OUR NETWORK

Selamat Datang di Manchester United, Craig Mawson

Ole Gunnar Solskjaer sedang bekerja keras untuk membangun Manchester United versinya sendiri. Selain beberapa kebijakan dari segi pemilihan pemain dan bursa transfer, Ole juga sedang mencoba merekrut banyak sekali staf pendukung untuk memperkuat tim kepelatihannya.

Baru-baru ini, Setan Merah resmi menunjuk Craig Mawson sebagai asisten pelatih kiper tim utama Manchester United. Mawson adalah pelatih kiper tim akademi dan asisten pelatih kiper utama Burnley.  Ia bergabung dengan United untuk menjadi asisten dari Richard Hartis selaku pelatih penjaga gawang tim utama. Yang menarik, kepasiatn Mawson bergabung terjadi beberapa hari setelah United menang atas Burnley dimana ketika itu Mawson terlibat bersama tim utama.

Tujuan direkrutnya Mawson tidak semata-mata untuk bekerja bersama Hartis. Namun Solskjaer mengharapkan keberadaan pria 40 tahun tersebut bisa mengembalikan kepercayaan diri penjaga gawang utama klub, David de Gea. Penjaga gawang Spanyol ini memang sedang berada dalam sorotan terkait performanya yang menurun. Meski baru mendapat clean sheet ketika melawan Burnley, banyak yang merasa kalau De Gea butuh tambahan seseorang yang bisa membuat penampilannya kembali menjadi lebih baik.

Sebelumnya, De Gea dimentori oleh Emilio Alvarez yang sukses membuat namanya menjadi penjaga gawang terbaik Premier League musim 2017/18 dan menjadi pemain terbaik klub empat kali berturut-turut. Emilio kemudian meninggalkan klub pada September 2019 lalu dan mungkin ditengarai menjadi penyebab menurunnya penampilan Dave. Sosok Mawson diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan dirinya.

“Ini adalah kesempatan yang tidak bisa saya lewati. Bekerja di posisi senior di klub seperti Manchester United adalah kesempatan fantastis yang harus saya ambil. Saya menantikan waktu untuk bekerja dengan Richard Hartis, para pelatih, staf, dan pemain lainnya. Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi klub dan saya senang menjadi bagian dari itu,” tutur Mawson kepada situs resmi Burnley.

Rekam Jejak Karier Mawson

Sosok pria kelahiran Keighley ini memang sangat lekat dengan The Clarets. Selain sudah sembilan tahun menjadi pelatih penjaga gawang tim akademi dan kerap terlibat bersama tim utama, Burnley merupakan kesebelasan profesional pertama Mawson saat ia masih berstatus sebagai pemain profesional.

Akan tetapi, kariernya tidak terlalu mentereng. Ia belum pernah bermain di kompetisi domestik bersama mereka sejak 1997 hingga 2001. Kesempatan bermain baru ia dapat ketika memperkuat Halifax Town. Karier sepakbola seorang Mawson lebih banyak dihabiskan untuk tim-tim yang bermain di League One atau League Two macam Morecambe, Oldham Athletic, Hereford United, Droylsden, dan Hyde. Morecambe menjadi kesebelasan yang paling sering diperkuat oleh Mawson yaitu 123 caps.

Meski gagal menjadi pemain, namun reputasi Mawson di dunia kepalatihan terbilang cukup mentereng. Saat ia kembali ke Burnley sebagai pelatih kiper tim U-18, ia mendapat gelar pelatih kiper terbaik FA pada tahun 2015. Hal itu menjadi sebuah kebanggaan bagi Mawson mengingat karier dia yang lebih banyak dihabiskan bersama tim junior ketimbang tim utama.

“Burnley adalah bagian besar dalam hidup saya dan saya telah membangun hubungan yang sangat nyata dengan klub. Saya benar-benar menikmati seluruh waktu saya di sana entah sebagai pemain dan pelatih. Saya berterima kasih kepada Billy Mercer, pelatih kiper utama Burnley dan semua staf akademi yang sudah bekerja sama dengan saya.”

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semua atas apa yang sudah mereka lakukan untuk saya dan untuk landasan sempurna yang telah mereka berikan pada saya,” tutur Mawson dalam ucapan perpisahannya sebelum hijrah ke United.

Selamat datang di kelurga barumu, Craig Mawson.

 

Comments

Loading...