OUR NETWORK

Steve Nicol: Fred Lebih Baik dari Fellaini dan Herrera

Mantan pesepakbola yang saat ini menjadi pundit, Steve Nicol, mengklaim bahwa mendatangkan Fred ke Manchester United adalah sebuah langkah yang tepat sebelum dimulainya musim baru 2018/2019. Ia juga berpendapat jika pemain seperti Fred lebih baik dari gelandang milik United saat ini, Marouane Fellaini dan Ander Herrera.

Sebelumnya, pemain asal Brasil tersebut berhasil menyelesaikan kepindahannya dari Shakhtar Donetsk ke Old Trafford, dan penggemar United sangat bersemangat tentang kedatangan pemain baru klubnya itu. United dikabarkan harus merogoh keuangan mereka hingga sekitar 50 juta paun untuk mendatangkan Fred. Hal ini diharapkan menjadi sebuah penanda bahwa ia akan menjadi pemain yang tepat untuk memainkan skema formasi 4-3-3 di bawah Jose Mourinho musim depan.

Meski, pada kenyataanya manajer asal Portugis itu biasanya berpegang teguh pada taktik 4-2-3-1 favoritnya, tetapi tampaknya ia bersedia untuk mengubah formasi rutinnya tersebut guna memaksimalkan permainan timnya. Sekaligus juga mencari skema yang terbaik untuk pemain ‘kesayangannya’ Paul Pogba. Di sisi lain, Steve Nicol melihat bahwa kedatangan Fred ke United adalah sesuatu yang mengesankan. Ia pun menjelaskan alasan mengapa Mourinho harus mengeluarkan uang yang besar untuk sekedar mendatangkannya.

“Ya saya pikir United memperlihatkan langkah yang bijaksana. Pria itu (Fred) berbakat, dan jika Brasil memenangkan Piala Dunia, saya yakin dia pasti memainkan peran utama. Maka memang tak heran jika United arus membayarnya hingga 50 juta paun, padahal bisa saja Shakhtar meminta sampai lebih dari 60 juta paun atau bahkan 70 juta paun. United harus senang dengan langkah mereka ini,” tutur Steve Nicol dikutip dari ESPN.

Eks pengawa Liverpool itu kemudian berpendapat bahwa kapabilitas Fred lebih baik ketimbang dua gelandang yang dimiliki United saat ini seperti Marouane Fellaini dan Ander Herrera. Maka tak heran jika mendatangkan Fred ke Old Trafford adalah salah satu rencana ciamik yang diperuntukkan untuk me-upgrade kualitas tim mereka di musim depan.

“Jadi, saya pikir hal ini adalah langkah yang cerdas. Fred adalah pemain berkelas dan berbakat, dia akan membuat tim United lebih baik di musim depan. Menurut saya, dia lebih baik daripada Fellaini, dan bahkan dia juga lebih baik daripada Herrera. Maka tak heran jika ini adalah rencana yang ciamik untuk benar-benar me-upgrade kualitas tim United,” pungkas Nicol.

“Satu-satunya hal yang pemain ini (Fred) tidak lakukan adalah mencetak banyak gol. Memang wajar, dia berposisi di tengah. Tapi itu bukan masalah untuk United, karena mereka sudah tepat mendatangkan pemain yang bisa menutup segalanya di tengah, dan dapat dengan mudah membuka skema serang dari lini tengah. Dia bisa melakukan keduanya.”

Sudah jelas bahwa Manchester United memang telah menandatangkan gelandang berkualitas sekelas Fred, namun akan terlihat lebih jelas lagi jikalau pemain seperti dirinya dapat beradaptasi dalam permainan cepat dan keras di Premier League. Ada harapan bahwa Fred dapat langsung bermain di awal musim, tetapi dengan mengingat catatan Jose Mourinho sebelumnya, kemungkinan besar ia akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan skema yang diterapkan eks pelatih Chelsea tersebut.

 

Sumber: The Peoples Person, ESPN

Comments