OUR NETWORK

Willie Kirk Pergi Meninggalkan Tim Perempuan United

Kabar buruk datang dari kesebelasan perempuan Manchester United. Di tengah performa mereka yang menanjak pada musim pertamanya, mereka justru ditinggal oleh asisten pelatih mereka, Willie Kirk. Mantan pelatih Livingston ini memilih untuk mengundurkan diri setelah ditunjuk sebagai asisten Casey Stoney awal musim lalu.

“Keputusan yang sangat sulit untuk dibuat, tapi keputusan ini harus saya buat demi perkembangan karier saya selanjutnya. Saya mencintai hari-hari saya bersama Manchester United dan berada bersama mereka adalah perjalanan yang mengasyikan. Terima kasih kepada Manchester United, para staf, dan pemain yang telah memberikan kesan yang baik. Terima kasih juga untuk Casey Stoney atas kesempatannya,” tutur Kirk dalam akun twitternya.

Tidak berselang lama setelah kabar pengunduran diri tersebut, akun tim sepakbola perempuan Everton mengumumkan kalau Kirk akan menjadi manajer mereka. Ia diangkat untuk menggantikan Andy Spence yang meninggalkan The Toffees Ladies per November 2018 lalu.

Kirk sendiri ditunjuk untuk mengangkat performa Everton yang belum meraih satu kemenangan pun sejak awal musim dan menderita empat kekalahan beruntun. Posisi mereka pun masih terjebak di urutan kesembilan atau hanya unggul dua poin dari Yeovil yang berada di urutan paling bawah.

“Everton punya sejarah bagus dan punya reputasi yang baik untuk menelurkan para pemain-pemain muda terbaik. Fasilitas di Finch Farm pun juga sangat luar biasa dan saya tidak sabar untuk memulai perjalanan ini,” tutur Kirk dalam situs resmi mereka.

Tuah Kirk pun langsung muncul dalam partai debutnya. Everton meraih kemenangan 2-1 dalam derby Merseyside melawan rival sekota mereka, Liverpool. Gol dari Inessa Kagman dan Simone Magill memberikan kemenangan pertama bagi mereka di musim ini.

“Ini adalah partai pertama saya, laga derby, dan mendapatkan tiga poin. Saya berharap akan mendapat banyak poin kedepannya. Kami harus fokus untuk hari ini dan besok, bukan tentang apa yang terjadi sebelumnya. Hasil ini adalah standar minimum dan semoga kedepannya kami bisa mengulangi hasil yang kami raih saat ini,” tutur Kirk selepas pertandingan.

Belum Mencari Pengganti Kirk

Di sisi lain, tim perempuan Manchester United nampaknya belum akan mencari pengganti Kirk dalam waktu dekat. Casey Stoney saat ini hanya akan ditemani oleh pelatih kiper, Ian Willcock dan pelatih kebugaran Elle Turner. Kehilangan Kirk pun nampaknya tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap performa Jessica Sigsworth dan kawan-kawan.

Musim ini, performa tim perempuan United justru jauh lebih baik ketimbang tim putra mereka. Meski baru menjalani musim pertama di kompetisi profesional Inggris, Setan Merah menunjukkan penampilan yang begitu dominan terutama di FA Women Championship.

Dari sembilan pertandingan yang sudah dijalani, United memenangi delapan diantaranya. Hanya Durham satu-satunya tim yang bisa menghambat laju mereka di liga. Kekalahan yang mereka derita pun baru terjadi di ajang WSL Cup saat menghadapi Reading.

Selain merajai klasemen, United juga unggul dari sisi produktivitas gol. Sudah 42 gol yang dicetak mereka hanya untuk pertandingan liga. Duet Jess Sigsworth dan Mollie Green sama-sama menjadi top skor sementara dengan sembilan gol. Tidak hanya itu, gawang Siobhan Chamberlain pun baru kebobolan satu gol saja musim ini.

Comments