OUR NETWORK

Rumor United Meminjamkan Daniel James

Demi memuluskan langkah untuk mendatangkan salah satu antara Jadon Sancho atau Jack Grealish, Manchester United siap melakukan beberapa perubahan. Salah satunya adalah meminjamkan Daniel James ke klub lain.

Eits….tenang dulu! Kabar ini baru sebatas rumor yang dihembuskan oleh salah satu media terkenal Inggris, The Sun. Mereka menyebut kalau penggawa asal Wales ini sebenarnya akan mendapat perpanjangan kontrak. Akan tetapi, pihak United dikabarkan akan mengirim James ke tempat lain untuk mengasah kemampuan bermainnya. Namun, itu semua baru akan terjadi jika Sancho atau Grealish bisa direkrut oleh United dengan nama pertama sebagai prioritas.

Melihat permainan James musim ini, sebenarnya United tidak perlu meminjamkannya ke tempat lain. Sebelum kompetisi berhenti karena pandemi, James telah memberi kontribusi dalam 11 gol United melalui catatan empat gol dan tujuh asis. Sebuah torehan yang cukup baik mengingat James belum satu musim bermain untuk Setan Merah.

Namun, rumor melepas James sebagai pemain pinjaman ini bisa saja terealisasi. Meski peluangnya terbilang cukup kecil, namun hal ini bisa saja terjadi apabila si pemain tidak menunjukkan permainan yang konsisten di sisi kanan penyerangan United.

Bukan tanpa alasan United ngebet sekali untuk mendatangkan Sancho. Tim mana yang tidak tergiur dengan kemampuannya yang bisa bermain sama baiknya di kedua sisi sayap. Selain itu, Ole Gunnar Solskjaer juga pernah berkata kalau dia masih butuh pemain yang bisa membuat United menjadi semakin kuat. Jawaban itu mungkin bisa ia dapatkan dengan merekrut Sancho.

“Kami benar-benar membutuhkan pemain dengan kemampuan box-opener seperti Bruno Fernandes. Setelah dia, sekarang kami memerlukan beberapa pemain lain untuk bisa membuat tim kami menjadi tim yang semakin kuat,” ujar Ole Gunnar Solskjaer jelang timnya menghadapi Everton beberapa bulan yang lalu.

Ole masih butuh beberapa pemain kreatif lagi terutama di lini depan. Setelah mendapatkan Bruno yang menjadi andalan United dari posisi gelandang serang, kini giliran sektor sayap kanan yang ingin dibenahi oleh pria asal Norwegia tersebut. Sektor ini masih dianggap belum cukup baik meski mereka sudah memiliki Daniel James.

Pemain yang gagal memperkuat Leeds United ini bukanlah pemain yang buruk. Kecepatannya bisa diandalkan terutama ketika melawan tim yang berani meladeni United dengan bermain terbuka. Ruang kosong yang ditinggalkan fullback bisa dimanfaatkan dengan baik oleh James melalui kecepatannya dalam berlari. Selain itu, ia juga punya kelebihan lain dalam hal melepaskan umpan silang.

Akan tetapi, tidak semua lawan yang dihadapi oleh James bermain terbuka. Ada beberapa kesebelasan yang meladeni United dengan bermain menggunakan garis pertahanan rendah. Ketika menghadapi lawan-lawan yang bermain dengan cara mempersempit ruang geraknya, maka James bisa tidak memberikan kontribusi sama sekali.

Mengutip dari Whoscored, James hanya memiliki rataan key pass sebesar 0,9 saja per laga. Tidak sampai satu key pass per laga. Jauh dibandingkan dengan Bruno (2,2 key pass), Marcus Rashford (1,1), Paul Pogba (2,3), dan Sancho (2,3). Sebuah catatan yang cukup sedikit meski dia menjadi pemain United dengan asis terbanyak di Premier League musim ini.

Hal ini menandakan betapa masih kurangnya James dalam proses build-up serangan. Faktor inilah yang membuat Ole masih ingin merekrut satu pemain lagi untuk memperkuat sisi kanan mereka. Dia butuh pemain sayap yang bisa konsisten bermain sama baiknya dan tidak hanya jago ketika proses serangan balik saja.

Selain itu, Ia juga tidak mau timnya hanya mengandalkan Rashford di sisi sebelah kiri atau Bruno di lini tengah. Sisi kanan juga harus dia perhatikan agar outlet serangan United menjadi lebih banyak dan tidak hanya mengandalkan dua sektor tersebut.

Pada sepakbola modern sekarang ini, tugas pemain sayap memang tidak sesederhana dulu. Mereka tidak hanya mengandalkan kecepatan untuk lari memanfaatkan ruang kosong di sisi lapangan atau memainkan peran sekadar penyuplai bola. Winger modern sekarang sudah dituntut untuk bisa melakukan berbagai macam permainan lainnya seperti cut inside dan melakukan penetrasi untuk menciptakan ruang yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh fullback untuk melakukan overlap atau membuat peluang dari sisi tepi kotak penalti.

Selain itu, winger era modern sekarang diharapkan memiliki kemampuan mencetak gol seperti yang dilakukan oleh penyerang tengah. Inilah yang kerap dilakukan oleh Rashford atau bahkan Sancho di Borussia Dortmund. Hal ini berguna untuk membantu kinerja lini depan sebuah kesebelasan yang hanya mengandalkan satu penyerang di kotak penalti lawan. Inilah alasan mengapa Ole kerap memainkan Juan Mata atau Mason Greenwood di sisi kanan dalam beberapa pertandingan. Mata memiliki kreativitas, sementara Greenwood bisa menjadi senjata untuk mencetak gol. Masalah ini coba diatasi dengan membeli Sancho yang sudah mengumpulkan 20 gol dan 20 asis sepanjang musim ini.

Jika melihat statistik dan permainan Sancho bersama Dortmund, maka kehadirannya di United bisa memperkuat sisi sayap mereka di sebelah kanan. Akan tetapi, kehadirannya mungkin tidak sampai membuat Daniel James harus dipinjamkan ke klub lain.

Melihat atribut bermainnya yang berguna ketika United menghadapi lawan yang bermain terbuka serta kepribadiannya yang disukai oleh penggemar Setan Merah, maka James mungkin hanya akan kehilangan kesempatan bermain sebagai starter apabila Sancho benar-benar datang ke Old Trafford pada musim panas nanti.

Comments

Loading...