OUR NETWORK

Raphael Varane Pertimbangkan Pindah ke United, Bagaimana Peluangnya?

Bek muda klub raksasa Spanyol Real Madrid, Raphael Varane, pernah dikaitkan dengan Manchester United pada musim panas 2016 lalu. Saat itu, Jose Mourinho baru mendarat di Old Trafford sebagai pelatih anyar The Red Devils.

Manajer berkebangsaan Portugal ini diketahui memiliki hubungan yang baik dengan Varane, saat masih menangani jawara La Liga Spanyol dan Liga Champions 2016/2017 itu pada periode 2010-2013 silam. Dia pula yang mendatangkan pemain yang kini berusia 24 tahun itu ke Santiago Bernabeu, markas Madrid dari klub Ligue 1 Prancis, Lens pada musim panas 2011.

Meski masih berusia 18 tahun, Mourinho sudah sangat terpikat dengan bakat besar yang dimiliki pemain kelahiran Lille, Prancis, 25 April 1993 itu. Makanya, tak heran jika Varane langsung mendapat kepercayaan bermain di tim utama pada musim debutnya bersama Madrid, meski belum tampil secara reguler.

Hingga sang manajer hengkang di akhir musim 2012/2013, dia telah mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi hanya dalam dua musim. Untuk pemain yang belum genap 20 tahun di skuat bertabur bintang milik Madrid ketika itu, jumlah penampilannya itu memang cukup banyak.

Kini, jelang dibukanya bursa transfer musim panas 2017, Mourinho dikabarkan kembali mencoba untuk memboyong Varane ke Theatre of Dreams untuk memperkuat lini belakang tim Setan Merah, seperti dilansir Sky Sports.

Bek tim nasional Prancis itu memang disebut sebagai salah satu target dari pelatih berusia 54 tahun itu, selain juga ada nama Virgil van Dijk dari Southampton, Michael Keane dari Burnley, dan Victor Lindelof dari Benfica, Portugal. Namun, jika Varane berpeluang untuk meninggalkan klubnya yang berjuluk Los Merengues itu, tentu saja Mourinho lebih memilih dia.

Banyak alasan Mourinho begitu tertarik pada Varane. Seperti dilansir Daily Star, pemain bertinggi badan 1,91 meter itu punya keunggulan dari bek-bek lain, yakni kecepatan. Kelebihan itu tidak hanya bisa membantunya untuk segera mundur ke belakang dan menghadang serangan lawan, tetapi juga memungkinkan dia untuk membantu membangun serangan balasan. Salah satu contoh terjadi ketika Madrid menghadapi musuh sekotanya, Ateltico di La Liga tahun lalu, di mana Varane bisa menggiring bola dari belakang hingga ke depan dan mengirim umpan silang berbahaya pada Karim Benzema.

Makanya, Mourinho begitu berambisi membawanya ke Old Trafford. Apalagi Madrid juga sedang berusaha keras mengikat kiper United, David De Gea. Mereka dilaporkan telah mengirim proposal transfer senilai 60 juta paun untuk meminang kiper tim nasional Spanyol kelahiran Madrid tersebut.

Bukan tak mungkin manajemen The Red Devils akan memasukkan nama Varane dalam kesepakatan transfer tersebut; selain memang mungkin pula bisa saja nama striker Alvaro Morata yang kabarnya juga sedang diinginkan Mourinho, jika memang De Gea benar-benar akan dilepas musim panas ini.

Namun, United malah menyatakan belum menerima penawaran resmi untuk De Gea dari Madrid. Bahkan, baru-baru ini media Spanyol Don Balon mengklaim bahwa Madrid merasa kecewa karena tim Setan Merah menolak proposal awal yang mereka tawarkan untuk sang kiper.

Akibatnya, United pun tak boleh lagi mendekati Varane, meski dilaporkan sebelumnya sudah terjadi negosiasi alot antara keduanya soal masa depan bek bernomor punggung ‘5’ itu. Kondisi ini tentu menjadi kerugian besar bagi Mourinho yang benar-benar ingin bereuni kembali dengan mantan anak asuhnya itu.

Meski pun begitu, Don Balon  mengklaim pula bahwa Varane sendiri sudah membuka peluang untuk hijrah dari Madrid. Dia disebut-sebut mempertimbangkan pindah ke United. Salah satu alasannya adalah karena munculnya rumopr bahwa klubnya yang dikenal juga dengan julukan El Real itu mungkin saja akan mendatangkan bek kelas dunia seperti Leonardo Bonucci dari Juventus atau Nicolas Otamendi dari Atletico Madrid di musim panas ini. Padahal Varane harus mempertahankan posisinya bermain secara reguler demi ambisi tampil dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

Apapun memang bisa saja terjadi dalam bursa transfer pesepakbola dunia. Begitu pula kemungkinan kepindahan Varane ke United. Apalagi jika memang dia benar-benar ingin meninggalkan Madrid yang belum tentu bisa memberikan kesempatan bermain secara reguler baginya pada musim depan.

Seperti biasa, Mourinho tentu akan melakukan semua cara untuk bisa mendapatkan kemauannya, jika dia memang sangat menginginkan sang bek muda tersebut. Manajer berjuluk The Special One itu pasti sudah punya prioritas, termasuk mungkin saja rencana menduetkan Varane dengan Eric Bailly.

Comments

Loading...