OUR NETWORK

Rencana Kedatangan Legenda dan Tim Setan Merah ke Indonesia

Manchester United dikenal sebagai salah satu klub terbesar di jagat sepakbola dunia. Tidak heran jika jumlah fans klub Premier League Inggris juga sangat banyak. Pada tahun 2013 silam, perusahaan riset pasar, Kantar, yang ditunjuk manajemen United untuk melakukan sebuah survei, menghasilkan fakta bahwa ada 659 juta orang di seluruh dunia yang menjadi penggemar The Red Devils, seperti dikutip dari Goal. Jumlah tersebut saat itu mencapai 10 persen dari total penduduk bumi. Tak hanya itu, United juga mengklaim bahwa satu dari 10 orang di muka bumi selalu menonton laga mereka.

Jumlah fans United di Indonesia juga terhitung cukup banyak. Baru-baru ini, Managing Director Manchester United Group, Richard Arnold, menyebut bahwa ada lebih dari 50 juta penggemar tim Setan Merah di Tanah Air. “Kami memiliki lebih dari 54,5 juta pengikut di sini dan klub penggemar resmi United Indonesia meraih jumlah follower Twitter terbanyak dibandingkan dengan seluruh klub resmi yang ada di dunia,” ungkapnya dalam siaran pers seperti dilansir Goal Indonesia. Para fans itu tergabung dalam beberapa fans club, seperti Indo Man United, United Indonesia, dan United Army.

Nah, untuk lebih dekat dengan para penggemarnya di Indonesia, dalam waktu dekat United akan berkunjung ke negeri ini. Namun, bukan anak-anak asuh pelatih Jose Mourinho yang akan datang, melainkan dua pemain legenda The Red Devilsi, yakni duo bek Denis Irwin dan David May. Dalam kegiatan bertajuk #ILOVEUNITED pada Minggu, 19 Maret 2017 itu, mereka akan menyambangi para penggemar United di Indonesia, tepatnya di Senayan Driving Range, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jalan Pintu Lima, Gelora, Jakarta. Akan ada banyak acara dalam kegiatan jumpa fans tersebut.

Acara akan dimulai sejak sore hari dengan sesi tanya jawab bersama duo legenda yang membawa United meraih treble winners pada musim 1998/1999 itu. Irwin dan May akan bercerita pengalaman mereka selama di klub. Tidak hanya itu, keduanya juga akan menganalisis laga tandang United di Premier League kontra Middlesbrough FC pada malam harinya, baik sebelum maupun setelah laga. Pertandingan ini bisa disaksikan dalam nonton bareng pada pukul 19.00 WIB. Menariknya, para fans Setan Merah juga dapat menikmati hiburan dan kompetisi dengan berbagai hadiah dalam acara ini.

Salah satunya adalah kompetisi Bubble Football dengan hadiah perjalanan gratis ke Old Trafford untuk melihat pertandingan kandang Wayne Rooney dkk. “Acara penggemar sebelumnya yang diadakan United di Jakarta berhasil menarik lebih dari 10 juta penggemar dan kami selalu bersyukur atas dukungan yang fenomenal dari pendukung Indonesia,” kata Arnold lagi dalam siaran persnya. “Kami sangat senang dapat datang kembali ke Jakarta untuk mempererat hubungan dengan fans setia kami,” tambahnya. Seperti diketahui, Irwin dan May juga sudah beberapa kali ke Indonesia.

Sebenarnya, skuat United juga pernah berkunjung ke negeri ini pada tahun 1975 silam. Ketika itu, The Red Devils menjalani turnamen segitiga bersama Ajax Amsterdam dan Indonesia Tamtama (tim All Star dari Liga Galatama Indonesia) di Jakarta. Hasilnya, United ditahan imbang tanpa gol oleh tim Indonesia pada 1 Juni 1975, dan kemudian takluk 2-3 di tangan klub Belanda pada 3 Juni 1975. Pada tahun 2009, tim Setan Merah sudah bersiap kembali datang ke Indonesia. Namun sayang, mereka batal mendarat di Jakarta, karena serangan terorisme di hotel yang akan jadi tempat menginap tim.

United era Sir Alex Ferguson saat itu memang sempat trauma untuk menjadwalkan kembali datang ke Indonesia, gara-gara peristiwa terorisme tersebut. Namun, pada 2015 silam, Commercial Director United Jamie Reigle dalam sebuah acara di Indonesia pernah memastikan tim mereka akan kembali ke Indonesia suatu saat nanti. “Tak diragukan lagi, Indonesia ada di jajaran teratas yang ingin kami datangi, dari sudut pandang komersial dan tentu saja juga buat para penggemar,” ungkapnya saat itu, seperti dikutip dari Detik.com. Kabar baiknya, sepertinya hal tersebut akan segera terwujud.

Pasalnya, baru-baru ini terungkap kabar bahwa Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, berniat untuk mendatangkan United ke Tanah Air. Dia mengutarakan keinginannya untuk mengundang tim asuhan Mourinho meramaikan peresmian Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Agustus 2017 nanti.

“Kalau saya keinginannya begitu. Kebetulan saya juga penggemar United. Memang tidak gampang untuk mengundang mereka. Tapi akan kita usahakan,” ujarnya dilansir Goal Indonesia. Semoga saja kali ini United benar-benar jadi datang lagi ke Indonesia untuk menemui para fans-nya!

Comments

Loading...