OUR NETWORK

Tidak Ada Simpati untuk Jose Mourinho

Graeme Souness mengatakan jika ia tidak akan bersimpati dengan masalah cedera yang dialami Jose Mourinho, mengingat ukuran dan kualitas skuat Manchester United saat ini yang dianggap lebih memiliki banyak opsi.

Sebelumnya, skuat asuhan Mourinho sempat mengalami empat pertandingan tanpa kemenangan pada akhir tahun 2017 lalu. Namun, Manchester United akhirnya berhasil keluar dari rentetan hasil buruk tersebut setelah menang 2-0 atas Everton di Goodison Park pada awal tahun 2018 ini meski bermain tanpa Romelu Lukaku di skuat utamanya.

Mourinho lalu langsung mengatakan kepada pers jika United dipaksa untuk mengubah profil permainan mereka dan mengganti peran Lukaku dengan Anthony Martial. Walaupun rumit, tapi perubahan tersebut berbuah hasil karena pemain berkebangsaan Prancis itu berhasil mencetak gol pembuka sebelum akhirnya Jesse Lingard mengunci kemenangan 10 menit kemudian.

Bos United itu juga menambahkan bahwa timnya, sebenarnya dalam situasi yang “bermasalah” karena cedera yang dialami Zlatan Ibrahimovic, Eric Bailly dan Antonio Valencia berpengaruh pada skuat utamanya. Di antara keempat pemain itu, ada pula Lukaku yang ‘ikut bergabung’ menuju ruang fisioterapi untuk proses penyembuhan. Mourinho pun merasa kebingungan dengan situasinya tersebut dan sulit untuk memutuskan apakah ia harus belanja pemain di bursa transfer Januari atau tidak.

Menyoroti hal itu, Graeme Souness menanggapi pernyataan Mourinho dengan mengatakan jika sebenarnya kekuatan United secara mendalam lebih berarti daripada harus merasa kasihan pada keluhan kondisi yang dialami manajer asal Portugal itu saat ini.

“Setiap manajer menginginkan pemain yang lebih banyak dan lebih baik, tapi Jose Mourinho tidak akan mendapat banyak simpati dari publik sepakbola Inggris jika ia berkata seperti itu,” tutur Souness saat berbicara di studio Sky Sports setelah pertandingan Manchester United melawan Everton.

“Dia bisa pergi keluar dan menghabiskan dana sampai 200 juta paun hanya untuk dua sampai tiga pemain. Saya tidak berpikir jika orang-orang akan merasa sangat kasihan padanya. Tim itu adalah Manchester United, dan United adalah salah satu klub terkaya dan terbesar di dunia. Mereka menjadi besar bukan karena mereka telah menjadi klub terkaya di dunia. Mereka punya dan membawa skuat yang baik dan berkelas, mereka ada di semua kompetisi, tapi itulah yang seharusnya menjadi perhatian lebih.”

Graeme Souness menilai bahwa keluhan Mourinho saat konfersi pers tidak akan menarik simpati dari banyak pihak, dan apa yang sebenarnya dilakukan eks manajer Real Madrid itu justru akan membuat dirinya sendiri ditumpahkan banyak kritik.

“Cedera datang kepada semua orang, semua tim dan setiap manajer merasakannya sepanjang musim, seharusnya itu tidak akan mempengaruhi dia sedikitpun. Keluhannya, atau bermain untuk mendapat simpati, tidak akan dipedulikan karena semua orang akan menjadi ‘tuli’ ketika mendengarnya. Karena itu, Manchester United telah memiliki skuad besar dan hebat yang dipenuhi pemain top, maka saya tidak akan melihat argumen itu berpengaruh pada skuat United.”

 

Sumber: Sky Sports

Comments

Loading...