OUR NETWORK

Tak Dibutuhkan Mou, Schneiderlin Pasti Pergi Januari Nanti?

Morgan Schneiderlin telah menjadi bagian dari Manchester United sejak Juli 2015. Ia dibeli oleh United dari Southampton berkat permainannya sebagai gelandang bertahan yang mengesankan pada musim 2014/2015 di klub yang berjuluk The Saints tersebut. Namun, kemampuan yang ia tunjukkan di Southampton tidak terlihat di Manchester United besutan Louis van Gaal.

Musim 2016/2017 tiba, dan meskipun United berganti nahkoda dari Van Gaal ke Jose Mourinho, Schneiderlin masih jarang tampil. Permainannya dianggap tidak sesuai dengan ekspektasi Mou.

Schneiderlin sempat diminati Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim panans lalu. Namun, ia dilarang oleh Mou untuk pindah ke The Lily Whites. Beberapa bulan berlalu, keputusan Mourinho terhadap karier Schneiderlin di Manchester United berubah. Berdasarkan The Sun pada 26 Oktober 2016, Mourinho mempersilakan Schneiderlin untuk hengkang dari The Red Devils pada bursa transfer Januari mendatang.

Schneiderlin dipastikan tidak terpakai dalam skema 4-2-3-1 milik Mourinho. Ia gagal bersaing dari Marouane Fellaini, Ander Herrera, Michael Carrick, dan Paul Pogba, dalam memperebutkan tempat di poros ganda.

Hingga minggu pertama di bulan Desember 2016 ini, Schneiderlin hanya bermain delapan kali dari empat kompetisi yang dilakoni Manchester United. Ia tiga kali main di Liga Primer, dua kali di Europa League, dua kali di Piala Liga Inggris atau EFL Cup, serta sekali di Community Shield. Meski mencatatkan delapan penampilan, jumlah menitnya terbilang sedikit, yakni hanya 238 menit atau kurang dari tiga pertandingan penuh.

Musim 2016/2017, Schneiderlin belum memperlihatkan permainan yang istimewa seperti dua tahun lalu kala ia mendapatkan titel gelandang bertahan terbaik di Liga Primer. Namun, permainannya yang belum baik ini tak menjadikan dirinya sepi peminat. Ada beberapa kesebelasan papan tengah Liga Primer yang membutuhkan jasanya.

The Telegraph menyebutkan ada dua kesebelasan yang meminatinya. Kesebelasan yang dimaksud adalah Everton dan West Bromwich Albion. The Telegraph lebih lanjut memberitakan bahwa Ronald Koeman telah siap untuk bereuni kembali dengan mantan anak didiknya di klub yang ditanganinya sekarang, Everton. Schneiderlin sendiri diorbitkan oleh Ronald Koeman untuk menjadi gelandang bertahan terbaik Liga Primer Inggris pada dua tahun lalu. Schneiderlin menjadi opsi pembelian Koeman karena harga jualnya yang  bernilai 20 juta poundsterling terasa rasional daripada harus membeli Steven Nzonzi yang bernilai di atas 25 juta poundsterling.

Senada dengan Koeman, Tony Pulis berambisi untuk mendatangkan Schneiderlin ke West Brom pada Januari mendatang setelah kemungkinan mendatangkan William Carvalho dari Sporting Lisbon adalah sangat kecil. Morgan Schneiderlin menjadi target Pulis bersama dengan Jay Rodriguez dari Southampton dan Mamadou Sakho dari Liverpool.

Terkait dengan transfer ini Pulis bilang, “Kami berharap bisa mendapatkan beberapa poin baik sebelum bursa transfer dibuka dan lalu saya berpikir bahwa jika kita mendapatkan pemain-pemain yang diinginkan dan ditargetkan, maka itu akan menjadi amat menyenangkan bagi semua orang dan klub.”

Musim lalu, Schneiderlin terbilang padu di lini tengah United yang biasanya memasang dua gelandang tengah. Schneiderlin biasa dipasangkan dengan Ander Herrera atau Bastian Schweinsteiger. Terlebih, cederanya sejumlah bek United membuat Michael Carrick, yang juga baru sembuh cedera, mesti melapis menjadi bek tengah. Ini yang membuat musim lalu Schneiderlin diberikan banyak kesempatan dengan bermain 29 kali di liga dan mencetak satu gol.

Comments

Loading...