OUR NETWORK

Ryan Giggs dan Dukungannya pada Jose Mourinho

Beberapa penggemar Manchester United mungkin sudah malas melihat penampilan klub kesayangannya dalam beberapa hari terakhir. Mereka geram mengingat dalam empat pertandingan terakhir, Setan Merah tidak bisa meraih kemenangan dan hanya mengumpulkan tiga hasil imbang dan satu kekalahan memalukan dari West Ham United.

Banyak yang menginginkan adanya perubahan dalam struktur manajerial Manchester United. Mereka ingin Mourinho didepak sesegera mungkin dari Old Trafford dan menggantinya dengan manajer yang lebih segar. Tidak hanya penggemar awam, namun beberapa legenda seperti Paul Scholes dan Rio Ferdinand pun menginginkan United segera mengganti Mourinho.

Baca juga: Salahkan Para Pemain, Jangan Salahkan Mourinho

Beberapa nama kemudian muncul ke permukaan. Dari Zinedine Zidane sampai nama Mauricio Pochettino pun digaungkan akan menjadi pelatih keempat United dalam kurun lima tahun terakhir. Akan tetapi, deretan nama tersebut masih sebatas gosip karena kenyataannya Mourinho masih didukung oleh keluarga Glazer selaku pemilik United.

Selain keluarga Glazer, Ryan Giggs juga mengungkapkan kalau United tidak perlu memecat Mourinho. Legenda Setan Merah yang sedang menangani tim nasional Wales ini merasa kalau United hanya sedang memasuki masa sulit setelah ditinggal oleh Sir Alex Ferguson 2013 lalu. Giggs percaya, dengan keberadaan Mourinho maka United bisa melewati masa-masa sulit ini kedepannya.

Baca juga: Zinedine Zidane Tak Akan Tangani Manchester United?

“Tidak. Tidak perlu sampai memecatnya. Mereka hanya sedang memasuki masa sulit saat ini. Terakhir kali saya mengatakan, mau ke mana arah mereka (United)? Mengubah pelatih sekarang mungkin hanya membuat Anda berada dalam posisi yang sama hanya dalam satu atau dua tahun,” tuturnya jelang mengumunkan skuad Wales untuk menghadapi laga internasional. “Saya percaya dia harus mempertahankan pekerjaannya di United. Mereka pasti bisa melewati masa-masa sulit ini.”

Bukan kali ini saja pemilik rekor penampilan United mengutarakan dukungannya kepada Mourinho. Beberapa saat setelah United dikalahkan oleh Tottenham Hotspur pada pekan ketiga liga akhir Agustus lalu, Giggs juga meminta para pendukung United untuk tetap berada di belakang Mourinho. Ia bahkan mengatakan kalau masa-masa sulit ini akan segera berlalu apabila para penggemar juga menerima situasi ini.

Baca juga: Ryan Giggs Ingin United Tampil Lebih Semangat Musim Depan

“United sebenarnya sudah mendapatkan manajer yang fantastis. Klub akan melewati masa-masa sulit tetapi Anda (para penggemar) juga harus menghadapi masa-masa sulit itu. Saya tidak melihat kemana klub ini apabila tidak ditangani Jose Mourinho. Saya pikir United sekarang sudah memiliki orang yang tepat dan mereka harus tetap mendukungnya. Klub, para pemain, dan penggemar harus tetap bersama mendukungnya.”

Nama Giggs sendiri sebenarnya ikut masuk dalam daftar calon pengganti Mourinho. Pengalamannya bersama United serta sudah merasakan peran sebagai asisten manajer Louis van Gaal menjadi bekal yang dirasa cukup untuk membuat The Welsh Wizard layak menangani Setan Merah.

Akan tetapi, Giggs masih terikat kontrak bersama tim nasional Wales hingga empat tahun mendatang. Ia masih memiliki tanggung jawab untuk membawa Wales berprestasi di Euro 2020 dan UEFA Nations League 2018. Hal ini yang mungkin membuat peluang Giggs begitu kecil untuk menjadi manajer United. Atau jangan-jangan, dukungan Giggs kepada Mourinho hanya sebatas pancingan kepada pihak United kalau dia menunggu tawaran serius dari klub yang membesarkan namanya tersebut.

Sumber: ESPN, Manchester Evening News, BBC

Comments