OUR NETWORK

Tinggalkan United, Josh Harrop Hijrah ke Preston North End

Gelandang muda milik Manchester United, Josh Harrop akhirnya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Iblis Merah. Kepastian ini diperoleh setelah situs resmi United mengumumkan kepindahan pemain berusia 21 tahun ini ke klub Divisi Championship, Preston North End.

Keinginan untuk tampil secara reguler menjadi alasan utama kepindahan Harrop dari Manchester. Pemain yang posisi utamanya sebagai gelandang serang ini menginginkan menit main yang cukup. Sesuatu yang tampaknya sulit untuk diraih Harrop jika ia memperpanjang kontrak di United.

“Saya telah berusia 21 tahun dan saya begitu percaya diri untuk menginginkan tampil secara reguler di luar sana. Saya tidak mendapatkan jaminan itu di United. Meski klub (United) menawarkan kontrak baru tapi mereka tidak memberikan saya garansi bermain. Untuk itu saya tidak mau mengambil risiko. Saya perlu membuktikan diri dan menunjukkan apa yang saya bisa di luar sana,” tuturnya.

Musim lalu Harrop memang menunjukkan penampilan yang cukup gemilang di kesebelasan reserves Manchester United. Ia menjadi top skor klub dengan membuat 10 gol dalam 25 penampilan. Ia bahkan membuat hattrick di laga terakhir tim reserves menghadapi Tottenham Hotspur. Penampilan apiknya ini pun berbuah dengan diberikannya debut di tim utama menghadapi Crystal Palace.

Debutnya pun dijalankan oleh Harrop dengan cara yang elegan. Bermain di sisi kiri penyerangan, ia mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 United atas Palace.  Saat itu ia mengecoh beberapa pemain belakang Palace sebelum tendangannya menjebol gawang Wayne Hennesey. Pemain kelahiran Stockport ini juga menjadi pemain United ke-100 yang bisa mencetak gol di kompetisi tertinggi negeri ratu Elizabeth tersebut.

Akan tetapi Harrop diprediksi akan sangat sulit untuk bisa menembus tim utama di musim depan. Sebagai seorang gelandang serang ia masih harus bersaing dengan nama-nama berpengalaman macam Juan Mata, Wayne Rooney, Paul Pogba, serta Henrikh Mkhitaryan. Di sisi kiri pun masih terdapat Anthony Martial, Marcus Rashford dan Jesse Lingard yang kerap menjadi pilihan utama Jose Mourinho. Hal ini belum ditambah dengan hadirnya kembali seorang Andreas Pereira (kembali dari Granada) serta isu pembelian Ivan Perisic dan Anderson Talisca.

Meski berat meninggalkan United namun Harrop mengaku cukup puas dengan apa yang ia tunjukkan di laga terakhir liga Inggris musim lalu. Yang diinginkan oleh Harrop sekarang hanyalah bergerak maju dan berjuang bersama Preston musim depan.

“Keputusan besar bagi saya meninggalkan United. Apalagi banyak memori yang tidak bisa saya lupakan di sini. Tetapi saya percaya diri dan ini adalah keputusan terbaik yang bisa saya buat,” ujar Harrop.

Ia menambahkan,”Saya meninggalkan United dengan cara yang baik. Impian untuk debut sudah terwujud dan sekarang saya ingin bergerak maju. Untuk itu saya membutuhkan banyak langkah dan berusaha sebaik mungkin untuk melaju ke arah sana.”

Di Preston nanti, Harrop akan bertemu dengan beberapa nama yang sebelumnya pernah memperkuat Manchester United seperti Anders Lindegaard, Marnick Vermijl, Liam Grimshaw, serta Ben Pearson. Harrop sendiri nantinya akan dikontrak selama empat tahun bersama klub yang musim lalu finis di posisi ke-11 klasemen akhir Divisi Championship tersebut.

“Saya berharap saya dapat membantu klub untuk meraih promosi bersama Preston North End dan membantu mereka untuk finis di posisi setinggi mungkin,” ujarnya kepada ESPN.

Sumber: ESPN, ManUtd.com

Comments

Loading...