan tim. Apalagi, musim lalu pun ia pernah bermain untuk Villa.

Harapan lainnya adalah kehadiran Steve Bruce yang dianggap menghargai bakat Tuanzebe. Dengan statusnya sebagai mantan pemain Manchester United, Bruce pun diharapkan bisa mengangkat Tuanzebe agar bisa menjadi bek tangguh sepertinya.

Comments