OUR NETWORK

Tidak Ada Alasan Mourinho untuk Pergi dari United

Tidak ada alasan untuk Jose Mourinho pergi dari Manchester United. Itulah statement yang dikeluarkan oleh agen Mourinho, Jorge Mendes. Agen super yang menaungi nama-nama tenar seperti David De Gea, James Rodriguez, hingga Cristiano Ronaldo ini menyebut kalau kliennya akan tetap berkomitmen bersama Setan Merah.

“Kabar yang menyebut kalau Mourinho akan meninggalkan United adalah tidak benar. Jose sangat senang berada di klub ini dan klub pun senang bekerja sama dengannya. Dia memiliki kontrak jangka panjang dengan Manchester United dan berkomitmen penuh untuk klub dalam membangun proyek untuk menjadi klub pemenang,” tuturnya.

Rumor kepergian Mourinho mencuat dalam beberapa hari terakhir. Hal ini disebabkan munculnya ketertarikan Real Madrid untuk membawanya kembali ke Santiago Bernabeu. Kubu Los Galacticos masih belum puas dengan kinerja Santiago Solari meski mantan gelandang Argentina tersebut dikontrak permanen hingga akhir musim ini.

Tidak hanya itu, beberapa media bahkan sudah mengeluarkan berita kalau United sedang mempersiapkan Mauricio Pochettino sebagai pelatih anyar mereka. The Sun melansir kalau Sir Alex sudah memberikan lampu hijau untuk mengizinkan mantan pelatih Espanyol tersebut menangani Red Devils. Sir Alex sendiri ditengarai adalah pengagum Pochettino.

Mantan penggawa tim nasional Argentina tersebut adalah kandidat untuk menjadi pelatih United berikutnya. Di belakang nama Pochettino, ada Zinedine Zidane, Antonio Conte, dan Laurent Blanc yang dijadikan alternatif jika Pochettino tidak bersedia bergabung dengan klub.

Masa depan Mourinho bersama United juga sedang terombang-ambing. Ia memasuki masa sulit pada musim ketiganya menangani Setan Merah. Saat ini mereka terjebak di urutan kedelapan dan hingga tulisan ini dibuat, United sudah tidak meraih kemenangan dalam empat pertandingan beruntun di Liga Primer.

Mourinho sendiri sebenarnya masih memiliki kontrak hingga musim panas 2020 mendatang. Namun bukan tidak mungkin dirinya akan mengakhiri kebersamaan dengan United mengingat tidak sedikit penggemar yang sudah tidak percaya lagi dengan kemampuan Mourinho menangani klub.

Salah satu koresponden BBC, Simon Stone, menyebut ada sesuatu yang nampaknya akan menjadi pemberitaan besar di kemudian hari terkait pengumuman yang dikeluarkan Mendes. Hal ini dikarenakan pribadi Mendes yang dikenal jarang berbicara di depan media terkait nasib kliennya di sebuah kesebelasan.

“Jorge Mendes jarang berbicara di depan umum, jadi ada sesuatu yang kemungkinan sangat signifikan terkait pernyataan yang telah ia rilis tersebut. Untuk itu, pihak United harus memberikan tanggapan apakah mereka benar-benar setuju dan masih mendukung Mourinho atau tidak,” ujarnya.

Pergolakan masa depan Mourinho sebenarnya sudah berlangsung sejak musim 2018/19 bergulir. Ketika itu, United hanya memenangi satu pertandingan pra musim dan menelan dua kali kekalahan dari tiga pertandingan pertamanya. Meski begitu, ia tetap santai dengan pemberitaan tersebut.

“Mereka (media) bilang saya sedang berada dalam posisi berbahaya, tapi saya tidak berpikir seperti itu. Jika pihak klub memecat saya, apakah kamu tahu berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk diberikan kepada saya sebagai kompensasi?”

Masalah kompensasi ini juga yang dikabarkan membuat United belum mau melepas Mourinho di luar dari kontraknya. Dilansir dari The Guardian, gaji setahun Mourinho di United adalah 15 juta paun atau sekitar 288 miliar rupiah. Ed Woodward, selaku Excecutive Vice Chairman United, juga mengatakan kalau United saat ini tidak memiliki masalah apapun dan mayoritas pemain sudah mulai menyatu dengan Mourinho.

Comments

Loading...