OUR NETWORK

Resmi, Richard Arnold Gantikan Posisi Ed Woodward

Mulai 1 Februari nanti, Ed Woodward akan meninggalkan perannya sebagai wakil ketua eksekutif Manchester United. Dan sekarang, resmilah nama Richard Arnold untuk menggantikan posisi orang kontroversial tersebut di kursi tertinggi klub Setan Merah.

Woodward sendiri mengajukan pengunduran dirinya pada bulan April tahun lalu menyusul dukungannya kepada ESL yang ternyata bernasib buruk. Posisi ini memberi harapan pada Arnold. Ia lalu ditunjuk oleh dewan petinggi United lainnya. Dan uniknya, ia tidak hanya akan jadi wakil ketua. Tapi lebih tinggi lagi sedikit, yakni sebagai kepala eksekutif.

Dengan resminya penunjukkan ini, Richard Arnold sedikit memberikan pernyataan. Ia mengaku merasa terhormat menggantikan Ed Woodward, dan bertekad ingin mengembalikan Manchester United ke tempat asalnya. Mungkin pernyataan ini bisa jadi patokan bagaimana cara Arnold dalam menangani klub ke depan.

“Saya merasa terhormat memiliki kesempatan untuk melayani klub hebat ini, dan saya senang bisa berhubungan dengan para suporter ke depannya. Saya bertekad untuk mengembalikan kehormatan klub ke tempat asalnya dengan cara apa pun yang saya bisa,” ungkap Richard Arnold dilansir dari MEN Sports.

Co-chairman Manchester United, Joel Glazer, menyambut baik pengangkatan Richard Arnold dan memberikan ucapan terima kasihnya kepada Ed Woodward. Ia meyakini pengangkatan Arnold ini merupakan fase baru yang akan membuahkan perubahan baik pada klub.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ed atas pekerjaannya yang tak kenal lelah. Saya, mewakili atas nama Manchester United, sangat berterima kasih atas jasanya. Selama sembilan tahun, dia sudah menjabat sebagai wakil ketua eksekutif, dan dia telah berdikasi selama 16 tahun bersama klub,” tutur Joel Glazer.

“Kami sekarang menantikan Richard dan tim kepemimpinannya. Ini akan membuka fase baru dalam evolusi klub. Dengan rencana ambisius untuk investasi di Old Trafford dan penguatan keterlibatan dewan petinggi klub, itu akan terus mendorong klub menuju perubahan yang baik.”

Ed Woodward dikabarkan tidak akan beralih jabatan di Manchester United. Meskipun beberapa sumber klub mengatakan bahwa ia akan menghadiri pertemuan dewan petinggi klub hingga akhir Juni untuk posisi baru sebagai konsultan. Namun, agaknya Woodward tidak akan mengisi posisi tersebut.

Di sisi lain, Richard Arnold adalah sosok yang selalu hadir di pertandingan United. Ia bahkan bergabung dengan forum suporter secara virtual selama setahun terakhir. Itulah sebabnya ia diangkat sebagai ketua bersama dewan penasihat suporter. Sebuah posisi yang dibentuk sebagai dampak dari ESL. Tujuan dari posisi ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antara klub dan suporter.

Arnold pun akan menjadi orang pertama yang memegang gelar chief executive (ketua eksekutif) di Manchester United sejak David Gill yang mengundurkan diri pada 2013. Waktu itu, wakilnya adalah Ed Woodward, dan itulah sebabnya mengapa ia hanya berstatus sebagai wakil ketua eksekutif setelahnya.

Sebuah website khusus hubungan investor Manchester United menyatakan bahwa Richard Arnold sebelumnya adalah wakil direktur pelaksana InterVoice Ltd. Sebuah perusahaan teknologi yang terdaftar di NASDAQ, antara tahun 2002 dan 2007. Co-chairman United, Avram Glazer, pernah didampingi Arnold dalam perjalanan ke Arab Saudi untuk menghadiri Misk Global Forum pada November 2018.

Arnold, sampai akhir Januari 2022 nanti, masih menjabat sebagai direktur pelaksana United. Ia bergabung dengan klub sebagai direktur komersial pada tahun 2007, dan telah vokal dalam setiap panggilan investor. Pria berusia 50 tahun itu telah hadir pada pembukaan sponsorship sejak Aon menjadi sponsor jersey United pada 2010. Ia juga adalah orang yang menginisiasi perjalanan tur pra-musim Australia dan Asia pada 2013.

Comments

Loading...